Logo BeritaSatu

Rossi: Akan Sulit Jalani Pensiun Saat Memasuki Maret

Senin, 15 November 2021 | 08:16 WIB
Oleh : BW

Jakarta, Beritasatu.com - Legenda dunia balap motor Valentino Rossi, yang merampungkan penampilan terakhirnya di MotoGP setelah 26 tahun berkarier Minggu (14/11/2021) di Valencia, mengatakan, akan sulit menjalani masa pensiun khususnya saat memasuki Maret ketika musim balapan dimulai lagi.

Pembalap berusia 42 tahun itu memiliki sembilan gelar juara dunia di tiga kategori dan menutup kariernya dengan finis P10 di Grand Prix Valencia, yang menjadi balapan ke-432 baginya sejak debut pada 1996.

"Saya termotivasi dan fokus seperti halnya bertarung untuk kejuaraan karena balapan terakhir adalah balapan terakhir, ini sangat penting," kata pembalap berjuluk The Doctor itu setelah menyentuh garis finis dan disambut hangat oleh para fan dan rekan-rekan sesama pembalap.

"Ini tidak mudah karena banyak sekali tekanan, tetapi saya mampu masuk sepuluh besar jadi itu berarti saya mengakhiri karier saya yang panjang di antara pembalap top 10 di dunia," kata dia tertawa.

"Saya tidak ingin finis terakhir."

Ribuan bendera dengan inisial dan angka balap Rossi VR46 dikibarkan di sepanjang sirkuit Ricardo Tormo untuk memberi salam perpisahan kepada pembalap tersukses di MotoGP itu.

"Ini adalah akhir pekan yang sangat, sangat spesial," kata Rossi yang memenangi tujuh titel kelas premier (500cc dan MotoGP) dan juga dua gelar di kelas 125cc dan 250cc tersebut.

"Saya tidak menyangka itu. Saya sedikit khawatir terhadap akhir pekan terakhir dari karier saya. Kita membayangkan momen ini sejak lama, tetapi Anda tidak pernah tahu bagaimana kita akan merasakannya, apakah Anda akan mampu fokus di balapan, apakah Anda akan sedih. Tetapi ini adalah akhir pekan yang luar biasa," katanya.

Di akhir balapan, yang dimenangi oleh anak didik Rossi di Akademi VR46 yaitu Francesco Bagnaia yang mengenakan helm replika milik sang mentor bernomor 46 itu, sebanyak 75.000 penonton berdiri dan bertepuk tangan saat rekan-rekan pembalap memberikan trek sepenuhnya bagi Rossi untuk melakukan satu lap perpisahan.

"Ini sangat mengharukan. Saya mendapat dukungan yang luar biasa dan merasa respek yang sangat besar dari semua orang di paddock dan semua pebalap."

Tim Satelit
Musim depan, tim VR46 milik Rossi akan debut di MotoGP sebagai tim satelit Ducati tetapi sang pembalap Italia sudah merasakan penyesalan meninggalkan olahraga yang ia sangat cintai itu.

"Saya sudah menyesal berhenti," kata Rossi berkelakar dengan senyuman lebar khasnya.

"Saya rasa akan sulit dalam beberapa pekan dan bulan ke depan, khususnya pada Maret ketika musim mulai lagi dan saya tidak ada di sana."

Rossi juga menyesal karena gagal melengkapi kariernya dengan titel kesepuluh.

"Mungkin apabila saya lebih berusaha keras di tahun-tahun pertama dalam karier saya seperti halnya di 10 (tahun terakhir), saya bisa memenangi lebih banyak balapan," kata Rossi sambil tertawa.

"Tetapi tidak jadi masalah sedikit bebal ketika Anda masih muda. Kita belajar dengan pengalaman."



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Puan Ungkap Alasan Kasal Yudo Margono Dipilih Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani mengungkapkan alasan Kasal Laksamana Yudo Margono menjadi calon panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. 

NEWS | 28 November 2022

Solidaritas Guru, Alumni UPI Himpun Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

56 guru tewas akibat gempa Cianjur, Alumni UPI serentak bergerak menggalang bantuan untuk para korban.

NEWS | 28 November 2022

Tilang Manual Masih Diberlakukan terhadap Sejumlah Pelanggaran

Polda Metro Jaya masih melakukan tilang manual terhadap sejumlah pelanggaran di jalan raya, seperti kendaraan tanpa pelat nomor.

NEWS | 28 November 2022

Menangis, Ferdy Sambo Sebut Sia-sia Pangkat Jenderal jika Tak Bisa Jaga Istri

Ferdy Sambo menangis karena menilai sia-sia bagi dirinya sudah berpangkat jenderal jika tidak mampu menjaga istrinya, Putri Candrawathi.

NEWS | 28 November 2022

Putri Terus Menangis Saat Beberkan Skenario Ferdy Sambo

Putri Candrawathi terus menangis saat membeberkan skenario Ferdy Sambo terkait peristiwa tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

UMP DKI Naik 5,6% Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Penjelasan Disnaker

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan upah minimum provinsi (UMP) naik 5,6% menjadi sebesar Rp 4,9 juta pada 2023.

NEWS | 28 November 2022

Beda Pandangan, PDSI Dukung RUU Kesehatan Omnibus Law

PDSI memiliki pandangan berbeda dengan organisasi profesi kesehatan lainnya terkait RUU Kesehatan Omnibus Law.

NEWS | 28 November 2022

Jokowi Usulkan Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani menyatakan, Presiden Jokowi mengusulkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. 

NEWS | 28 November 2022

Respons Jokowi soal Pemimpin Pro Rakyat, Prabowo Tunjuk Rambut Putihnya

Prabowo Subianto merespons ciri-ciri pemimpin pro rakyat yang disampaikan Jokowi. Prabowo pun menunjuk bahwa dia memiliki rambut berwarna putih.

NEWS | 28 November 2022

Tolak Permenaker, Apindo Jabar: Formula UMP 2023 Dipaksakan

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat tegas menolak kenaikan upah minimum provinsi (UMP) yang mengacu Permenaker 18/2022.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jasa Armada Indonesia Tebar Dividen Interim Rp 19,41 Miliar

Jasa Armada Indonesia Tebar Dividen Interim Rp 19,41 Miliar

EKONOMI | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE