Logo BeritaSatu

Hambat Mobilitas, Opsi PCR Akan Kembali Diwajibkan

Senin, 8 November 2021 | 21:12 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / YUD

Jakarta, Beritasatu.com- Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM di Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan opsi wajib tes PCR untuk transportasi publik akan diberlakukan kembali. Hal ini untuk menghambat mobilitas penduduk pada saat libur Natal dan Tahun Baru.

“Kita sedang evaluasi, apakah nanti penahanan mobilitas penduduk ini akan kita terapkan kembali, pelaksanaan dari apa namanya PCR itu sedang kami kaji,” kata kata Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers seusai mengikuti rapat terbatas (ratas) tentang evaluasi PPKM yang dipimpin Presiden Joko Widodo secara virtual, Senin (8/11/2021).

Melihat adanya opsi wajib PCR untuk pengguna transportasi publik diberlakukan kembali, Luhut meminta masyarakat jangan langsung menilai pemerintah tidak konsisten terhadap pengambilan keputusan. Sebab saat ini, pemerintah telah mencabut keputusan wajib tes PCR untuk perjalanan dengan transportasi udara, laut maupun darat. Pengguna transportasi publik hanya diwajibkan tes antigen saja bagi yang sudah vaksinasi dosis kedua.

“Jangan teman-teman berpikir ini kita tidak konsisten, tetapi kita menghitung pergerakan manusia dan kenaikan kasus,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurutnya, dalam pengambilan keputusan untuk menghitung pergerakan manusia dan mencegah kenaikan kasus Covid-19 merupakan strategi science of art. Pengambilan keputusan harus dilakukan seperti operasi militer sehingga harus dilihat dengan cermat.

“Jadi jangan ada pikiran kemana-mana. Ini kok berubah-ubah. Tidak begitu. Kita melihat perubahan perilaku dari Covid-19 ini yang sekarang sudah ada indikasi ada delta plus yang ada di Malaysia. Semua kita cermati dengan baik dan itu juga berasal dari UK,” terang Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam kesempatan ini, Luhut mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengedepankan solidaritas dalam masa sulit seperti ini. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan apresiasi terhadap segala bentuk usaha yang telah dilakukan oleh setiap orang atau kelompok dalam kepentingan penanganan pandemi di Tanah Air.

“Sehingga mereka yang punya niat tulus dan semangat solidaritas tinggi untuk melihat negeri bangkit lalu pulih merasa mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat Indonesia,” tegas Luhut Binsar Pandjaitan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 27 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022

Ini Kronologi Helikopter Polri Hilang Kontak di Belitung Timur

Helikopter Polri hilang kontak di dekat perairan Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung pada hari ini, Minggu (27/11/2022).

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kramarij Cetak Gol Kedua, Kroasia Ungguli Kanada 3-1

Kramarij Cetak Gol Kedua, Kroasia Ungguli Kanada 3-1

SEMESTA BOLA 2022 | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE