Logo BeritaSatu

Cegah Kecelakaan Terulang, Transjakarta Janji Laksanakan Masukan Polda Metro Jaya

Jumat, 5 November 2021 | 13:36 WIB
Oleh : Stefani Wijaya/Edi Hardum / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - PT Transjakarta menerima dengan baik dan sepakat dengan masukan pihak
Ditlantas Polda Metro Jaya terkait kecelakaan dua armada bus milik operator Bianglala Metropolitan (BMP) di kawasan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021).

"Kami sangat menerima dengan baik masukan yang diberikan oleh Polda Metro Jaya dan akan melakukan peningkatan. Transjakarta juga siap menerapkan semua rekomendasi yang diberikan sebaik mungkin," kata Direktur Operasional PT Transjakarta, Prasetia Budi, Kamis (4/11/2021).

Dikatakan Prasetia, pihaknya akan melakukan komunikasi secara intensif kepada semua operator selaku mitra Transjakarta yang akan terus ditingkatkan.

Akan tetapi, sebagai inisiatif awal, Transjakarta akan menyediakan alat tensimeter untuk memastikan para pengemudi dinyatakan siap melaksanakan tugasnya.

"Perlu diingat juga, Dinas Perhubungan sebagai regulator dan Transjakarta sebagai bus management company pada dasarnya bermitra dengan operator dan secara manajemen ini bagian dari kita. Kami akan melakukan komunikasi dengan mitra operator terkait rekomendasi ini agar bisa diterapkan secepatnya," ujar Prasetia.

Prasetia juga memastikan agar pelaksanaan rekomendasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan siap memberikan sanksi kepada mitra operator apabila tidak menjalankan kebijakan yang telah ditentukan.

Transjakarta akan terus melakukan peningkatan sistem keamanan khususnya pengecekan kesehatan pengemudi yang sebelumnya sudah dilakukan secara rutin.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo memberikan empat rekomendasi penting untuk pihak manajemen PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) agar kecelakaan yang terjadi di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur pada Senin (25/10/2021) tidak terulang.

Rekomendasi pertama adalah meminta pihak manajemen memeriksa secara rutin kondisi kesehatan pengemudi Transjakarta sebelum melaksanakan tugas.

Rekomendasi kedua yaitu PT Transjakarta memperketat proses perekrutan terhadap sopir bus. Manajemen harus memeriksa kondisi kesehatan pelamar secara detail.

Ketiga, pemeriksaan kesehatan sopir bus juga harus rutin dilakukan setiap enam bulan sekali.

"Kami harap ada pemeriksaan berkala 6 bulan sekali, karena bisa saja daftar (riwayat) kesehatannya sehat tetapi seiring umur dan waktu bisa saja terjadi gangguan kesehatan," ungkapnya.

Rekomendasi keempat yakni meminta kecepatan bus Transjakarta dapat dibatasi. Dalam hal tersebut, agar setiap bus dipasang alarm jika sopir melebihi batas kecepatan.

"Apakah itu lampu jadi menyala. Seperti kita tidak menggunakan safety belt jadi bunyi gitu. Paling tidak penumpang bisa memperingatkan pengemudi untuk mengurangi kecepatan,"imbuhnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022

Pertukaran Tahanan, Bintang Bola Basket Wanita AS Dibebaskan Rusia

Bintang bola basket wanita AS Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia, dalam sebuah pertukaran tahanan.

NEWS | 8 Desember 2022

Dapat Suntikan Rp 551 M, Jakpro Segera Bangun ITF Sunter

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyuntikkan modal Rp 551 miliar kepada PT Jakpro untuk pembangunan ITF Sunter.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
MU dan Man City Sumbang Pemain Terbanyak di Perempat Final Piala Dunia

MU dan Man City Sumbang Pemain Terbanyak di Perempat Final Piala Dunia

SEMESTA BOLA 2022 | 24 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE