Logo BeritaSatu

Nadiem: Transformasi Digital Bentuk Generasi Cerdas

Jumat, 5 November 2021 | 22:20 WIB
Oleh : WM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, transformasi digital dapat membentuk generasi cerdas yang kelak akan membawa Indonesia menjadi negara maju dan unggul.

"Transformasi digital diharapkan dapat membangun masa depan yang lebih baik sehingga dapat melahirkan generasi yang cerdas dan bijak dalam memanfaatkan teknologi," ungkap Menteri Nadiem dalam siaran pers Information Communication Technology (ICT) Competition 2021, Jumat (5/11/2021).

Nadiem berharap, acara ICT Competition 2021 yang digelar penyedia telekomunikasi swasta itu dapat menggali potensi sumber daya manusia (SDM) digital Indonesia yang berdaya saing global. Ia menilai, keikutsertaan mahasiswa membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang siap berkontribusi untuk masa depan yang berkelanjutan.

“Teruslah belajar dan berkarya, jadilah generasi yang membawa Indonesia menjadi pemenang di masa depan dan mari kita terus bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar,” tutur dia.

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam​​​​​​ menjelaskan, ICT Competition 2021 merupakan bagian dari Program Pengembangan 100.000 Talenta Digital yang digelar dalam waktu lima tahun ke depan.

“Kompetisi ini penting untuk mengakselerasi tumbuhnya ekosistem industri TIK yang berisi talenta-talenta digital dan teknologi terkini,” ungkap Nizam.

"Tentu saya berharap peserta kompetisi ini akan semakin banyak dan semakin terbuka untuk seluruh mahasiswa di Indonesia karena tentu kita memiliki lebih dari delapan juta mahasiswa dan hanya 1.000 mahasiswa tentunya terlalu kecil, karena talenta digital di Indonesia patut untuk kita akselerasi karena kebutuhan akan teknologi informasi saat ini akan sangat besar,” tambah Nizam.

Nizam juga mengakui, akselerasi pertumbuhan dan penyiapan talenta digital melalui program-program microcredential akan terus dilakukan lewat Kampus Merdeka. Menurut dia, program itu terbukti berhasil menghasilkan puluhan ribu mahasiswa yang tersertifikasi mulai dari bidang keamanan server, jaringan, kecerdasan buatan, dan sebagainya.

Nizam berharap tim dari Indonesia semakin banyak yang akan mengikuti perlombaan serta memenangkan pertandingan di tingkat internasional. “Semoga masa depan talenta Indonesia akan makin cerah, terutama talenta di bidang teknologi, sekaligus pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di tanah air makin maju,” terang Nizam.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Arif Rachman Beberkan Sosok Kombes Ambil Baju Brigadir J di RS Polri

Arif Rachman Arifin membeberkan soal baju Brigadir J yang sempat diambil oleh Kepala Bagian Penegakan Hukum Provost Divpropam Polri, Kombes Susanto Haris.

NEWS | 28 November 2022

Rotasi Matra Dinilai Penting untuk Jabatan Panglima TNI

Susaningtyas NH Kertopati menekankan pentingnya rotasi antara matra di tubuh TNI untuk jabatan panglima.

NEWS | 28 November 2022

Panglima TNI Baru Harus memiliki Tiga Variabel Penting Ini

Susaningtyas NH Kertopati membeberkan tiga variabel penting yang harus dimiliki oleh Panglima TNI baru pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa.

NEWS | 28 November 2022

Penumpang 2 Orang, Pesawat Tersangkut di Menara Jaringan Listrik

Sebuah pesawat tersangkut di menara jaringan listrik pada Minggu (27/11/2022) malam di Maryland, menyebabkan pemadaman listrik.

NEWS | 28 November 2022

Hari Ini, Gubernur Wajib Umumkan Kenaikan UMP

Pemerintah daerah wajib mengumumkan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) hari ini, Senin (28/11/2022)

NEWS | 28 November 2022

Tak Mau Pemborosan, Anwar Ibrahim Tolak Mercedes S600 untuk Mobil Dinas

PM Baru Malaysia Anwar Ibrahim menolak penggunaan Mercedes-Benz S600 untuk mobil dinasnya, karena tak mau ada pemborosan dana publik.

NEWS | 28 November 2022

Tolak RUU Kesehatan, Organisasi Profesi Kesehatan Gelar Aksi Bersama

Lima organisasi profesi terdiri dari IDI, PDGI, PPNI), IAI beserta organisasi kesehatan lainnya menggelar aksi damai bersama untuk menolak RUU Kesehatan

NEWS | 28 November 2022

Tolak RUU Kesehatan, PPNI Ingatkan DPR Tak Khianati Perjuangan Nakes

Ketua Umum Persatuan Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) Harif Fadhilla menyampaikan orasi menolak RUU Kesehatan.

NEWS | 28 November 2022

Tiba di Ruang Sidang, Bharada E Disambut Para Pendukung

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E disambut para pendukungnya saat tiba di ruang persidangan.

NEWS | 28 November 2022

Helikopter Polri Hilang Kontak, Nelayan Temukan Sandaran Kursi Penumpang

Terkait helikopter Polri jatuh, seorang nelayan bernama Sobri Wassholat menemukan sandaran kursi penumpang helikopter di Perairan Manggar Belitung Timur, Bangka Belitung.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Arif Rachman Beberkan Sosok Kombes Ambil Baju Brigadir J di RS Polri

Arif Rachman Beberkan Sosok Kombes Ambil Baju Brigadir J di RS Polri

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE