Logo BeritaSatu

Anies Baswedan: Pandemi Covid-19 Ujian bagi Angkatan Kita

Minggu, 31 Oktober 2021 | 22:37 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan pandemi Covid-19 merupakan ujian bagi umat manusia zaman ini. Menurut Anies, Allah mempercayakan umat manusia zaman sekarang untuk menghadapi dan mengatasi pandemi Covid-19.

"Pandemi ini adalah semacam ujian yang diberikan kepada angkatan kita. Kita ini seakan dipercaya oleh Yang Maha Kuasa untuk menghadapi pandemi," ujar Anies Saat memberikan sambutan di acara Puncak HUT ke-57 Partai Golkar di kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Jalan Pegangsaan, Menteng, Jakarta, Minggu (31/10/2021).

Menurut Anies, rekaman atas situasi yang terjadi selama pandemi Covid-19 akan dikenang lintas waktu. Bahkan, kata Anies rekaman peristiwa saat ini baik melalui foto, tulisan atau video akan menjadi rujukan di masa mendatang.

"Saya sering sampaikan kepada teman-teman ketika kita menangani pandemi (Covid-19), jangan terlalu khawatir pada apa yang ditulis hari ini, tapi pikirkanlah apa yang akan ditulis oleh para sejarawan di masa depan. Karena mereka akan menengok kepada peristiwa ini dengan data yang lengkap dengan informasi lintas waktu," ungkap Anies.

Untuk itu, Anies sangat mengapresiasi langkah DPD Partai Golkar DKI Jakarta yang menggelar lomba foto dan video dari masyarakat untuk merekam berbagai peristiwa selama masa pandemi Covid-19. Menurut Anies, foto-foto dan video tersebut akan menjadi rujukan obyektif lintas waktu.

"Nah, dalam konteks itu rekaman-rekaman, dokumen-dokumen menjadi berharga dan bernilai dan jadi pesan bagi kita untuk mengambil hikmahnya. Jadi, banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil dari pandemi ini," kata Anies.

Dalam acara yang sama, Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar mengatakan pihaknya sudah menggelar acara lomba foto dan video untuk memperingati HUT Partai Golkar dalam 2 tahun terakhir, yakni tahun 2020 dan tahun 2021. Lomba tersebut, kata Zaki, bukan untuk kalangan profesional, melainkan murni dari masyarakat biasa dari Sabang sampai Merauke.

"Cuplikan-cuplikan foto ini lah nanti yang akan kita saksikan dan ini murni semuanya berasal dari masyarakat, bukan dari fotografer profesional, settingan-settingan yang dilakukan secara profesional, tidak. Ini semuanya murni dari masyarakat yang kita ambil dari foto mobile phone, telepon maupun foto-foto yang tersedia, digital yang tersedia," jelas Zaki.

Awalnya, kata Zaki, lomba foto dan video pendek tersebut untuk membangkitkan kreativitas masyarakat di masa pembatasan kegiatan masyarakat selama pandemi Covid-19. Namun, tuturnya, dalam perjalanan waktu terungkap makna yang lebih penting dari sekadar menggugat kreativitas masyarakat.

"Ternyata ada makna yang lebih penting lagi bahwa foto-foto yang dihasilkan oleh masyarakat ini maupun video pendek ini adalah bagian dari sejarah umat manusia dalam melawan virus pandemi Covid-19 dan mudah-mudahan kita semua melewatinya dengan selamat. Cuplikan-cuplikan foto ini ternyata menjadi cuplikan-cuplikan sejarah kita karena foto ini berasal dari Sabang sampai Merauke," kata Zaki.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sidang Brigadir J hingga Impor Beras Terpopuler di Beritasatu.com

Sidang perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan isu impor beras menjadi berita terpopuler di Beritasatu.com

NEWS | 29 November 2022

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE