Logo BeritaSatu

Ini Sosok Ketua RW yang Rumahnya Dipenuhi Karangan Bunga dari Menteri hingga Anggota DPR

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 22:22 WIB
Oleh : Mikael Niman / FFS

Bekasi, Beritasatu.com – Hari-hari ini terbilang sulit menemukan pengurus rukun tetangga (RT) atau rukun warga (RW) yang benar-benar ingin mengabdi kepada warganya. Terlebih lagi, jika pengurus RT atau RW itu memiliki pekerjaan utama yang sudah sibuk. Praktis kondisi itu membuat pengurus RT atau RW hanya memiliki sedikit waktu luang membantu warga di lingkungan rumahnya, seperti membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) atau administrasi kependudukan lainnya. Kalaupun ada waktu libur, akan digunakan untuk kebersamaan dengan keluarganya.

Namun, tidak demikian dengan Ariawan (32 tahun). Ketua RW 13 di Perumahan Villa Mahkota Indah, Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi ini justru tertantang untuk memberikan sesuatu yang lebih baik kepada warga di lingkungan rumahnya, meskipun di tengah-tengah kesibukan pekerjaan utamanya.

“Awalnya, warga meminta saya maju, ikut pemilihan RW. Padahal, saat itu sudah ada enam calon ketua RW yang mau ikut pemilihan,” ungkap Ariawan, Sabtu (30/10/2021).

Dengan masuknya Ariawan ke bursa pemilihan ketua RW, kandidat menjadi tujuh orang. Dorongan warga perumahan terhadap Ariawan untuk maju akhirnya meluluhkan hatinya untuk ikut maju pemilihan ketua RW.

“Warga berharap, dengan masuknya saya sebagai kandidat, dapat merangkul semua pihak karena saya dianggap yang paling netral,” bebernya.

Seiring berjalannya waktu, semakin mendekati hari pemilihan ketua RW, Ariawan mulai mendekati para kandidat ketua RW lainnya. Tujuannya, Ariawan tidak menganggap para calon tersebut sebagai lawan atau saingan saat pemilihan nanti, tetapi merupakan rekan kerja yang harus dirangkul untuk memikirkan program-program kerja di lingkungan tempat tinggalnya. Satu per satu kandidat didatangi sambil berdiskusi terkait program kerja ke depan.

Saat hari H pemilihan ketua RW, rupanya enam kandidat tersebut malah mendukung Ariawan sebagai ketua RW dan mereka mundur dari pencalonan pemilihan.

“Dari tujuh calon, enam orang lainnya mendukung saya sebagai ketua RW dan mereka mundur dari pencalonan,” imbuhnya.

Lalu, keenam calon yang mundur tersebut diajak Ariawan menempati posisi sebagai pengurus RW 13 yang terdiri dari tiga RT di perumahan tersebut.

Ariawan sah mendapat mandat warga menjadi ketua RW 13 periode 2021-2024.

Meski terbilang muda di antara kandidat lain, pengalaman dan kedekatan dengan warga sudah terjalin sejak lama. Ariawan sebelumnya sempat menjabat sebagai pengurus RT, yakni sekretaris RT 01/RW 13.

Di lingkungan Perumahan Villa Mahkota Indah, Ariawan kerap terjun ke tengah masyarakat, sebelum diangkat menjadi ketua RW. Mulai dari kegiatan sosial, pendidikan hingga memberikan motivasi kepada anak sekolah dan mahasiswa.

Terlebih lagi, selama masa pandemi Covid-19, kegiatan warga lebih banyak dilakukan dari rumah sehingga diisi dengan kegiatan positif yang diinisiasi Ariawan.

Nama Ariawan belakangan viral. Hal ini lantaran banyaknya karangan bunga yang membanjiri rumahnya memberikan selamat karena terpilih sebagai ketua RW. Karangan bunga dari pejabat publik itu terlihat berjajar di depan halaman rumahnya. Beberapa pejabat publik yang mengirimkan karangan bunga, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, dan Anggota DPR Intan Fauzi.

Menanggapi banyaknya karangan bunga ucapan selamat dari menteri hingga anggota DPR atas terpilihnya sebagai ketua RW, Ariawan mengatakan hal itu tidak terlepas dari hubungan dekat dengan para pejabat publik. Kedekatannya dengan mereka telah dipupuk sejak lama. Rupanya, Ariawan merupakan seorang jurnalis andal yang selalu menjaga hubungan dekat dengan narasumbernya.

“Kedekatan saya dengan banyak narasumber, membuat mereka mengirim karangan bunga memberikan ucapan,” tuturnya.

Lantas, ke depan bagaimana cara mengatur waktu antara pekerjaan sebagai wartawan dan ketua RW? Hal ini sudah dipikirkan matang. Ariawan akan menyediakan waktu pada malam hari, hari libur serta Sabtu dan Minggu. Kalau pun ada keperluan warga yang sangat mendesak, ia akan mengutamakan kebutuhan warganya.

“Intinya, saya ingin berbuat lebih kepada warga perumahan, mengutamakan keperluan warga saya,” pungkasnya.

Puluhan karangan bunga yang dikirim dari pejabat publik akan menjadi penyemangat Ariawan untuk mengabdi kepada warga sebagai ketua RW 13.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022

Cianjur Bangkit, Warga Sarampad Wetan Bangun Kembali Masjid

Sepekan lebih bencana gempa Cianjur, Jawa Barat, warga mulai semangat untuk kembali bangkit dari bencana.

NEWS | 30 November 2022

Kamis, Bareskrim Polri Akan Periksa Keluarga Ismail Bolong

Bareskrim Polri akan memeriksa keluarga Ismail Bolong pada Kamis (1/11/2022) terkait kepemilikan saham perusahaan dalam kasus tambang ilegal.

NEWS | 30 November 2022

Sidang Kasus Brigadir J Hari Ini, 3 Terdakwa Saling Bersaksi

Sidang perkara dugaan pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel hari ini akan menghadirkan Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR yang saling bersaksi. 

NEWS | 30 November 2022

Polri Kerahkan 261 Personel Layani Kesehatan Korban Gempa Cianjur

Polri mengerahkan 21 dokter spesialis untuk melayani korban gempa Cianjur. Total ada 261 personel dari jajaran medis yang tangani korban gempa Cianjur.

NEWS | 30 November 2022

Korban Gempa Cianjur, Paboi: Layanan Ortopedi Butuh 4 Bulan

Paboi menyatakan tindakan medis bedah untuk korban gempa Cianjur membutuhkan waktu hingga 4 bulan.

NEWS | 30 November 2022

KPU Sebut Pelamar Calon PPK Sebanyak 304.602 Orang

KPU menyebut pelamar calon panitia pemilihan kecamatan atau PPK untuk Pemilihan Umum Serentak 2024 berjumlah 304.602 orang.

NEWS | 30 November 2022

Tiga Jenazah Awak Helikopter Polri NBO-105 P-1103 Ditemukan

Jenazah ketiga dari awak helikopter Polri NBO-105 P-1103 yang mengalami kecelakaan di perairan Belitung Timur berhasil ditemukan, Rabu (30/11/2022) dini hari.

NEWS | 30 November 2022

KPK Sebut Banyak Sekolah Rusak Akibat Tindak Pidana Korupsi

KPK menyatakan bahwa salah satu masalah yang timbul karena tindak pidana korupsi yakni banyaknya fasilitas sekolah yang rusak.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE