Logo BeritaSatu

Taiwan Buka Kantor Diplomatik di Lithuania

Sabtu, 20 November 2021 | 08:01 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Vilnius, Beritasatu.com- Taiwan telah membuka kedutaan de facto di Lithuania yang menjadi satu terobosan diplomatik. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Jumat (19/11/2021), Kantor baru itu menandakan lebih lanjut negara-negara di Eropa Timur bersedia memperdalam kerja sama dengan Taiwan meskipun ada ancaman dari Tiongkok.

Pada Kamis (18/11), Taipei mengumumkan secara resmi membuka kantor di negara Baltik yang pertama di Eropa dalam 18 tahun. Tindakan itu bertentangan dengan kampanye tekanan dari Beijing.

Advertisement

Kementerian luar negeri Taiwan menyatakan pembukaan Kantor Perwakilan Taiwan di Lithuania akan "menjadi jalur baru dan menjanjikan" untuk hubungan bersama, mencatat potensi besar untuk kerja sama, khususnya di bidang teknologi.

“Taiwan akan menghargai dan mempromosikan persahabatan baru ini berdasarkan nilai-nilai kita bersama,” kata kementerian itu.

Pada Agustus, Tiongkok menuntut Lithuania menarik duta besarnya ke Beijing dan menyatakan akan memanggil kembali utusan Tiongkok di Vilnius setelah Taiwan mengumumkan nama kantor tersebut. Pos-pos terdepannya di tempat lain di dunia biasanya disebut Kantor Ekonomi dan Budaya Taipei. Sementara Tiongkok mengecam setiap penggunaan kata Taiwan karena khawatir hal itu memberi rasa legitimasi ke pulau itu.

Tiongkok menanggapi dengan marah pembukaan kantor diplomatik Taiwan dan mengancam konsekuensi yang tidak ditentukan.

"Pemerintah Lithuania, dengan mengabaikan keberatan kuat pihak Tiongkok dan penolakan berulang kali, telah menyetujui pembentukan apa yang disebut Kantor Perwakilan Taiwan di Lithuania," kata Beijing.

Tiongkok telah meningkatkan tekanan pada negara-negara lain untuk membatasi kerja sama dengan Taiwan sejak Presiden Tsai Ing-wen pertama kali terpilih pada tahun 2016, dan hanya 15 negara yang sekarang memiliki hubungan diplomatik formal dengan pulau itu.

“Pemerintah Tiongkok menyatakan protes keras dan keberatan tegas atas tindakan yang sangat mengerikan ini. Pihak Lituania harus bertanggung jawab atas semua konsekuensi berikutnya,” tambah Beijing.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Jokowi Semadi hingga Serial Killer Wowon

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersemadi, kasus serial killer Wowon Cs, dan kasus mahasiswi ditabrak mobil diduga rombongan polisi menjadi berita terpopuler.

NEWS | 27 Januari 2023

BMKG Ingatkan Pemda Waspada Karhutla

BMKG mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk waspada dan siap-siaga menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

NEWS | 27 Januari 2023

Menag Minta Dana Pengembangan Madrasah Dikelola Profesional

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta dana pengembangan madrasah dikelola profesional dan hati-hati.

NEWS | 27 Januari 2023

Hakim Dinilai Layak Kurangi Hukuman Richard Eliezer

Hakim layak memberikan keringanan hukum kepada terdakwa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Sidang Obstruction of Justice Hari Ini, Hendra Kurniawan Cs Hadapi Tuntutan

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan menggelar sidang tuntutan terhadap para terdakwa Obstruction of Justice (ooj).

NEWS | 27 Januari 2023

Jadwal Perempat Final Indonesia Masters Hari Ini, Ada Jojo dan Bagas/Fikri di Awal

Aksi Jonatan Christie alias Jojo dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri bakal mengawali babak perempat final turnamen Indonesia Masters 2023.

NEWS | 27 Januari 2023

Pakar: Richard Eliezer Diperalat Ferdy Sambo

Richard Eliezer atau Bharada E, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, menyatakan dirinya diperalat mantan atasannya Ferdy Sambo.

NEWS | 27 Januari 2023

Kecelakaan Beruntun di Lintas Padang Panjang-Bukittinggi, 3 Tewas

Tiga orang tewas dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan sembilan kendaraan di Jalan Lintas Padang Panjang-Bukittinggi.

NEWS | 27 Januari 2023

PBB Ungkap Budidaya Opium di Myanmar Meningkat sejak Junta Berkuasa

PBB mengungkap adanya peningkatan signifikan dalam budidaya opium di Myanmar, setelah junta militer mengambil alih kekuasaan.

NEWS | 27 Januari 2023

LPSK: Ada Potensi Ancaman Tinggi ke Bharada E Saat Bongkar Kasus Brigadir J

LPSK menilai ada potensi ancaman tingkat tinggi yang akan dihadapi Bharada E saat hendak membongkar kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bursa Asia Dibuka Positif Mengikuti Pergerakan Wall Street

Bursa Asia Dibuka Positif Mengikuti Pergerakan Wall Street

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE