Logo BeritaSatu

Mensesneg Mengharapkan PPI Dunia Berkontribusi bagi Bangsa dan Negara

Jumat, 29 Oktober 2021 | 20:12 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Praktino mengatakan dengan keragaman yang dimiliki, pelajar Indonesia di luar negeri diharapkan memiliki peran dan kontribusi untuk Indonesia.

Pratikno yang juga alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia menyebut, modal utama PPI Dunia adalah keragaman pengetahuan.

“Para mahasiswa belajar di negara dan universitas berbeda-beda, apabila disatukan dapat saling melengkapi dan menghasilkan sebuah kekuatan dalam memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia. Tinggal bagaimana hal ini bisa dibagikan kepada saudara kita yang ada di Indonesia,” ujar Pratikno dalam sambutan pelantikan Pengurus PPI Dunia periode 2021-2022, Kamis (28/10/2021).

Pelantikan PPI Dunia yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda itu merupakan kegiatan rutin untuk meresmikan dan memperkenalkan anggota pengurus PPI Dunia, yang dilakukan melalui zoom cloud meeting dan live Youtube di kanal resmi PPI Dunia.

Pratikno mengharapkan PPI Dunia di era digital ini dapat menawarkan beberapa gebrakan, baik mata kuliah, skill, dan ide baru kepada mahasiswa di Indonesia. Sehingga keberuntungan pelajar di luar negeri dapat dinikmati oleh mereka yang tidak mendapat kesempatan belajar di luar negeri.

Lebih lagi, ia ingin pelajar Indonesia tertuntut untuk mengenalkan sebuah inovasi yang dapat dikembangkan dan digunakan di masa yang akan datang. Harapannya, agar negara dapat lebih siap ketika menghadapi segala ketidakpastian yang datang, seperti pandemi Covid-19.

Menko Polhukam Mahfud MD sebagai keynote speech menekankan para pelajar di luar negeri untuk memiliki cita-cita pulang ke Indonesia dan mengabdi di Tanah Air demi perubahan negara ke arah yang lebih baik.

Selain itu, ia pun menyoroti banyaknya angka pelajar Indonesia di luar negeri. Besar harapan, para pelajar dengan jumlah demikian dapat menjadi duta bangsa yang baik di mata negara tempat mereka belajar.

“Sebagai duta bangsa, orang lain akan melihat keseharian kita secara langsung. Pelajar Indonesia ini adalah representasi nyata untuk menujukkan kebaikan bangsa kita. Saya ingin kesan yang tergambar adalah pelajar Indonesia itu cerdas, rajin, kerja keras, patuh hukum, menghormati adat istiadat, dan bisa diandalkan ” imbuh Mahfud .

Duta Besar Indonesia di Australia Kristiarto S Legowo mengingatkan, pelajar Indonesia di luar negeri adalah agen perubahan dan tidak boleh lupa dengan identitas ke-Indonesiaan.

“Hal pertama yang harus dilakukan adalah perkuat identitas sebagai bangsa Indonesia. Berbicara tentang Indonesia, maka kita berbicara tentang NKRI, yang berideologi Pancasila, memiliki dasar konstitusi UUD 1945, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Setelah identitas kita kuat, berusahalah menjadi yang terbaik di lingkungan masing-masing. Dengan demikian, bendera Indonesia akan semakin berkibar dan simpati masyarakat dunia kepada Indonesia semakin kuat,” pesan Kristiarto.

Sebelumnya Koordinator PPI Dunia 2021-2022 yang juga kandidat doktor dari Universitas of South Australia Faruq Ibnu Haqi dalam sambutannya mengatakan, PPI Dunia berkomitmen membersamai bonus demografi Indonesia menuju cita-cita Indonesia Emas 2045. PPI Dunia siap mencetak SDM yang unggul dan berkarakter mulia untuk Indonesia maju melalui aksi bersama.

Faruq kembali mengingatkan dengan sejarah Perhimpunan Indonesia. Saat itu, Bung Hatta menegaskan tujuan Perhimpunan Indonesia adalah merdeka yang akan diraih melalui aksi bersama. Hal inilah yang menginspirasi Faruq dalam memipin PPI Dunia, yaitu bergotong royong bersama 60 PPI Negara untuk aktif berjuang mengisi kemerdekaan Indonesia dengan turut serta dalam pembangunan Indonesia seutuhnya.

Faruq menerangkan komitmen PPI Dunia melakukan pendekatan pentahelix dengan bersinergi bersama 5 elemen penting, yakni pemerintah, universitas, industri, masyarakat, dan media.

“Sebuah keniscayaan untuk PPI Dunia bersinergi dengan kelima elemen pentahelix tersebut untuk menciptakan output dan target yang bermanfaat, baik bagi anggota PPI Dunia maupun bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut merupakan upaya mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Selain pengurus PPI Dunia periode 2021-2022, kegiatan ini pun turut dihadiri oleh tamu undangan perwakilan dari setiap PPI Negara dan tamu undangan perwakilan dari setiap PPI Dunia Kawasan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022

Hingga 4 Desember, Cianjur Diguncang 384 Kali Gempa Susulan

BMKG mencatat total gempa susulan di Cianjur hingga 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB mencapai 384 kali.

NEWS | 4 Desember 2022

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Kabur, Satu Tahanan Lapas Pangkalan Bun Bawa Senjata Petugas

Seorang tahanan kabur dan diduga mencuri senjata petugas yang berisi enam butir peluru dari Lapas Pangkalan Bun, Kalteng, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Delapan Korban Hilang Gempa Cianjur Belum Ditemukan

Hari ini upaya pencarian 8 korban gempa Cianjur belum membuahkan hasil, sehingga total jumlah korban yang meninggal dunia masih 334 jiwa.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Keluarga Tewas di Kalideres Rampung Sebelum HUT Polda Metro

Kasus keluarga tewas di Kalideres rampung sebelum hari ulang tahun (HUT) Polda Metro Jaya, 6 Desember 2022.

NEWS | 4 Desember 2022

Penerbangan di Bandara Juanda Tak Terganggu Erupsi Semeru

Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, tidak terganggu adanya erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga 1: Seto Minta Pemain PSS Tidak Gugup Hadapi Bhayangkara FC

Liga 1: Seto Minta Pemain PSS Tidak Gugup Hadapi Bhayangkara FC

BOLA | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE