Logo BeritaSatu

Mbah Mijan Rilis Single "Setan Ora Doyan Demit Ora Ndulit"

Kamis, 11 November 2021 | 17:08 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Spiritual, paranormal, praktisi supranatural sekaligus cenayang Mbah Mijan merilis single baru Setan Ora Doyan Demit Ora Ndulit. Berikut penuturan Mbah Mijan mengenai single terbaru tersebut, Kamis (11/11/2021).

Kabarnya bikin single baru?
Betul. Judulnya Setan Ora Doyan Demit Ora Ndulit. Kenapa pakai judul itu? Alasannya kan kita ingin berkarya. Tapi di luar dari itu masyarakat kita khususnya masyarakat Jawa udah akrab dengan kalimat Setan Ora Doyan Demit Ora Ddulit. Tapi apakah mereka tahu maknanya?

Makanya saya ingin menyampaikannya melalui lagu. Ini saya harus menyampaikan, karena ada satu firasat dalam hati. Di zaman yang makin modern, orang makin jauh dari Tuhan. Kalimat itu artinya manusia yang terhindar dari segala godaan baik angkara murka, nafsu kekhilafan, dosa dan disitu saya gabungkan jadi sebuah karya. Jadilah sebuah lagu.

Sendiri?
Saya berdua, saya mencari teman duet bukan dari suara atau wajah tapi dari aura. Saya seleksi teman dekat yang profesinya penyanyi, saya ketemu dengan Sindy Purbawati, sinden rocker Indonesia.
Dia punya aura mistis digabung sama saya, jadi soul yang tepat. Apalagi beberapa lagu yang dinyanyikan dia juga terkesan mistis. Jadi saya pilih pasangan duet ini melalui ritual meditasi karena lagu ini sarat makna.

Bisa diceritakan mengenai single ini?
Genrenya tradisonal kontemporer, nuansa dibikin benar-benar lengkap. Menggabungkan warna musik Jawa Sunda dan Bali. Ada bumbu rock juga. Kalau maknanya berpesan bahwa manusia makhluk sempurna, nggak boleh takut dengan setan iblis, disitu saya juga bahas bahwa mahluk halus ini ciptaan Tuhan juga, jangan takut sama mereka.

Lagu sangat unik dan beda dari kebanyakan. Gabungan dari musik tradisional kontemporer ini merupakan ajakan untuk melestarikan dan menjaga budaya bangsa, wong jowo ojo ilang jowone.

Siapa yang garap?
Melibatkan semuanya dalam arti yang berhubungan dengan lagu ini. Penciptanya mas Pancal. Aransemen Pancal Record. Produsernya saya sendiri.

Banting setir?
Nggak dong. Saya tetap jadi paranormal, praktisi supranatural. Walau begitu tetap pengin berkarya.
Dalam darah saya ada keturunan seni. Iseng serius karena saya menyadari bukan penyanyi, suara saya pas pasan, tapi semua orang kan boleh berkarya, termasuk Mbah Mijan Rencananya rilis November 2021, tanggal masih rahasiakan.

Bagaimana klipnya?
Dalam proses penggarapannya. Ada nuansa mistis dalam klip tapi itu hanya untuk bumbu saja karena yang kita suguhkan lebih nuansa tradisional. Kita juga pakai nuansa adat.

Harapan ke depan?
Saya berharap masyarakat bukan menerima dari suara saya, tapi makna yang tekandung di dalam lagu ini. Mari kita semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, jangan takut pada setan dan lainnya.

Jangan lupa lestarikan budaya adat tradisi yang sudah dimulai oleh leluhur kita, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah, mengingat pahlawan dan melestarikan adat tradisi dan budayanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tiongkok Hapuskan Syarat Tes PCR di Beijing dan 50 Kota Lain

Otoritas Kota Beijing dan 50 kota lain di Tiongkok menghapus persyaratan tes PCR bagi warga setempat setelah gelombang pandemi Covid-19 mereda.

NEWS | 7 Desember 2022

Top 5 News: Pengakuan Sambo soal Istrinya Diperkosa dan KKB Tembak Mati Tukang Ojek

Pengakuan Ferdy Sambo soal istrinya diperkosa Brigadir J dan Basarnas cari korban gempa Cianjur merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 7 Desember 2022

Inovasi Pendidikan Vokasi Untuk Kendaraan Listrik Indonesia Akan Terus Ditingkatkan

Inovasi-inovasi nyata karya anak bangsa untuk menangani krisis iklim semakin terakselerasi cepat, mulai dari tingkat SMK hingga perguruan tinggi.

NEWS | 7 Desember 2022

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres KH Ma'ruf Amin menegaskan perlu kerja bersama yang makin intens antara semua stakeholder dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022

Destinasi Wisata di Nusa Penida Disiapkan Secara Optimal

Destinasi wisata Kepulauan Nusa Penida, Klungkung disiapkan secara optimal karena memiliki pemandangan alam yang indah yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Drone Serang Pangkalan Udara Rusia, Analis: Sistem Pertahanan Gagal

Dua serangan drone di pangkalan udara di dalam wilayah Rusia telah membuat Moskwa mendapat pukulan besar.

NEWS | 7 Desember 2022

Musra XIX Digelar di DIY Awal Tahun Depan

Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY bakal menjadi tuan rumah Musyawarah Rakyat alias Musra ke XIX bulan Januari tahun depan.

NEWS | 7 Desember 2022

Al Jazeera Ajukan Kasus Shireen Abu Akleh ke Pengadilan Internasional

Al Jazeera telah mengajukan kasus pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh, yang ditembak di kepala saat meliput serangan Israel ke Pengadilan Kriminal Internasional.

NEWS | 7 Desember 2022

Ganjar Pranowo dan Cerita Dapur Megawati di Kebagusan

Ganjar Pranowo mengaku banyak mendapat ilmu dan pengalaman politik di dapur rumah Megawati Soekarno Putri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

NEWS | 7 Desember 2022

7 Desember, Polda Metro Uji Coba Tilang Elektronik Mobile

Polda Metro Jaya uji coba penindakan menggunakan sistem tilang elektronik mobile atau electronic traffic law enforcement/ETLE mobile mulai 7 Desember

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenkeu Beri Keringanan Utang pada 2.109 Debitur Mini

Kemenkeu Beri Keringanan Utang pada 2.109 Debitur Mini

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE