Logo BeritaSatu

KPK Ingatkan Komisaris PT Adimulia Agrolestari Franky Widjaja untuk Kooperatif

Senin, 1 November 2021 | 10:09 WIB
Oleh : Fana S Suparman / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan Komisaris PT Adimulia Agrolestari, Franky Widjaja untuk kooperatif. Peringatan itu disampaikan KPK lantaran Franky meminta KPK menunda pemeriksaannya.

Franky dijadwalkan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap pengurusan perpanjangan izin HGU perkebunan sawit PT Adimulia Agrolestari yang menjerat Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) nonaktif Andi Putra.

"KPK mengimbau agar yang bersangkutan komitmen dan kooperatif hadir pada penjadwalan pemanggilan ulang berikutnya," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (1/11/2021).

Ali mengatakan, tim penyidik menjadwalkan pemeriksaan Franky Widjaja selaku Komisaris PT Adimulia Agrolestari untuk melengkapi berkas perkara Andi Putra pada Kamis (28/10/2021) lalu. Namun, Franky meminta penyidik KPK menjadwalkan ulang pemeriksaannya.

"Informasi yang kami terima, yang bersangkutan meminta untuk dilakukan penjadwalan ulang," kata Ali.

Diketahui, KPK menetapkan Andi Putra dan General Manager PT Adimulia Agrolestari, Sudarso sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan perpanjangan izin HGU perkebunan sawit. Penetapan tersangka terhadap Andi Putra dan Sudarso dilakukan KPK melalui gelar perkara setelah memeriksa intensif Andi Putra dan sejumlah pihak lainnya yang ditangkap dalam OTT di Riau.

Dalam kasus ini, PT Adimulia Agrolestari mengajukan perpanjangan HGU yang dimulai pada 2019 dan akan berakhir 2024. Salah satu persyaratan untuk kembali memperpanjang HGU adalah dengan membangun kebun kemitraan minimal 20% dari HGU yang diajukan. Namun, lokasi kebun kemitraan 20% milik PT Adimulia Agrolestari yang dipersyaratkan tersebut, terletak di Kabupaten Kampar, padahal seharusnya berada di Kabupaten Kuantan Singingi.

Agar persyaratan dapat terpenuhi, Sudarso mengajukan surat permohonan ke Andi Putra selaku Bupati Kuantan Singingi. Hal ini dilakukan, supaya kebun kemitraan PT Adimulia Agrolestari di Kampar disetujui menjadi kebun kemitraan.

Dalam sebuah pertemuan, Andi menyampaikan kebiasaan untuk mengurus surat persetujuan dan pernyataan tidak keberatan atas 20% Kredit Koperasi Prima Anggota (KKPA) untuk perpanjangan HGU yang seharusnya dibangun di Kabupaten Kuantan Singingi dibutuhkan minimal uang Rp 2 miliar. Sudarso menyetujui syarat tersebut

Sebagai tanda kesepakatan, sekitar September 2021, diduga telah dilakukan pemberian pertama oleh Sudarso kepada Andi Putra uang sebesar Rp 500 juta. Berikutnya pada 18 Oktober 2021, Sudarso diduga kembali menyerahkan kesanggupannya tersebut kepada Andi Putra dengan menyerahkan uang sekitar Rp 200 juta.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Penghargaan ini diserahkan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi.

NEWS | 2 Desember 2022

Zulhas: PAN Pertimbangkan Aspirasi Dukung Ganjar untuk 2024

Zulhas menampung aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PAN di Pemilu Presiden 2024.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 29.989 Unit

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) mencapai 29.989 unit.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemilu 2024, Yudo Margono Pastikan TNI Bakal Netral

Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa TNI akan tetap netral pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022

Paspampres Perkosa Prajurit Wanita, Ini Kata Yudo Margono

Yudo Margono menegaskan, dirinya akan mengecek terlebih dahulu penanganan kasus pemerkosaan yang dilakukan Paspampres terhadap prajurit Kostrad.

NEWS | 2 Desember 2022

Street Race di Kemayoran Akan Kembali Digelar Awal 2023

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menjelaskan bahwa street race seri kelima tersebut menurut rencana bakal digelar pada awal 2023 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022

Sahabat Mengiakan Ferry Mursyidan Meninggal di Dalam Mobil

Dudut Suhendra membenarkan bahwa almarhum Ferry Mursyidan ditemukan meninggal dunia di mobilnya di basement Hotel Bidakara, Jakarta Selatan

NEWS | 2 Desember 2022

Teriakan Ganjar Presiden, Erick Thohir Wapres Menggema di Acara PAN

DPW PAN Jawa Tengah memang merekomendasikan duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir untuk diusung sebagai calon presiden dan wakil presiden dari PAN.

NEWS | 2 Desember 2022

Polisi: Ferry Mursyidan Baldan Meninggal di Dalam Mobil

Ferry Mursyidan Baldan ditemukan meninggal dunia di dalam mobilnya di tempat parkir Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan.

NEWS | 2 Desember 2022

Update Gempa Cianjur: Korban Meninggal Jadi 331 Jiwa

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan bahwa korban gempa Cianjur, Jawa Barat bertambah menjadi 331 orang, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ujung Ujungnya Dangdut Tampilkan Govinda, Wandra dan Syahiba

Ujung Ujungnya Dangdut Tampilkan Govinda, Wandra dan Syahiba

LIFESTYLE | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE