Logo BeritaSatu

Waspada Irama Jantung, Begini Penjelasan Dokter

Jumat, 5 November 2021 | 13:51 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Penyakit jantung merupakan momok yang paling ditakuti di dunia, termasuk dalam olahraga sepakbola. Jenisnya pun beragam mulai dari serangan, gagal, penyempitan, gangguan irama dan lainnya. Banyak pihak yang telah menjadi korban, termasuk beberapa atlet pesepakbola telah mengalaminya langsung di lapangan hijau.

Advertisement

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Siloam Hospital Kebon Jeruk, dr Reynold Agustinus Manullang, SpJP (K) mengakui banyak pihak yang alami penyakit jantung termasuk aktris maupun olahragawan.

Salah satu yang patut yang diwaspadai adalah cardiac arrhythmia atau aritmia jantung. Hal ini biasa diartikan sebagai gangguan yang terjadi pada irama atau detak jantung seseorang. Gangguan irama jantung dialami oleh pesepakbola asal Argentina yang bermain untuk klub Barcelona, Sergio Aguero. Pihak Barcelona sebenarnya sudah mengetahui bahwa penyerang anyarnya itu memiliki masalah pada jantungnya.

"Aritmia jantung adalah sebuah kondisi saat seseorang merasa denyut jantungnya tidak teratur. Itulah yang dialami Sergio Aguero meski tidak disebutkan secara detail oleh pihak Barcelona gangguan irama jantung yang seperti apa pastinya," katanya ketika dihubungi Beritasatu.com, Jumat (5/11/2021).

Untuk itu, dr Reynold mengingatkan seorang atlet atau pesepakbola wajib menerapkan pola hidup yang teratur. Ia pun mencontohkan sebuah motor yang dirawat dengan baik, namun dipakai dengan kecepatan tinggi 150-160 km/jam yang bisa menyebabkan mesinnya lebih cepat jebol.

"Jadi mesin motor itu ibaratnya seperti jantung manusia yang terganggu. Tetapi pastinya monitoringnya tidak terkontrol dengan baik dan terlalu dipaksakan hingga kelelahan yang diabaikan. Kasus ini sebenarnya mirip dengan gelandang Denmark Christian Eriksen yang alami irama jantung yang terganggu," ungkapnya.

Ia pun menjelaskan meskipun seorang atlet, bukan berarti hidupnya selalu sehat dan jauh dari penyakit. Setiap orang wajib menjaga pola hidup sehat dan monitoringnya juga harus sesuai dan benar, bukan asal.

"Namun kita juga tidak bisa memukul rata semua atlet saja saja. Mungkin karena dia adalah publik figur yang banyak disorot. Tentu hal ini berbeda dengan Cristiano Ronaldo yang memang dikenal sangat menjaga benar pola makan dan pola hidupnya yang selalu dikontrol secara teliti oleh para ahlinya," jelasnya.

Sementara beda halnya dengan pesinetron (aktris) Hanna Kirana yang meninggal gagal jantung. Penyakit gagal jantung biasanya ditandai dengan ketidakmampuan jantung untuk memompa suplai darah yang cukup untuk mendukung organ lain dalam tubuh.

"Namun saya tidak mengetahui secara pasti apa yang terjadi pada dia (Hanna Kirana). Sementara untuk kasus SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) yang terkena kanker prostat saya tidak bisa bicara karena bukan wilayah saya. Itu masuk wilayah ahli urologis terkait penyakit saluran kemih dan sistem reproduksi, baik pria dan wanita," pungkas dr Reynold yang merupakan konsultan electrophysiologist (ahli elektrofisiologi).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengtakan, oknum pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) diduga mengoplos beras.

NEWS | 5 Februari 2023

BMKG: Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Sulut hingga Senin 6 Februari

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan di Sulut (Sulawesi Utara) hingga Senin (6/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Tahun Ini Pemprov Bali Tambah 469 Titik Wi-Fi Gratis

Pemprov Bali menambah 469 titik Wi-Fi gratis tahun 2023 untuk mendukung perkembangan teknologi informasi, terutama dalam menghadirkan layanan publik.

NEWS | 5 Februari 2023

KKP Hentikan Dua Proyek Reklamasi di Kepri

KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) menghentikan dua proyek reklamasi di Kepri (Kepulauan Riau) milik PT BSSTEC dan PT MPP, Jumat (3/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Gusti Ngurah Rai menahan seorang pramuantar sebuah maskapai penerbangan karena mencuri uang dalam bagasi penumpang wisatawan.

NEWS | 5 Februari 2023

Perawat Gunting Jari Bayi di RS Palembang, Polisi Lakukan Penyelidikan

Kasus seorang perawat yang diduga menggunting jari kelingking bayi yang sedang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang diselidiki kepolisian.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Minta Kasus Penembakan Balon DPD RI Diungkap Tuntas

Bupati Kaur Lismidianto meminta aparat kepolisian mengungkap tuntas kasus penembakan terhadap adiknya Rahiman Dani.

NEWS | 4 Februari 2023

Jaga Lingkungan, Ganjar Adaptasi Go Green di Perencanaan Pembangunan 2023

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengadaptasi konsep go green dalam perencanaan pembangunan Jateng tahun 2023.

NEWS | 5 Februari 2023

Ganjar Pranowo Akan Kembali Naikkan Nominal Bantuan KJS

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berencana menaikkan nominal bantuan KJS di provinsinya.

NEWS | 4 Februari 2023

Rusia-Ukraina Lakukan Pertukaran Puluhan Prajurit Tahanan

Puluhan tawanan perang Rusia dan Ukraina telah kembali ke Tanah Air mereka setelah pertukaran tahanan, kata pejabat di kedua belah pihak, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

NEWS | 20 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE