Logo BeritaSatu

Wali Kota Tangerang Terkejut Pengangguran Naik 0,44%

Kamis, 11 November 2021 | 15:18 WIB
Oleh : Chairul Fikri / BW

Tangerang, Beritasatu.com – Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah kaget dengan data pengangguran di Kota Tangerang yang tahun ini naik 0,44% dibanding 2020. Terlebih kini Kota Tangerang kini masuk urutan keempat di Provinsi Banten yang tingkat penganggurannya tinggi dengan memiliki angka pengangguran mencapai 103.537 orang.

Menanggapi hal itu, Arief berharap Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang untuk memperjelas data masyarakat yang masuk dalam kategori pengangguran sesuai data BPS yang dikeluarkan. Hal itu diungkapkan Arief dalam keterangannya pada media, Kamis (11/11/2021).

"Ya kalau itu tanya BPS lah, kan mereka yang keluarkan. Seharusnya indikatornya juga bisa kita pakai buat rujukan kita. Sayangnya kita tidak pernah punya data by name by address. Jadi setiap saat kita minta. Itu saya juga lagi bersurat, soalnya tadi minta kirim surat ke BPS, kita minta datanya dong by name by address itu siapa sih yang pada pengangguran," ungkap Arief.

"Kan seperti vaksin saja kita sambangi door to door kan gitu supaya treatmentnya ini kita bisa jajaki mereka. Mereka punya skill apa pendidikan apa. Jadi tidak cuma dari satu indicator, jadi ya data-datanya itu bisa kita tindak lanjuti lebih konkret," lanjutnya lagi.

Arief menduga, peningkatan angka pengangguran di wilayah yang dipimpinnya terjadi lantaran jumlah lowongan kerja berbanding terbalik dengan jumlah lulusan dari institusi pendidikan, sehingga banyak warganya yang tidak tertampung dan menyebabkan angka tingkat pengangguran terbuka (TPT) meningkat.

"Kalau saya prediksi karena sekolah di Kota Tangerang itu lebih banyak daripada di wilayah lain," ucapnya.

Meski begitu, dia terus berupaya untuk melakukan upaya untuk menekan angka pengangguran. Dia berupaya menjalankan beragam program pengembangan bagi masyarakat, seperti penyelenggaraan job fair virtual, program Tangerang Bisa, dan Tangerang Emas.

"Sejak tahun 2020 awal pandemi, kita tetap menyelenggarakan program pencarian pekerjaan melalui program job fair virtual. Lalu melalui program Tangerang Bisa dan program Tangerang Emas untuk membantu pengembangan karier para pencari kerja. Dan ke depan kita akan juga gulirkan program job fair hingga tingkat kelurahan untuk menjangkau warga kita yang belum bekerja," terangnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022

Cianjur Bangkit, Warga Sarampad Wetan Bangun Kembali Masjid

Sepekan lebih bencana gempa Cianjur, Jawa Barat, warga mulai semangat untuk kembali bangkit dari bencana.

NEWS | 30 November 2022

Kamis, Bareskrim Polri Akan Periksa Keluarga Ismail Bolong

Bareskrim Polri akan memeriksa keluarga Ismail Bolong pada Kamis (1/11/2022) terkait kepemilikan saham perusahaan dalam kasus tambang ilegal.

NEWS | 30 November 2022

Sidang Kasus Brigadir J Hari Ini, 3 Terdakwa Saling Bersaksi

Sidang perkara dugaan pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel hari ini akan menghadirkan Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR yang saling bersaksi. 

NEWS | 30 November 2022

Polri Kerahkan 261 Personel Layani Kesehatan Korban Gempa Cianjur

Polri mengerahkan 21 dokter spesialis untuk melayani korban gempa Cianjur. Total ada 261 personel dari jajaran medis yang tangani korban gempa Cianjur.

NEWS | 30 November 2022

Korban Gempa Cianjur, Paboi: Layanan Ortopedi Butuh 4 Bulan

Paboi menyatakan tindakan medis bedah untuk korban gempa Cianjur membutuhkan waktu hingga 4 bulan.

NEWS | 30 November 2022

KPU Sebut Pelamar Calon PPK Sebanyak 304.602 Orang

KPU menyebut pelamar calon panitia pemilihan kecamatan atau PPK untuk Pemilihan Umum Serentak 2024 berjumlah 304.602 orang.

NEWS | 30 November 2022

Tiga Jenazah Awak Helikopter Polri NBO-105 P-1103 Ditemukan

Jenazah ketiga dari awak helikopter Polri NBO-105 P-1103 yang mengalami kecelakaan di perairan Belitung Timur berhasil ditemukan, Rabu (30/11/2022) dini hari.

NEWS | 30 November 2022

KPK Sebut Banyak Sekolah Rusak Akibat Tindak Pidana Korupsi

KPK menyatakan bahwa salah satu masalah yang timbul karena tindak pidana korupsi yakni banyaknya fasilitas sekolah yang rusak.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE