Logo BeritaSatu

Sementara, Kamala Harris Pegang Kendali Pemerintahan AS

Sabtu, 20 November 2021 | 11:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan secara singkat mengalihkan kekuasaan kepada Wakil Presiden Kamala Harris pada Jumat (19/11/2021). Seperti dilaporkan AP, Gedung Putih menyatakan Biden menjalani "kolonoskopi rutin" di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed.

Biden berkendara Jumat pagi ke pusat medis di pinggiran kota Washington untuk pemeriksaan fisik rutin pertamanya sebagai presiden. Sekretaris pers Jen Psaki mengatakan Biden akan berada di bawah anestesi selama prosedur dan akan mentransfer kekuasaan ke Harris.

“Seperti halnya ketika Presiden George W. Bush menjalani prosedur yang sama pada tahun 2002 dan 2007, dan mengikuti proses yang diatur dalam Konstitusi, Presiden Biden akan mengalihkan kekuasaan kepada Wakil Presiden untuk waktu yang singkat ketika dia dibius. Wakil Presiden akan bekerja dari kantornya di Sayap Barat selama waktu ini,” katanya.

Menurut laporan dokter, Biden, 78 tahun menjalani ujian penuh terakhirnya pada Desember 2019, ketika dokter menemukan mantan wakil presiden itu "sehat, kuat" dan "cocok untuk berhasil menjalankan tugas Kepresidenan.

Biden adalah orang tertua yang menjabat sebagai presiden, dan minat terhadap kesehatannya tinggi sejak ia mendeklarasikan pencalonannya untuk Gedung Putih pada 2019.

Sesuai dengan Amandemen ke-25 Konstitusi, Biden akan menandatangani surat kepada presiden sementara Senat dan ketua DPR yang menyatakan dia tidak dapat menjalankan tugasnya saat dibius. Kondisi Biden menjadikan Harris sebagai penjabat presiden, dan akan mengirimi mereka surat lagi setelah selesainya prosedur untuk melanjutkan tugasnya.

Harris, wanita pertama, orang kulit berwarna dan keturunan Asia Selatan yang menjadi wakil presiden, akan membuat sejarah dalam waktu singkat dia menjabat sebagai penjabat presiden.

Kevin O'Connor, yang telah menjadi dokter perawatan primer Biden sejak 2009, menulis dalam catatan tiga halaman bahwa kandidat presiden saat itu dalam kondisi baik secara keseluruhan.

Dalam laporan itu, O'Connor mengatakan bahwa sejak 2003, Biden telah mengalami episode fibrilasi atrium, sejenis detak jantung tidak teratur yang berpotensi serius tetapi dapat diobati. Pada saat itu, O'Connor mengutip daftar tes yang menunjukkan jantung Biden berfungsi normal dan satu-satunya perawatan yang dibutuhkan adalah pengencer darah untuk mencegah risiko yang paling mengkhawatirkan, pembekuan darah atau stroke.

“Biden mengalami pembiusan total pada tahun 1988, membutuhkan pembedahan untuk memperbaiki dua aneurisma otak, tonjolan lemah di arteri, salah satunya bocor. Biden tidak pernah mengalami kekambuhan,” kata dokternya, mengutip tes pada tahun 2014 yang memeriksa arterinya.

Ketika menjabat presiden, Biden membawa O'Connor kembali ke Gedung Putih untuk terus melayani sebagai dokternya. O'Connor diharapkan untuk memimpin tim ahli dalam melakukan pemeriksaan fisik Biden pada Jumat (19/11).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bruno Fernandes Dua Gol, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

Bruno Fernandes Dua Gol, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE