Logo BeritaSatu

Program BTS di Kota Bogor Jadi Percontohan Transportasi Publik di Bodetabek

Senin, 1 November 2021 | 17:51 WIB
Oleh : Vento Saudale / JEM

Bogor, Beritasatu.com - Badan Pengelola Transportasi Jaboderabek (BPTJ) menyebut program buy the service (BTS) Kota Bogor menjadi percontohan (pilot project) skema transportasi publik terintegrasi di Bodetabek.

Advertisement

Kepala BPTJ Polana B Pramesti menyebutkan bahwa program subsidi untuk pengembangan angkutan umum massal di wilayah Bodetabek telah menjadi perhatian BPTJ sejak lama.

Namun baru pada 2021 program tersebut dapat direalisasikan dengan Kota Bogor sebagai pilot project di Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Bodetabek).

“Subsidi diberikan dalam bentuk skema buy the service (BTS), di mana berbagai tahapan harus dilakukan sebelum skema ini dapat diterapkan,” katanya, Senin (1/11/2021).

Ia menambahkan, Kota Bogor diputuskan sebagai penerima subsidi karena memiliki komitmen untuk pembenahan transportasi perkotaan di wilayahnya, serta mendapat dukungan dari legislatif.

Tahap awal implementasi skema BTS adalah pemilihan operator layanan yang dilakukan melalui proses pelelangan.

Polana menegaskan, operator yang memenangi lelang ini harus mampu menyiapkan dan menyelenggarakan layanan dengan standar pelayanan BRT di mana kemudian biaya operasionalnya dibeli/dibayar sebagai subdisi dari pemerintah pusat.

Terpilih sebagai operator melalui proses tender yakni BUMD asal Kota Bogor, Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT), yang melakukan kerja sama dengan PT Kodjari Tata Angkutan dan Lorena.

Polana menuturkan, standar pelayanan BRT yang harus dipenuhi operator layanan ini meliputi berbagai aspek seperti keselamatan, kenyamanan, dan kemudahan pelayanan.

“Sederhananya, layanan BRT ini seperti halnya layanan Transjakarta yang ada di DKI Jakarta. Hanya bedanya untuk di Kota Bogor belum memungkinkan menggunakan lajur khusus,” ujar Polana.

Sejauh ini, kata dia, di wilayah Jabodetabek baru DKI Jakarta saja yang mampu menyelenggarakan layanan angkutan umum massal dengan konsep BRT yang berkelanjutan.

Sementara untuk wilayah Bodetabek belum mampu menyelenggarakan karena umumnya alasan pembiayaan yang tinggi.

Ia berharap dengan adanya layanan angkutan umum massal dengan konsep BRT ini akan mendorong masyarakat Kota Bogor untuk memilih menggunakan angkutan umum massal.

“Sebab itu selain keharusan pemenuhan standar layanan, kami juga memberikan dukungan aplikasi digital untuk kemudahan pelayanan bagi masyarakat,” jelas Polana.

Lebih lanjut ia menjelaskan, aplikasi digital dengan nama BISKITA tersebut dapat diunggah melalui aplikasi Playstore pada gadget yang berbasis Android.

Melalui aplikasi ini, dapat diakses informasi layanan terutama untuk mengetahui headway atau jarak kedatangan maupun keberangkatan bus.

Selain itu layanan BISKITA juga memiliki akun media sosial tersendiri @biskita.id untuk semakin memudahkan masyarakat pengguna untuk menjangkau informasi terbaru yang dibutuhkan.

Pelibatan teknologi digital juga dilakukan dengan pemasangan berbagai peralatan berbasis internet (Internet of Things) IOT seperti passenger counting, GPS tracking dan kamera surveilans pada setiap unit bus, yang berguna untuk mendukung aspek monitoring, pengawasan, dan keselamatan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023

Polri Kirim 15 Personel Jadi Penyidik di KPK Selama 4 Tahun

Polri mengirimkan 15 personel untuk diperbantukan menjadi penyidik di KPK. Mereka akan bertugas selama empat tahun ke depan.

NEWS | 30 Januari 2023

Habiburokhman: Tak Elok Giring Kaesang ke Gerindra

Habiburokhman mengungkapkan tidak elok rasanya menggiring putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep masuk ke Gerindra.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Reshuffle Kabinet, Waketum PPP Sebut Dengar Kabar

Terkait perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo, PPP menyatakan belum memperoleh informasi.

NEWS | 31 Januari 2023

KUHP Baru Jadi Cermin Indonesia dalam Wajah Hukum Pidana

KUHP baru secara filosofis memiliki perbedaan dengan KUHP lama karena memiliki nilai dan kepribadian Indonesia sebagai bangsa merdeka.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE