Logo BeritaSatu

ISED: Dunia Digital Terus Berkembang, Masyarakat Harus Cakap

Selasa, 23 November 2021 | 23:20 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Perkembangan digitalisasi, gaya hidup, dan ekonomi digital di Indonesia kian hari makin pesat dan merata. Data firstsideguide.com menyebutkan, Indonesia kini masuk 10 besar negara dengan jumlah startup terbanyak, mencapai 2.198.

Menurut Founder Institute of Social Economic Digital (ISED) Sri Adiningsih, digitalisasi ke depan masuk ke segala lini kehidupan. Bahkan perkembangan dalam satu dekade akan meningkat hingga lima kali. "Sebab itu, seluruh orang harus cakap terhadap perkembangan digital,” kata Founder Institute of Social Economic Digital (ISED) Sri Adiningsih dalam webinar Ngobral (Ngobrol Digital dengan tema Cakap Digital Hindari Disinformasi, Selasa (23/11/2021).

Advertisement

Acara yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun kedua ISED tersebut menghadirkan Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendi, Menkominfo Johnny G Plate, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga.

Hadir pula Kepala Mutimedia Divhumas Polri Brigjen Pol Muharrom Riyadi, pakar pendidikan karakter Ratna Megawangi, Ketua YLKI Tulus Abadi dan sejumlah nara sumber lain dari berbagai sektor.

Sri Adiningsih menjelaskan, melihat perkembangan tersebut setiap orang harus mampu adaptif terhadap digitalisasi. Di sektor ekonomi, ekonomi internet diperkirakan tumbuh 49% dari 2020 ke 2021. Dia memproyeksikan bahwa gaya hidup online masih akan berlanjut pada masa mendatang dan akan terus berkembang.

"Akan tetapi saat ini ada sejumlah tantangan yang dihadapi yakni terkait keamanan data dan keamanan bertransaksi ekonomi," jelas guru besar UGM ini.

Masa Depan
Founder ISED lainnya, Rudiantara menambahkan, di masa depan teknologi dan manusia akan saling melengkapi, sejalan dengan konsep society 5.0 yaitu manusia sebagai pusat (a human-centered society). Sehingga, diharapkan arah pembangunan manusia ke depan, digitalisasi dapat meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan tetap mengedepankan manusia sebagai pusat pengendali yang tak dapat tergantikan oleh kecanggihan teknologi digital mana pun.

“Pengembangan SDM penting untuk ditingkatkan baik dari sisi kompetensi, kecakapan dan potensinya karena SDM akan menjadi bagian utama dalam pertumbuhan bangsa di masa depan,” katanya.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan, ada pelajaran yang bisa diambil dari pandemi yang terjadi saat ini. Pandemi memberikan ruang akselerasi transformasi digital dan mendorong migrasi aktivitas fisik ke digital.

Dikatakan Johnny, penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah hal mutlak dilakukan. Dia juga tidak memungkiri apabila dalam perkembanganya sektor digital memiliki banyak tantangan. Oleh karena itu, lanjut dia, pemerintah harus hadir menyiapkan pembangunan perkembangan digital.

“Karena ada keluhan itulah maka Kominfo harus hadir untuk memastikan penyebaran digital merata di Tanah Air dan tidak hanya di kawasan komersial saja,” ungkap Menkominfo.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Jokowi Semadi hingga Serial Killer Wowon

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersemadi, kasus serial killer Wowon Cs, dan kasus mahasiswi ditabrak mobil diduga rombongan polisi menjadi berita terpopuler.

NEWS | 27 Januari 2023

BMKG Ingatkan Pemda Waspada Karhutla

BMKG mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk waspada dan siap-siaga menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

NEWS | 27 Januari 2023

Menag Minta Dana Pengembangan Madrasah Dikelola Profesional

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta dana pengembangan madrasah dikelola profesional dan hati-hati.

NEWS | 27 Januari 2023

Hakim Dinilai Layak Kurangi Hukuman Richard Eliezer

Hakim layak memberikan keringanan hukum kepada terdakwa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Sidang Obstruction of Justice Hari Ini, Hendra Kurniawan Cs Hadapi Tuntutan

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan menggelar sidang tuntutan terhadap para terdakwa Obstruction of Justice (ooj).

NEWS | 27 Januari 2023

Jadwal Perempat Final Indonesia Masters Hari Ini, Ada Jojo dan Bagas/Fikri di Awal

Aksi Jonatan Christie alias Jojo dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri bakal mengawali babak perempat final turnamen Indonesia Masters 2023.

NEWS | 27 Januari 2023

Pakar: Richard Eliezer Diperalat Ferdy Sambo

Richard Eliezer atau Bharada E, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, menyatakan dirinya diperalat mantan atasannya Ferdy Sambo.

NEWS | 27 Januari 2023

Kecelakaan Beruntun di Lintas Padang Panjang-Bukittinggi, 3 Tewas

Tiga orang tewas dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan sembilan kendaraan di Jalan Lintas Padang Panjang-Bukittinggi.

NEWS | 27 Januari 2023

PBB Ungkap Budidaya Opium di Myanmar Meningkat sejak Junta Berkuasa

PBB mengungkap adanya peningkatan signifikan dalam budidaya opium di Myanmar, setelah junta militer mengambil alih kekuasaan.

NEWS | 27 Januari 2023

LPSK: Ada Potensi Ancaman Tinggi ke Bharada E Saat Bongkar Kasus Brigadir J

LPSK menilai ada potensi ancaman tingkat tinggi yang akan dihadapi Bharada E saat hendak membongkar kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Hari Ini Dibuka Menguat, Mampukah Bertahan di 6.900?

IHSG Hari Ini Dibuka Menguat, Mampukah Bertahan di 6.900?

EKONOMI | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE