Logo BeritaSatu

Askrindo Syariah Gelar Literasi Penjaminan Syariah

Selasa, 23 November 2021 | 13:06 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam rangka menyambut HUT ke-9 PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah (Askrindo Syariah) menggelar rangkaian kegiatan literasi penjaminan syariah yang mengangkat tema "Inklusi Penjaminan Syariah pada Sektor UMKM di Era Digital" di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Mataram dan dihadiri langsung oleh Komisaris Utama Askrindo Syariah, Siti Ma'rifah, Direktur Utama Askrindo Syariah, Soegiharto dan Direktur Utama Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo. Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan OJK, tokoh agama, perbankan dan non perbankan syariah, serta beberapa asosiasi UMKM.

Komisaris Utama Askrindo Syariah, Siti Ma'rifah, menyatakan bahwa Askrindo Syariah selalu mendukung dan mendorong UMKM untuk terus produktif dan berjuang agar roda perekonomian tidak terhenti. Dengan konsep digitalisasinya, diharapkan dapat memudahan Mitra Bisnis dalam melakukan proses bisnisnya. Askrindo Syariah berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dalam menjamin penyaluran pembiayaan kepada pelaku UMKM serta berperan aktif dalam ekosistem syariah secara nasional.

"Peran UMKM saat ini sangat memiliki peran bagi perekonomian Nasional antara lain membuka lapangan pekerjaan yang besar, pencipta pasar baru dan penggerak inovasi namun UMKM sendiri memiliki berbagai hambatan dalam mengajses pembiayaan pada Bank ataupun lembaga keuangan non bank," tambahnya.

Direktur Utama Askrindo Syariah, Soegiharto menyampaikan, sektor UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian di Indonesia. Namun, di tengah kondisi saat ini banyak UMKM yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Selain itu, pergantian pola konsumsi masyarakat untuk barang dan jasa berubah dari offline menjadi online membuat situasi ini dirasa cukup penting untuk melakukan transformasi digital. Penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk meningkatkan literasi UMKM tentang penjaminan syariah dalam mendukung program pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) agar UMKM dapat bangkit kembali di tengah pandemi dalam era digitalisasi.

Selain itu, Soegiharto juga menyampaikan, Askrindo Syariah akan terus melakukan perubahan serta peningkatan sistem digitalisasi bagi perusahaan guna meningkatkan kecepatan dan kemudahan layanan kepada Mitra Askrindo Syariah di seluruh Indonesia.

"Saat ini kami telah melakukan implementasi Aplication Programing Interface (API) melalui Host to Host Penjaminan antara Penjamin dengan LKS, Mobile Application Non Cash Financing Askrindo Syariah, selain itu saat ini kami juga telah menerapkan host to host pengelolaan klaim dari LKS ke Askrindo Syariah atas dua hal yaitu pengiriman kelengkapan dokumen pengajuan klaim serta registrasi klaim yang telah diajukan," ujarnya.

Dirinya melanjutkan, saat ini Askrindo Syariah saat ini telah menggunakan digital signature bekerja sama dengan Peruri, serta telah menerbitkan sertifikat penjaminan dengan menggunakan E-Polis, sehingga nasabah dapat dilayani dengan lebih secure dan cepat. Selain itu, Askrindo Syariah juga memiliki layanan lainnya seperti Online System Application (OSA) dan host to host untuk memberikan kenyamanan bagi mitra bisnis. Hingga saat ini, Askrindo Syariah telah memiliki 16 kantor cabang serta 17 Kantor Perwakilan Pemasaran yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dirinya melanjutkan, capaian yang telah diraih oleh Askrindo Syariah beberapa tahun terakhir antara lain, Penghargaan Penjaminan KUR Syariah, Emerging State Owned Enterprises, Business Performance Excellence Award serta Indonesia Creativity and Best Leader Award. Saat ini penjaminan syariah berperan dalam mendukung pembiayaan pada UMKM dengan memberikan jaminan atas resiko kegagalan pembiayaan pada UMKM.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Warga Lereng Semeru Mengungsi Akibat Luncuran Awan Panas

Sebagian warga yang berada di kawasan zona merah erupsi Gunung Semeru mengungsi ke sejumlah lokasi. Hal itu karena Gunung Semeru meletus.

NEWS | 4 Desember 2022

Polisi Gerebek Kantor Pinjol Ilegal Berkedok Koperasi

Polda Metro Jaya bekerja sama dengan tim Subdit Siber Polda Sulawesi Utara, membongkar aktivitas pinjol ilegal yang berkedok sebagai koperasi.

NEWS | 4 Desember 2022

Bus Masuk Jurang di Magetan, 7 Meninggal Dunia

Sebuah bus masuk jurang di Magetan, Jawa Timur, tujuh orang meninggal dunia, belasan penumpang lainnya luka-luka.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Net89, Bareskrim Maksimalkan Sita Aset Tersangka

Bareskrim Polri hingga saat ini masih memaksimalkan penyitaan aset milik tujuh tersangka pada kasus Net89

NEWS | 4 Desember 2022

Pesawat Gagal Take Off di Jambi, Lion Air Siapkan Pengganti

Lion Air menyiapkan pesawat pengganti setelah JT601 tujuan Jambi-Jakarta yang dijadwalkan terbang pukul 06.00 WIB mengalami gagal lepas landas.

NEWS | 4 Desember 2022

Kendaraan Berat Terus Melintas, Jembatan Cikereteg di Bogor Rawan Ambrol

Jembatan Cikereteg di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor rawan ambrol dan diperparah dengan tetap melintasnya kendaraan berat di atasnya.

NEWS | 4 Desember 2022

Erupsi Semeru, Warga Dilarang Beraktivitas Hingga 13 Km dari Puncak

BPBD Lumajang meminta masyarakat tak beraktivitas di lereng tenggara sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

NEWS | 4 Desember 2022

Berkah Pernikahan Kaesang-Erina, Hotel di DIY Full Booked

Reservasi untuk hotel-hotel di DIY sudah mendekati 100% alias full booked menjelang hari pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gundono.

NEWS | 4 Desember 2022

Menikah, 2 Sejoli Korban Gempa Cianjur Tak Pikirkan Malam Pertama

Dua sejoli menikah di tengah suasana duka akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Mereka pun tidak memikirkan malam pertama.

NEWS | 4 Desember 2022

Wabup Lumajang Minta Warga di Zona Merah Semeru Dikosongkan

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati meminta semua warga yang berada di zona merah erupsi dan awan panas guguran Gunung Semeru dikosongkan

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Statistik Menarik Jelang Prancis vs Polandia

Piala Dunia 2022: Statistik Menarik Jelang Prancis vs Polandia

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE