Logo BeritaSatu

Pengamat Transportasi: KNKT Harus Selidiki Penyebab Tabrakan Bus Transjakarta

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:55 WIB
Oleh : Mikael Niman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Analis kebijakan transportasi, Azas Tigor Nainggolan, menyatakan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) harus turun tangan menyelidiki tabrakan bus Transjakarta di halte Cawang Ciliwung, Jakarta Timur pada Senin (25/10/2021). Penyelidikan ini dinilai penting untuk mengungkap penyebab terjadinya tabrakan yang menewaskan dua orang dan melukai 31 orang lainnya tersebut.

Dikatakan Azas Tigor, KNKT yang merupakan lembaga nonstruktural di lingkungan Kementerian Perhubungan dapat melakukan investigasi terkait penyebab kecelakaan, bersamaan dengan institusi Polri maupun PT Transjakarta.

Advertisement

“KNKT harus turun tangan supaya lebih terbuka dan terkuak penyebab pasti kecelakaan, apakah ada persoalan human error dan vehicle error,” kata Azas Tigor Nainggolan, Selasa (26/10/2021).

Dia mengatakan, apabila penyebabnya karena vehicle error muncul pertanyaan mengenai perawatan armada yang dilakukan selama ini.

“Kalau terjadi vehicle error bagaimana dengan perawatan armada? Diabaikan? Ini akan berkembang mengapa hal itu bisa terjadi. Begitu juga persoalan human error, ada SOP yang dilanggar,” imbuhnya.

Azas Tigor mengaku sangat menyayangkan apabila moda transportasi yang memiliki jalur khusus harus mengalami kecelakaan dengan dua orang meninggal dan puluhan penumpang luka-luka. Dikhawatirkan, tabrakan ini akan menimbulkan efek berganda pada kampanye penggunaan transportasi publik.

“Dampaknya, masyarakat bisa takut menaiki bus Transjakarta. Ini diluar dugaan, moda transportasi yang memiliki jalur khusus harus mengalami kecelakaan seperti itu,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hakim Dinilai Layak Kurangi Hukuman Richard Eliezer

Hakim layak memberikan keringanan hukum kepada terdakwa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Sidang Obstruction of Justice Hari Ini, Hendra Kurniawan Cs Hadapi Tuntutan

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan menggelar sidang tuntutan terhadap para terdakwa Obstruction of Justice (ooj).

NEWS | 27 Januari 2023

Jadwal Perempat Final Indonesia Masters Hari Ini, Ada Jojo dan Bagas/Fikri di Awal

Aksi Jonatan Christie alias Jojo dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri bakal mengawali babak perempat final turnamen Indonesia Masters 2023.

NEWS | 27 Januari 2023

Pakar: Richard Eliezer Diperalat Ferdy Sambo

Richard Eliezer atau Bharada E, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, menyatakan dirinya diperalat mantan atasannya Ferdy Sambo.

NEWS | 27 Januari 2023

Kecelakaan Beruntun di Lintas Padang Panjang-Bukittinggi, 3 Tewas

Tiga orang tewas dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan sembilan kendaraan di Jalan Lintas Padang Panjang-Bukittinggi.

NEWS | 27 Januari 2023

PBB Ungkap Budidaya Opium di Myanmar Meningkat sejak Junta Berkuasa

PBB mengungkap adanya peningkatan signifikan dalam budidaya opium di Myanmar, setelah junta militer mengambil alih kekuasaan.

NEWS | 27 Januari 2023

LPSK: Ada Potensi Ancaman Tinggi ke Bharada E Saat Bongkar Kasus Brigadir J

LPSK menilai ada potensi ancaman tingkat tinggi yang akan dihadapi Bharada E saat hendak membongkar kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Gelar Bazar di Gedung DPR, PPP Akan Terus Perjuangkan UMKM

PPP menggelar bazar untuk ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. PPP akan memperjuangkan UMKM.

NEWS | 27 Januari 2023

9 Jenazah Korban Pembunuhan Berantai Wowon Cs Selesai Diautopsi

Sembilan jenazah korban pembunuhan berantai Wowon cs selesai diautopsi di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 Januari 2023

PUPR Sebut 22 Menara Hunian Pekerja di IKN Sudah Terbangun

Secara umum, sebanyak 22 tower atau menara Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah selesai terbangun.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Minyak Mentah Menguat 1% Ditopang Sentimen PDB AS

Harga Minyak Mentah Menguat 1% Ditopang Sentimen PDB AS

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE