Logo BeritaSatu

Presiden Duterte Calonkan Diri sebagai Senator pada Pemilu Filipina 2022

Selasa, 16 November 2021 | 17:09 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Manila, Beritasatu.com- Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada Senin mengajukan sertifikat pencalonannya sebagai senator dalam pemilu Filipina pada Mei 2022. Seperti dilaporkan Xinhua, Senin (15/11/2021), pernyataan Duterte bertentangan dengan pernyataan sebelumnya.

Bulan lalu, Duterte mengatakan bahwa dia akan pensiun dari politik dan tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan berikutnya "sesuai dengan kehendak rakyat."

Advertisement

Duterte mengirim pengacaranya ke Komisi Pemilihan untuk mendaftar pada Senin, hari terakhir untuk melakukan pergantian kandidat. Pria berusia 76 tahun itu akan mencalonkan diri di bawah partai politik Pederalismo ng Dugong Dakilang Samahan (PDDS), bukan dengan partainya yang berkuasa PDP-Laban.

Duterte terpilih sebagai presiden Filipina pada 2016, dan masa jabatannya berakhir pada 30 Juni 2022. Konstitusi membatasi presiden Filipina untuk masa jabatan enam tahun tunggal. Pemilihan berikutnya dijadwalkan akan diadakan pada 9 Mei 2022.

Juru bicara Duterte, Harry Roque juga mengincar kursi senat dalam pemilihan mendatang setelah mengundurkan diri pada hari Senin.

"Sejak saya mengajukan sertifikat pencalonan, saya bukan lagi juru bicara kepresidenan," kata Roque kepada wartawan tak lama setelah mendaftar di badan pemungutan suara.

Duterte tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri sebagai presiden lagi, tetapi dia dapat mencalonkan diri untuk jabatan lain. Di Filipina, presiden dan wakil presiden dipilih dalam kontes terpisah.

Sara, putri Duterte yang berusia 43 tahun diperkirakan akan mencalonkan diri untuk menggantikannya sebagai presiden. Popularitas dan keunggulan Sara yang jelas dalam semua jajak pendapat tahun 2021 tentang kandidat pilihan.

“Apa yang bisa saya katakan adalah ayah dan anak perempuan, Presiden Rodrigo Roa Duterte dan Wali Kota Inday Sara, saling menyayangi,” kata Roque setelah mengajukan pencalonannya sebagai senator, merujuk pada Duterte-Carpio dengan nama panggilannya.

"Mereka tidak akan pernah melawan satu sama lain, mereka tidak akan pernah saling bertarung untuk posisi apa pun," kata Roque.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ibu Bharada E Terharu Nama Anaknya Menggema di Ruang Sidang

Ibu Bharada E, Rynecke Alma Pudihang menangis terharu karena banyak pendukung Bharada E yang meneriakan nama anaknya dalam ruang sidang.

NEWS | 2 Februari 2023

Penangkapan Anggota Geng Meningkat, El Salvador Buka Penjara Baru Kapasitas 40.000 Orang

Pihak berwenang di El Salvador telah membuka salah satu penjara baru terbesar di Amerika Latin, lebih dari dua kali lipat kapasitas penahanan negara itu.

NEWS | 2 Februari 2023

Didakwa Jual Sabu Hasil Sitaan, Teddy Minahasa Langsung Melawan

Teddy Minahasa melalui kuasa hukumnya langsung mengajukan eksepsi atau nota keberatan karena didakwa telah menjual sabu hasil sitaan. 

NEWS | 2 Februari 2023

Mohon Replik Digugurkan, Pihak Bharada E Ingatkan Pesan Eks Jaksa Agung

Pihak Bharada E atau Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu memohon agar majelis hakim menggugurkan replik jaksa penuntut umum.

NEWS | 2 Februari 2023

Timbun Solar dari Berbagai SPBU, Warga Batam Dibekuk Polisi di Rembang

Polisi menangkap warga Batam bernama Jahudi di Rembang karena menimbun bahan bakar minyak bersubsidi jenis solar dari berbagai SPBU. 

NEWS | 2 Februari 2023

Kuasa Hukum Bantah Eliezer Tembak Yosua karena Loyalitas ke Ferdy Sambo

Kuasa hukum Richard Eliezer atau Bharada E membantah tudingan jaksa yang menyebut Eliezer menembak Yosua atau Bharada E karena loyalitas kepada Ferdy Sambo.

NEWS | 2 Februari 2023

Hujan Deras, Terjadi Longsor di Jalur Wisata Kawasan Pacet dan Trawas Mojokerto

Hujan deras yang melanda Mojokerto, Jawa Timur, pada Rabu (1/2/23) sore kemarin, menyebabkan terjadinya sejumlah tanah longsor.

NEWS | 2 Februari 2023

Bank Jago Syariah Luncurkan Produk Deposito Berbasis Aplikasi

PT Bank Jago Tbk melalui unit usaha syariah (Jago Syariah) meluncurkan produk Deposito Jago Syariah dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah.

NEWS | 2 Februari 2023

Soal Peluang Richard Eliezer Bebas, sang Ibu: Kalau Tuhan Berkenan

Rynecke Alma Pudihang, ibu Richard Eliezer atau Bharada E, angkat bicara soal peluang anaknya divonis bebas dalam kasus pembunuhan Brigadir J atau Yosua. 

NEWS | 2 Februari 2023

Hotman Paris Sebut Sidang Teddy Minahasa Prematur

Hotman Paris Hutapea menyebut sidang dugaan peredaran narkoba dengan terdakwa Irjen Teddy Minahasa prematur dan belum saatnya digelar. 

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ibu Bharada E Terharu Nama Anaknya Menggema di Ruang Sidang

Ibu Bharada E Terharu Nama Anaknya Menggema di Ruang Sidang

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE