Logo BeritaSatu

Spyware ala Pegasus Ditemukan di Ribuan Ponsel Pintar Korsel

Jumat, 12 November 2021 | 12:06 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Seoul, Beritasatu.com- Spyware yang mirip dengan malware Pegasus ditemukan pada ribuan ponsel pintar Korea Selatan. Seperti dilaporkan RT, Kamis (11/11/2021), perangkat lunak bernama PhoneSpy itu menyamar sebagai aplikasi yoga dan foto yang tidak dicurigai.

Pegasus yang terkenal dijajakan oleh perusahaan Israel NSO Group. Perangkat lunak ini digunakan oleh pemerintah di seluruh dunia untuk memata-matai politisi saingan, kekuatan asing, jurnalis, pengacara, dan tokoh bisnis. Malware Pegasus NSO Group telah mendapat perhatian media yang signifikan sejak keberadaannya diungkapkan awal tahun ini oleh para aktivis.

Saat perusahaan Israel telah difitnah oleh pers dan dimasukkan dalam daftar hitam oleh Washington, perangkat lunak pengintai serupa dilaporkan masih aktif dan tidak diperhatikan. Temuan PhoneSpy disorot dalam laporan yang diterbitkan perusahaan keamanan siber Zimperium pada Rabu (10/11).

Artikel terbitan Zimperium membahas perangkat lunak PhoneSpy, yang ditujukan untuk pengguna Android Korea Selatan. Menurut Zimperium, “PhoneSpy bersembunyi di depan mata, menyamar sebagai aplikasi biasa dengan tujuan mulai dari belajar Yoga hingga menonton TV dan video, atau menjelajahi foto.” Aplikasi ini tidak ditemukan di toko aplikasi Android, artinya pengguna harus mengunduhnya secara langsung, kemungkinan dengan mengklik tautan berbahaya atau melalui “rekayasa sosial”.

Setelah terpasang, PhoneSpy memberikan akses pengintai ke hampir setiap fungsi dari smartphone target. Kamera dan mikrofon dapat diaktifkan dari jarak jauh, log panggilan dan pesan diambil, koordinat GPS dilacak, dan lalu lintas web dipantau.

Laporan Zimperium tidak mengidentifikasi siapa yang sebenarnya menggunakan PhoneSpy untuk mengawasi ponsel yang ditargetkan, tetapi dikatakan bahwa "ribuan warga Korea Selatan telah menjadi mangsa kampanye spyware." Karena semua aplikasi palsu itu berasal dari Korea Selatan, operasi memata-mata itu diyakini terbatas di negara itu saja.

PhoneSpy adalah salah satu dari beberapa program mirip Pegasus yang saat ini dicurigai beroperasi. Ketika NSO Group ke daftar hitam perdagangan AS pada awal bulan ini, AS juga menambahkan perusahaan Rusia Positive Technologies dan Konsultan Inisiatif Keamanan Komputer Singapura. AS menuding bahwa kedua perusahaan memperdagangkan "alat siber" yang digunakan untuk mendapatkan "akses tidak sah ke sistem komputer."



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 27 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sempat Tertinggal, Kroasia Sukses Gasak Kanada 4-1

Sempat Tertinggal, Kroasia Sukses Gasak Kanada 4-1

SEMESTA BOLA 2022 | 22 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE