Logo BeritaSatu

Tekan Harga PCR, Pemerintah Dorong Peningkatan Produksi Reagen Lokal

Selasa, 16 November 2021 | 20:22 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Abdul Kadir menyatakan pemerintah mendorong peningkatan produksi reagen di dalam negeri demi menekan harga swab test polymerase chain reaction (PCR) Covid-19.

"Ini bisa terjadi pada negara India yang dapat mematok harga swab test PCR Covid-19 sebesar Rp 100.000 karena mereka memproduksi reagen di dalam negeri," katanya dalam diskusi virtual bertajuk Menakar Kualitas PCR dengan Kebijakan Pemerintah Dalam Penetapan Harga PCR Test, Selasa (16/8/2021).

Namun hal ini berbeda dengan Indonesia yang masih mengimpor reagen dari negeri Tiongkok hingga Jepang. Hal tersebut membuat harga tes PCR di Indonesia masih mahal.

Penurunan harga tes PCR, sudah mengikuti penurunan harga reagen di pasaran. Menurutnya, harga tersebut juga sudah memperhitungkan seluruh biaya operasional dan jasa yang dilakukan oleh seorang profesional.

"Kita mengacu harga pasar, di pasar pun terjadi penurunan harga reagen yang luar biasa. Jasa pelayanan, dokter atau perawat tetap dihargai jasanya," jelas Kadir.

Ia menjelaskan, bahwa dengan harga Rp 100.000 sudah bisa mendapatkan reagen yang telah divalidasi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), sehingga harga tes PCR yang saat ini Rp 275.000 masih ada keuntungan.

Kadir berpendapat, pengusaha yang saat ini mengeluh dengan harga tes PCR yang dianjurkan pemerintah, dianggap karena telah membeli reagen dengan harga yang lebih mahal.

"Kalau pengusaha banyak yang berkeluh kalau harga PCR saat ini dibilang terlalu murah, mungkin karena dia sudah terlanjur mengambil reagen yang mahal," kata Kadir.

Setelah lewati beberapa fase penurunan harga tes PCR , pemerintah dinilai terlalu mementingkan harga dan melupakan mutu dari PCR tersebut.

Untuk itu Kemenkes tengah mengajukan pembebasan pajak kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk bahan habis pakai (BHP) pada tes PCR termasuk reagen yang impor dari luar betul-betul diberi kebebasan pajak.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cak Imin: Indonesia Perlu Buat Aliansi Berbasis Komoditas

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan Indonesia perlu bangun koalisi berbasis komoditas merespons kekalahan di WTO terkait pelarangan ekspor nikel.

NEWS | 5 Desember 2022

Anggota TNI Tewas dalam Kecelakaan Beruntun di Jalan Dewi Sartika Jaktim

Seorang anggota TNI tewas dalam kecelakaan beruntun di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim), Senin (5/12/2022) siang.

NEWS | 5 Desember 2022

Balita Asal Depok Tewas di Apartemen, Diduga Dianiaya Pacar Ibunya

Balita perempuan berusia 2 tahun 9 bulan meninggal dunia di sebuah apartemen di Kalibata. Balita asal Depok itu diduga tewas dianiaya pacara ibunya. 

NEWS | 5 Desember 2022

Nilai Ricky Rizal Berbohong, Hakim: Kamu Enggak Sayang Anak?

Majelis hakim PN Jaksel sempat mengingatkan Ricky Rizal atau Bripka RR tentang anaknya. Hal ini karena hakim menilai Ricky Rizal berbohong dalam kesaksiannya.

NEWS | 5 Desember 2022

Perang Ukraina Hari ke-284, 91.150 Tentara Rusia Tewas

Kementerian Pertahanan Ukraina menyatakan sejumlah 91.150 tentara Rusia tewas dalam perang Ukraina.

NEWS | 5 Desember 2022

Status Awas, Aktivitas Gunung Semeru Terus Meningkat Pascaerupsi

Aktivitas Gunung Semeru terus meningkat yang membuat PVMBG telah menaikkan status gunung tersebut ke level empat atau status awas.

NEWS | 5 Desember 2022

Peluang Koalisi Gerindra dan PKS, Dasco: Bumbu Pesta Demokrasi

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menilai wacana koalisi Gerindra dan PKS di Pilpres 2024 hanya bumbu-bumbu demokrasi.

NEWS | 5 Desember 2022

Picu Gelombang Protes Selama 2 Bulan, Polisi Moralitas Iran Akhirnya Dibubarkan

Iran akhirnya membubarkan polisi moralitas setelah lebih dari dua bulan gelombang protes yang dipicu oleh penangkapan Mahsa Amini.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Rizal Mengaku Kaget Saat Sambo Klaim Brigadir J Lecehkan Putri

Ricky Rizal atau Bripka RR mengaku kaget dan antara percaya dan tidak percaya saat Ferdy Sambo menyebut Putri Candrawathi dilecehkan oleh Brigadir J. 

NEWS | 5 Desember 2022

Stok Beras di Gudang Bulog Cirebon Aman hingga Maret 2023

Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, saat ini memiliki stok beras sebanyak 29.506 ton, sehingga dipastikan aman hingga musim panen 2023.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cak Imin: Indonesia Perlu Buat Aliansi Berbasis Komoditas

Cak Imin: Indonesia Perlu Buat Aliansi Berbasis Komoditas

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE