Logo BeritaSatu

Kejagung Periksa 2 Ahli Keuangan Benny Tjokro Terkait Kasus Korupsi Asabri

Rabu, 17 November 2021 | 18:11 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Tim penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Jampidsus Kejagung) memeriksa dua ahli keuangan Benny Tjokrosaputro atau Benny Tjokro terkait penyidikan dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi di PT Asabri pada Selasa (16/11/2021). Keduanya yakni, RL selaku tim saham Benny Tjokrosaputro dan R selaku GM Finance PT Hanson Internasional (perusahaan milik Benny).

RL dan R diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas perkara tersangka TT atau Teddy Tjokrosaputro, Direktur Utama PT Rimo Internasional yang merupakan adik kandung Benny Tjokro. Dalam pemeriksaan keduanya, tim penyidik mendalami mengenai pengelolaan dana investasi di PT Asabri.

"Diperiksa terkait pengelolaan dana investasi di PT Asabri (Persero) dengan Tersangka TT," kata Kapuspenkum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangannya yang diterima, Rabu (17/11/2021).

Selain dua ahli keuangan Benny Tjokro itu, tim penyidik Jampidsus Kejagung juga memeriksa direktur utama PT First Asia Capital berinisial AT. Dalam pemeriksaan terhadap AT, tim penyidik mendalami transaksi saham SUGI, BCIP, dan SIAP.

"Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi di PT Asabri (Persero)," katanya

Pemeriksaan terhadap saksi dilaksanakan dengan mengikuti secara ketat protokol kesehatan antara lain dengan menerapkan 3M.

Diketahui, penyidik Jampdisus Kejagung telah menetapkan 10 orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi dan pencucian uang di PT Asabri yakni, Dirut PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro alias BTS; Dirut PT Asabri periode 2011 sampai Maret 2016, Adam Rachmat Damiri; Dirut PT Asabri periode Maret 2016-Juli 2020, Sonny Widjaja; Direktur Keuangan PT Asabri periode Oktober 2008-Juni 2014, Bachtiar Effendi; serta Direktur PT Asabri periode 2013-2014 dan 2015-2019, Hari Setiono.

Berikutnya, Kepala Divisi Investasi PT Asabri periode Juli 2012-Januari 2017, Ilham W. Siregar; Dirut PT Prima Jaringan Lukman Purnomosidi, Direktur PT Jakarta Emiten Investor Relation Jimmy Sutopo, dan Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat. Terakhir, Teddy Tjokrosaputro (TT), selaku presiden direktur PT Rimo International Lestari



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Helikopter Polri Jatuh, Jenazah Co-Pilot Ditemukan

Tim SAR gabungan menemukan satu jenazah yang diduga Briptu Moch Lasminto, yang merupakan co-pilot helikopter Polri yang jatuh di Bangka Belitung,

NEWS | 29 November 2022

Jelang Pemilu 2024, Jokowi Serukan Jangan Ada Adu Domba

Jokowi menyerukan semua pihak untuk menghindari benturan sosial dan tidak melakukan adu domba selama tahun politik menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 November 2022

Tergeletak Bersimbah Darah, Pengrajin Kayu Jadi Korban Begal di Bekasi

Pengrajin kayu, Giman (35) tergeletak bersimbah darah setelah menjadi korban begal di Jalan Cikarang Bekasi Laut.

NEWS | 29 November 2022

Tak Mau Kritik Langsung Pemerintahnya, AS Dukung Hak untuk Protes di Tiongkok

AS dukung hak untuk protes di Tiongkok secara damai, namun Gedung Putih memilih menghindar untuk mengkritik langsung kebijakan Covid-19.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi: Pemimpin Indonesia ke Depan Harus Sadar Keberagaman

Jokowi mengingatkan, pemimpin Indonesia ke depan harus menyadari keberagaman yang menjadi kekayaan dan kekuatan bangsa.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi: Dukungan Masyarakat Dayak Diperlukan dalam Pembangunan IKN

Jokowi mengatakan, dukungan masyarakat Suku Dayak sangat dibutuhkan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur.

NEWS | 29 November 2022

Tergenang Banjir, Jalan Raya Puri Kembangan Macet

Jalan Raya Puri Kembangan Jakarta Barat, Selasa (29/11/2022) pagi, macet karena tergenang banjir.

NEWS | 29 November 2022

Kekompakan Laksamana Yudo Margono dan Jenderal Dudung

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman menunjukkan kekompakan.

NEWS | 29 November 2022

Tiongkok Pilih Jalan Tegas Redam Warga Protes Kebijakan Covid-19

Pemerintah Tiongkok memilih jalan tegas untuk meredam warga protes kebijakan Covid-19 yang jarang terjadi di negara itu.

NEWS | 29 November 2022

Ketua DPR Tegaskan Tidak Ada Pergantian Nama Calon Panglima TNI

Ketua DPR Puan Maharani menegaskan tidak ada pergantian nama calon Panglima TNI yang masuk ke DPR dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Helikopter Polri Jatuh, Jenazah Co-Pilot Ditemukan

Helikopter Polri Jatuh, Jenazah Co-Pilot Ditemukan

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE