Logo BeritaSatu

Optimalkan Agripreneurship, IKA Faperta IPB Bidik Sepak Bola Sehat

Kamis, 11 November 2021 | 13:10 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com – Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IKA Faperta IPB) bersama Perkumpulan Sepak Bola Berjalan Seluruh Indonesia (Persejasi) menjalin kemitraan dalam mendukung agripreneurship (kewirausahaan pertanian).

Ketua Umum IKA Faperta IPB Octen Suhadi menjelaskan kemitraan itu untuk memperluas dan mendukung program agripreneurship melalui bidang olahraga untuk kesehatan dan penggalangan dana. Adapun agripreneurship merupakan program menciptakan petani muda dan wirausahawan muda yang bergerak memajukan pertanian Indonesia.

Advertisement

“Ini merupakan program IKA Faperta IPB dalam mengoptimalkan berbagai sumber daya untuk mewujudkan dan memperluas agripreneurship ke segala aspek. Terobosan yang dibangun dari jaringan dan berbagai potensi alumni ini segera diimplementasikan dalam waktu dekat,” ujar Octen dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (11/11/2021).

Octen yang juga praktisi dan profesional bidang perkebunan ini secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum Persejasi yang mendukung program unggulan IKA Faperta IPB tersebut. Apalagi, kemitraan itu selaras dengan tagline IKA Faperta IPB “Mendekat ke Kampus, Mendekat ke Alumni, Mendekat ke Mahasiswa”. Hal itu dimulai dengan mengoptimalkan berbagai jaringan dari IKA Faperta IPB, termasuk penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Persejasi pada Selasa (9/11/2021).

“Harapannya dengan MoU ini dapat menjalin kebersamaan, saling guyup, dan bersinergi sesama alumni Fakultas Pertanian IPB. Peranan alumni terutama dalam penggalangan dana amal sangat penting dalam mensukseskan program agripreneurship,” jelas jebolan jurusan Agronomi IPB ini.

Ketua Umum Persejasi Hendra Hartono menjelaskan MoU digagas atas dasar kesepahaman visi dalam mendukung program agripreneurship IKA Faperta IPB melalui olahraga untuk kesehatan dan penggalangan dana.

Alumni Faperta IPB itu menjelaskan sepak bola berjalan diperuntukkan bagi peminat yang berusia 50 tahun ke atas. Dalam waktu dekat akan dilaksanakan sosialisasi olahraga kesehatan sepakbola berjalan (walking football) di lingkungan IPB University. “Sekaligus berlanjut dengan digulirkannya kompetisi antarfakultas di IPB University dalam rangka penggalangan dana amal. Harapannya para civitas akademika IPB dan alumni IPB dapat berpartisipasi sebanyak mungkin,” katanya.

Untuk tahun 2022, lanjutnya, akan dilakukan sosialisasi dan kompetisi sepakbola berjalan di tingkat universitas di Indonesia yang melibatkan civitas akademika dan alumni di setiap perguruan tinggi se-Indonesia.

Saat memulai kepemimpinan IKA Faperta, Octen sudah menekankan perlunya program agripreneurship sekaligus berkaloborasi dengan kampus dan berbagai pihak dalam mencetak para pemimpin masa depan berwawasan kewirausahaan agromaritim. Apalagi, Octen yang lama berkecimpung dalam dunia usaha melihat agripreneurship memiliki sejumlah cakupan pendukung.

Beberapa di antaranya adalah menguatkan kepemimpinan untuk menjadikan Indonesia sebagai pemimpin produk agromaritim dunia, lalu teknologi digital dengan rantai nilainya. Selain itu, mengembangkan bisnis berkelanjutan di atas pilar berkeadilan secara ekonomi, berkearifan lokal secara sosial, berkelanjutan secara lingkungan hidup, dan berkedaulatan secara politik.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Penembakan Calon Anggota DPD hingga Pengakuan Duloh Setubuhi Korbannya

Berita penembakan calon anggota DPD RI Bengkulu hingga pengakuan Duloh bersetubuh dengan mertua Wowon menjadi berita terpopuler

NASIONAL | 4 Februari 2023

Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

Warga korban gempa di Cianjur diminta memastikan rumahnya masuk dalam penerima bantuan perbaikan rumah yang sudah diumumkan di sejumlah desa terdampak.

NASIONAL | 4 Februari 2023

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Guna memastikan diperhatikannya hak-hak tahanan dalam hal ini Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Komnas HAM melakukan koordinasi dengan KPK.

NASIONAL | 3 Februari 2023

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kepala BNPT Apresiasi Upaya ESQ Jaga Pancasila dan NKRI

Upaya ESQ guna menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapatkan apresiasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kapolda Jatim: Sopir Bus Maut Berpotensi Tersangka

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta  menyatakan, sopir bus maut berpotensi menjadi tersangka karena diduga mengantuk.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gelombang Tinggi Hantam Puluhan Warung di Pantai Bagedur

Gelombang tinggi kembali menerjang objek wisata Pantai Bagedur di Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Bencana Tanah Bergerak Robohkan Rumah Warga di Lebak

Rumah warga di Jampang Cikoneng, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, roboh hingga rata dengan tanah akibat terdampak tanah bergerak.

NASIONAL | 16 Mei 2022

KSPSI Salurkan Paket Bantuan Kapolri untuk Buruh di Maluku Utara

KSPSI menyalurkan 1.000 paket bantuan sembako dari Kapolri untuk buruh di Maluku Utara di site PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gunung Merapi Tercatat Alami 77 Kali Gempa Guguran

Gunung Merapi mengalami 77 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Minggu (15/5/2022) pukul 00.00-24.00 WIB.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KKP Hentikan Dua Proyek Reklamasi di Kepri

KKP Hentikan Dua Proyek Reklamasi di Kepri

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE