Logo BeritaSatu

Presiden Baru Interpol Terlibat Pelanggaran HAM di UEA

Jumat, 26 November 2021 | 08:41 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Istanbul, Beritasatu.com- Presiden baru Interpol dituduh pernah melakukan penyiksaan yang dikategorikan pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Jenderal polisi Uni Emirat Arab (UEA) bernama Ahmed Nasser Al Raisi terpilih sebagai Presiden Interpol pada Kamis (25/11/2021).

Penunjukan Al Raisi itu menyusul dana besar dari UEA untuk badan yang berbasis di Lyon, Prancis. Di sisi lain, ada tuduhan bahwa Abu Dhabi telah menyalahgunakan sistem Interpol yang disebut "pemberitahuan merah" bagi para tersangka untuk menganiaya pembangkang politik.

Advertisement

“Jenderal Emirat Ahmed Nasser Al Raisi terpilih setelah tiga putaran pemungutan suara. Dia menerima 68,9% suara yang diberikan oleh negara-negara anggota,” bunyi pernyataan Interpol.

Setelah pemilihan presiden Interpol, Raisi mencuit bahwa dia akan membangun organisasi yang lebih transparan, beragam, dan tegas yang bekerja untuk memastikan keamanan bagi semua.

Namun, Raisi tidak menanggapi tuduhan itu, tetapi mengatakan UEA telah menjadi salah satu negara teraman di dunia.

Keluhan "penyiksaan" diajukan terhadap jenderal Emirat dalam beberapa bulan terakhir di Prancis dan Turki, yang menjadi tuan rumah sidang umum Interpol di Istanbul minggu ini.

Raisi, kepala pasukan keamanan UEA, akan mengambil peran sukarela sebagian besar seremonial dan paruh waktu untuk masa jabatan empat tahun.

Sekretaris Jenderal Interpol Juergen Stock menangani organisasi sehari-hari. Dia diangkat untuk masa jabatan lima tahun kedua pada 2019.

Kim Jong-yang dari Korea Selatan adalah presiden sejak penangkapan pendahulunya Meng Hongwei pada 2018 di Tiongkok, saat ia menjabat sebagai wakil menteri keamanan publik.

Satu-satunya kandidat lain untuk jabatan itu adalah Sarka Havrankova dari Republik Ceko, seorang perwira veteran yang mengawasi kerja sama internasional Ceko dalam masalah kepolisian.

Penunjukan lain untuk komite eksekutif Interpol pada Kamis (25/11) yakni pejabat keamanan publik senior Tiongkok, Hu Binchen, juga memicu kemarahan.

Tiongkok mendapat kecaman yang meningkat dari kelompok hak asasi dan beberapa pemerintah di tengah klaim bahwa tindakan terhadap Uyghur dan kelompok minoritas lainnya di wilayah barat laut Xinjiang sama dengan genosida.

Kelompok hak asasi Kongres Uyghur Dunia menggambarkan pemilihan itu sebagai "sangat mengecewakan".

Dalam satu surat bulan ini, 50 anggota parlemen dari 20 negara yang tergabung dalam Inter-Parliamentary Alliance on China (IPAC) memprotes pencalonannya.
Parlemen memperingatkan pemilihannya akan memiliki "konsekuensi besar bagi keselamatan dan kesejahteraan aktivis hak asasi manusia Tiongkok, Hong Kong, Taiwan dan Tiongkok yang tinggal di luar China serta diaspora Tibet dan Uyghur".



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

NEWS | 26 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE