Logo BeritaSatu

Kereta Cepat Jakarta Bandung Dukung Pemanfaatan Ekonomi dan Sosial

Minggu, 14 November 2021 | 12:30 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Xiao Songxin, menyebutkan penerapan teknologi high speed railway (HSR) Tiongkok yang diterapkan di Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bisa mendukung pemanfaatan ekonomi dan sosial yang signifikan.

"Manfaat itu di antaranya mempersingkat waktu perjalanan, dan mempromosikan pembangunan ekonomi regional," ujar Xiao Songxin, dalam webinar “Infrastructure Technology Challenge and Socio Economic Impact in JBHSR Project” yang diselenggarakan Universitas Tarumanegara (Untar) Jakarta, Sabtu (13/11/2021).

Webinar yang diikuti lebih dari 500 peserta terdiri dari para praktisi, akademisi, dan mahasiswa ini dilaksanakan secara daring, berkolaborasi dengan PT KCIC, Cars Dardela Joint Operation (CDJO), dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Xiao Songxin mengatakan sistem HSR ini juga telah memastikan keamanan berdasarkan konstruksi dan berbagai percobaan pengoperasian,

“Berdasarkan banyak praktik dalam konstruksi dan dalam operasinya, telah membentuk sistem teknologi SDM yang mencakup enam aspek seperti track engineering, EMU kecepatan tinggi, kontrol kereta api, catu daya traksi, operasi & manajemen, dan pencegahan dan kontrol risiko,” ujarnya.

Xiao Song Xin meyakini, pihaknya mampu menggabungkan karakteristik iklim Indonesia, lingkungan, karakteristik humanistik dan persyaratan hukum, dapat memanfaatkan teknologi kereta cepat yang bisa diterapkan secara luas dan matang di Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Langkah itu tecermin dalam dua aspek, yaitu desain dan konstruksi proyek KA Cepat Jakarta Bandung saat ini. "Standar teknis utama, seperti kecepatan desain maksimum, batas bangunan, jarak garis, beban desain, luas penampang terowongan, mode kontrol operasi kereta api, kompatibel dengan standar internasional dan dapat langsung diterapkan ke KCJB," papar Xiao Songxin.

GM Technical & Design Management PT KCIC Rachman Suhanda mengatakan KCJB dipastikan memasang earthquake early warning system karena kereta cepat sangat sensitif terhadap perubahan alignment, geometri, dan getaran.

“Kalau getaran terlalu besar akan bisa menyebabkan kecelakaan, sehingga penggunaan earthquake early warning system sangat ditekankan. Karenanya perlu dilakukan kerja sama dengan pihak BMKG yang memiliki kompetensi terkait pemasangan sensor yang mendekati episentrum gempa sehingga early warning system dapat dioptimalkan,” ujar Rachman.

Rahman mengatakan, proyek KA Cepat Jakarta Bandung yang terus berjalan dan senantiasa mengoptimalkan komponen lokal. Selain itu, SDM ahli dari Indonesia juga banyak dilibatkan dalam proyek ini.

"Mulai desain KA sampai proyek kontruksi berjalan sudah banyak SDM lokal yang dilibatkan. Komponen lokal KA yang akan dioperasikan nanti juga banyak dihasilkan di Indonesia," katanya.

Rahman menambahkan proyek KA dengan panjang trase 142,3 km itu akan dilengkapi dengan empat stasiun, yaitu Stasiun Halim Jakarta, Stasiun Karawang, Sampai Stasiun Padalarang (pengganti Walini) dan Tegalluar Bandung. KA Cepat ini nantinya akan diintegrasikan dengan KA Lokal Bandung.

Trase KA Cepat Jakarta Bandung juga dilengkapi dengan 13 thunnel (terowongan) dan tinggal tiga yang masih dalam pengerjaan. Setiap ada overpass dengan jalan raya, dilengkapi dengan jaring pengaman dan sensor untuk memastikan jalur aman dan tidak ada objek baru yang membahayakan perjalanan KA Cepat.

Sebelumnya dalam sambutan Ketua Penyelenggara Ni Luh Put Shinta Eka Setyarini (Dosen Fakultas Teknik Untar), menyampaikan bahwa webinar ini bertujuan untuk mendiseminasikan informasi dan pembelajaran bagi dunia konstruksi di Indonesia dan bagi kalangan akademisi,

“Semoga webinar ini menjadi proses pembelajaran teknis dan akademis bagi para insinyur dan mahasiswa teknik karena searah dengan aplikasi teknologi terbaru, serta menjadi media sosialisasi positif dan konstruktif dari proyek kereta api cepat yang masih dalam tahap konstruksi,” ujar Shinta dalam keterangan yang diterima Beritasatu.com, Minggu (14/11/2021).

Rektor Untar Agustinus Purna Irawan menyebutkan proyek KCJB ini adalah proyek bersama dengan multi disiplin, multi input dan output serta multi outcomes, maka perlu dipastikan bahwa proyek ini dapat menjadi manfaat bagi para praktisi, dosen, mahasiswa, bahkan masyarakat dengan menjadikan proyek ini sebagai obyek untuk pembelajaran.

“Kita perlu betul-betul bertanggung jawab dalam proyek ini karena proyek nasional, proyek bersama, maka publik perlu diberikan keterbukaan informasi selaku pemilik sesungguhnya dari proyek ini,” tuturnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Saksi dari Timsus Polri Beberkan Kejanggalan Kasus Brigadir J

Saat hadir sebagai saksi di sidang Hendra Kurniawan, salah satu timsus Polri, Agus Saripul Hidayat membeberkan kejanggalan kasus Brigadir J. 

NEWS | 1 Desember 2022

Kasus Suap, Eks Kepala BPN Riau M Syahrir Ditahan KPK

KPK menahan mantan Kepala Kanwil BPN Riau M Syahrir, tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan dan perpanjangan HGU di Kanwil BPN Riau. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bertambah, Pengungsi Gempa Cianjur Mencapai 114.414 Orang

Jumlah pengungsi akibat gempa Cianjur bertambah menjadi sebanyak 114.414 orang sementara sehari sebelumnya 109.386 orang. 

NEWS | 1 Desember 2022

CCTV Rumah Ferdy Sambo 26 Kali Dimatikan secara Paksa

CCTV rumah Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, 26 kali dimatikan secara paksa.

NEWS | 1 Desember 2022

Sufmi Dasco Jadi Profesor, Prabowo: Guru Besar Penentu Peradaban Bangsa

Terkait pengukuhan Sufmi Dasco Ahmad sebagai profesor, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan guru besar merupakan penentu peradaban bangsa.

NEWS | 1 Desember 2022

Update Gempa Cianjur, 329 Orang Meninggal dan 595 Luka Berat

Bupati Cianjur, Herman Suherman menyampaikan hingga saat ini terdapat 349 orang meninggal dunia dan 595 orang luka berat akibat gempa Cianjur. 

NEWS | 1 Desember 2022

KLHK Raih Peringkat Pertama Indonesia SDGs Action Awards 2022

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih peringkat pertama Indonesia SDGs Action Awards 2022 kategori kementerian/lembaga.

NEWS | 1 Desember 2022

Ganjar Sebut Pendidikan Anti Korupsi di 23 SMA/SMK di Jateng Efektif

Pendidikan anti korupsi bisa diberikan melalui komunikasi yang kreatif lain seperti melalui media sosial, kaus, atau berbagai media seperti stiker dan lainnya.

NEWS | 1 Desember 2022

Ganjar Dorong Seluruh Daerah Komitmen Antikorupsi Usai Hadiri Hakordia di Surabaya

Acara dibuka oleh Ketua KPK RI Firli Bahuri, dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Parawansa, Wagub DIY KGPAA Paku Alam X, Wagub Kalteng, dan Sekda Kalbar.

NEWS | 1 Desember 2022

Konvoi Geng Motor Bersenjata Parang Resahkan Warga Bogor

Geng motor bersenjata parang dan golok konvoi di wilayah Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Aksi itu meresahkan warga.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Saksi dari Timsus Polri Beberkan Kejanggalan Kasus Brigadir J

Saksi dari Timsus Polri Beberkan Kejanggalan Kasus Brigadir J

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE