Logo BeritaSatu

Jerinx Jadi Duta Antinarkoba, Anggota Komisi III DPR: Terobosan Dekati Milenial

Sabtu, 6 November 2021 | 00:06 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi III DPR, I Wayan Sudirta menyambut baik langkah Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali menjadikan musisi I Gede Ari Astina alias Jerinx sebagai duta antinarkoba. Wayan Sudirta menilai, dipilihnya Jerinx sebagai duta antinarkoba merupakan terobosan dalam kampanye untuk mendekati generasi milenial yang rawan terjerat narkoba.

"Pengangkatan Jerinx sebagai duta antinarkoba Provinsi Bali menurut saya merupakan keputusan yang baik. BNN Bali dapat dikatakan telah membuka diri dan pandangannya bahwa diperlukan terobosan untuk mengubah cara-cara kampanye antinarkoba sebelumnya yang cenderung kaku dan bersifat formal," kata Wayan Sudirta dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Hal serupa, katanya, telah dilakukan oleh BNN dengan menjadikan band Slank sebagai duta antinarkoba pada 2014 lalu. Dikatakan, generasi milenial yang disematkan kepada anak muda saat ini merupakan bentuk perubahan dan kemajuan zaman dan teknologi. Cara bersosialisasi mereka saat ini juga cenderung lebih bebas dan mandiri. Cara pandang dan cara hidup generasi milenial ini lebih suka melihat sosok idola atau panutuan yang memang dapat mengerti dan memahami kehidupan mereka.

"Generasi saat ini tidak menyukai cara-cara formal yang mereka nilai sangat kaku," katanya.

Wayan berharap sosok Jerinx sebagai tokoh publik yang dekat dengan generasi milenial dapat menyukseskan kampanye antinarkoba, terutama di Bali. Hal ini mengingat angka prevalensi penyalahgunaan narkoba di Bali mencapai 15.000 orang.

"Apalagi 70% dari mereka adalah yang masih berusia produktif yang berkisar antara 15 tahun sampai 35 tahun," ungkapnya.

Dengan kondisi itu, Wayan Sudirta meminta Jerinx secara aktif menyosialisasikan bahaya narkoba, pentingnya menjauhi narkoba dan pergaulan yang terindikasi sebagai sarang narkoba yang patut dilawan oleh masyarakat maupun BNN dan pemerintah. Dikatakan, BNN perlu secara signifikan mencegah peredaran narkoba, melakukan edukasi dan menegakkan hukum secara tegas. BNN juga diharapkan membuat indikator yang terukur agar biaya besar dari negara untuk pencegahan dan pemberantasan narkoba tidak sia-sia.

"Indikator ini penting agar jangan sampai dipilihnya tokoh tertentu sebagai duta antinarkoba tidak linear dan tidak berdampak untuk pencegahan narkoba. Kita harap dengan bertambahnya anggaran negara untuk penanganan narkoba kemudian ada tokoh-tokoh masyarakat dipilih sebagai duta antinarkoba, maka jumlah penyalahgunaan dan terpidana narkoba menjadi semakin sedikit. Masyarakat minta agar korban narkoba menurun, terpidana narkoba di lapas juga secara signifikan menurun sampai nanti benar-benar bebas dari narkoba," katanya.

Wayan Sudirta menekankan, memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan hal penting. Untuk itu keselamatan seluruh warga negara khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa harus menjadi acuan utama.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenazah Pelaku Bom Astana Anyar Diautopsi di RS Bhayangkara Sartika Asih

Jenazah Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar atau bom Astana Anyar diautopsi di RS Bhayangka Sartika Asih, Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Kutuk Bom Bunuh Diri Bandung, Eks Napiter: Tidak Sesuai Ajaran Islam

Mantan narapidana terorisme (napiter), Muchtar Daeng Lau mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022 Minim Gol Tembakan Jarak Jauh

Piala Dunia 2022 Minim Gol Tembakan Jarak Jauh

SEMESTA BOLA 2022 | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE