Logo BeritaSatu

Pemkab Bekasi Gelar Apel Siaga Bencana

Rabu, 17 November 2021 | 22:44 WIB
Oleh : Mikael Niman / CAR

Bekasi, Beritasatu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar apel siaga bencana. Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi Akhmad Marjuki mengatakan penanggulangan bencana memerlukan langkah konkret dari semua pihak.

“Penanggulangan bencana perlu dibangun sikap kegotongroyongan, koordinasi dan sinergitas dari Pemerintah, masyarakat serta dunia usaha agar penanggulangan bencana dapat berjalan secara cepat, efektif dan efisien,” kata Marjuki saat memimpin apel siaga bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Rabu (17/11/2021).

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Hendri Lincoln menambahkan apel siaga darurat bencana tingkat Kabupaten Bekasi kali ini merupakan rangkaian kegiatan antisipasi menghadapi bencana hidrometeorologi. BMKG memprediksi puncaknya terjadi pada Desember 2021 hingga Februari 2022.

“BPBD membantu menyelaraskan unsur pemerintah daerah, TNI/Polri, masyarakat dan relawan serta dunia usaha yang dapat menyalurkan CSR dalam menghadapi bencana hidrometeorologi ke depan,” ujar Henri.

Pihaknya berharap bencana ini tidak terjadi, tetapi tetap siaga dari hal terburuk untuk meningkatkan rasa aman kepada masyarakat.

“Ada dua jenis banjir di Kabupaten Bekasi, yang pertama dari tingginya curah hujan dan meluapnya aliran sungai. Lalu yang kedua yakni banjir yang berasal dari air pasang laut atau rob, yang terjadi di Kecamatan Muaragembong, Babelan, dan Tarumajaya,” kata Henri.

Henri mengimbau masyarakat Kabupaten Bekasi agar selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana banjir, angin puting beliung maupun tanah longsor.

“Kami meminta aparatur daerah, camat, lurah dan kepala desa, untuk siap siaga melakukan early warning system kepada warganya, kemudian menyampaikan laporan kepada BPBD sebagi pos utama penanggulangan bencana,” ucap Henri.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022

Cianjur Bangkit, Warga Sarampad Wetan Bangun Kembali Masjid

Sepekan lebih bencana gempa Cianjur, Jawa Barat, warga mulai semangat untuk kembali bangkit dari bencana.

NEWS | 30 November 2022

Kamis, Bareskrim Polri Akan Periksa Keluarga Ismail Bolong

Bareskrim Polri akan memeriksa keluarga Ismail Bolong pada Kamis (1/11/2022) terkait kepemilikan saham perusahaan dalam kasus tambang ilegal.

NEWS | 30 November 2022

Sidang Kasus Brigadir J Hari Ini, 3 Terdakwa Saling Bersaksi

Sidang perkara dugaan pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel hari ini akan menghadirkan Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR yang saling bersaksi. 

NEWS | 30 November 2022

Polri Kerahkan 261 Personel Layani Kesehatan Korban Gempa Cianjur

Polri mengerahkan 21 dokter spesialis untuk melayani korban gempa Cianjur. Total ada 261 personel dari jajaran medis yang tangani korban gempa Cianjur.

NEWS | 30 November 2022

Korban Gempa Cianjur, Paboi: Layanan Ortopedi Butuh 4 Bulan

Paboi menyatakan tindakan medis bedah untuk korban gempa Cianjur membutuhkan waktu hingga 4 bulan.

NEWS | 30 November 2022

KPU Sebut Pelamar Calon PPK Sebanyak 304.602 Orang

KPU menyebut pelamar calon panitia pemilihan kecamatan atau PPK untuk Pemilihan Umum Serentak 2024 berjumlah 304.602 orang.

NEWS | 30 November 2022

Tiga Jenazah Awak Helikopter Polri NBO-105 P-1103 Ditemukan

Jenazah ketiga dari awak helikopter Polri NBO-105 P-1103 yang mengalami kecelakaan di perairan Belitung Timur berhasil ditemukan, Rabu (30/11/2022) dini hari.

NEWS | 30 November 2022

KPK Sebut Banyak Sekolah Rusak Akibat Tindak Pidana Korupsi

KPK menyatakan bahwa salah satu masalah yang timbul karena tindak pidana korupsi yakni banyaknya fasilitas sekolah yang rusak.

NEWS | 30 November 2022

Usut Suap Lukas Enembe, KPK Gali Pertemuan Pengacara

KPK menggali adanya dugaan pertemuan antara pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening dengan sejumlah pihak.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE