Logo BeritaSatu

Pemerintah Ceko Perintahkan Bar dan Restoran Tutup Lebih Awa

Jumat, 26 November 2021 | 11:33 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Praha, Beritasatu.com- Pemerintah Ceko pada Kamis (25/11/2021) memerintahkan bar dan klub tutup pada pukul 10 malam. Seperti dilaporkan Reuters, otoritas juga melarang pasar Natal dalam upaya membendung salah satu tingkat infeksi virus corona tertinggi di dunia.

Pembatasan baru juga mencakup kehadiran maksimum 1.000 orang di acara budaya dan olahraga, menghentikan karantina wilayah besar-besaran di negara tetangga Austria dan Slovakia, di mana tingkat infeksi bahkan lebih tinggi.

Hanya beberapa jam setelah pembatasan baru diumumkan, kantor kepresidenan menyatakan Presiden Milos Zeman dibawa ke rumah sakit setelah dites positif terinfeksi Covid-19. Meskipun demikian, media lokal melaporkan pemimpin berusia 77 tahun itu tidak menunjukkan gejala.

Kejadian terjadi kurang dari setengah hari setelah Zeman meninggalkan rumah sakit setelah menjalani perawatan selama 46 hari untuk kondisi kronis yang tidak terkait.

Ceko mencatat lebih dari 25.000 kasus baru, satu rekor, pada hari Selasa, dan rata-rata 1.516 kasus Covid-19 harian per juta penduduk selama seminggu terakhir. Menurut Our World in Data, kasus Ceko tertinggi ketiga di dunia di belakang Slovakia dan Austria.

Menteri Kesehatan Adam Vojtech mengatakan infeksi harian dan penerimaan rumah sakit kemungkinan akan meningkat lebih lanjut, tetapi pemerintah berharap langkah-langkah baru akan mencegah perlunya pembatasan yang lebih ketat.

Pembatasan pub dan acara datang di atas pembatasan sebelumnya yang telah melarang orang yang belum divaksinasi atau pulih dari Covid-19 dari tempat-tempat termasuk pub, restoran, bioskop, penata rambut, dan pusat kebugaran.

“Mari kita tunggu 10 hari dan kemudian kita berpotensi dapat menyesuaikan langkah-langkahnya,” kata Vojtech setelah pemerintah mengumumkan keadaan darurat 30 hari untuk menerapkan langkah-langkah tersebut.

Banyak rumah sakit telah membatalkan perawatan tidak mendesak untuk menyediakan kapasitas bagi pasien virus corona, dan beberapa rumah sakit, terutama di tenggara negara itu dekat perbatasan dengan Slovakia dan Austria, melaporkan kebanjiran pasien.

Helikopter dan bus ambulans khusus membawa 19 pasien pada hari Kamis dari kota timur Brno ke rumah sakit di ibukota Praha, 200 km jauhnya. Rumah Sakit Universitas Praha Motol mengambil tujuh dari pasien tersebut.

“Kami sekarang memiliki 110 pasien, sekitar setengah dari mereka dalam kondisi serius atau setengah serius dan dua pertiga dari mereka tidak divaksinasi,” kata Direktur Motol Miroslav Ludvik kepada wartawan.

Perdana Menteri Andrej Babis mengatakan pemerintah mendukung vaksinasi Covid-19 wajib orang berusia di atas 50 atau 60 tahun serta profesi tertentu, dan itu dapat disetujui minggu depan. Namun kewenangan akan diserahkan ke pemerintahan baru dalam beberapa minggu.

Namun, pemerintah yang akan datang telah berbicara menentang mandat vaksin. Republik Ceko telah memvaksinasi 58,5% dari total populasi. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa, tingkat vaksinasi Ceko masih di bawah rata-rata UE 65,8%.

Data kementerian kesehatan menunjukkan bahwa 70% pasien yang dalam perawatan intensif tidak divaksinasi. Data menunjukkan ada hampir 6.000 pasien virus corona di rumah sakit dan sekitar 850 dalam perawatan intensif.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Didominasi XBB dan BQ.1

Kasus positif Covid-19 selama satu minggu ini mengalami penurunan meski di 12 provinsi justru terjadi peningkatan.

NEWS | 2 Desember 2022

Lebih 200 WNI Pemetik Buah di Inggris Terkatung-katung dan Terbelit Utang

Lebih dari 200 WNI yang bekerja memetik buah di Inggris hidup terkatung-katung dan terbelit utang hingga ratusan juta rupiah.

NEWS | 2 Desember 2022

Suara Bulat, Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dengan suara bulat, tanpa lewat voting.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemberhentian dengan Hormat Jenderal Andika Perkasa Disetujui

Komisi I DPR menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

Bareskrim Polri menyatakan tidak menyampaikan hasil gelar perkara kasus tambang ilegal untuk kepentingan investigasi selanjutnya.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Gempa Susulan di Cianjur Terjadi 373 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 373 kali hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) sore.

NEWS | 2 Desember 2022

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Penghargaan ini diserahkan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi.

NEWS | 2 Desember 2022

Zulhas: PAN Pertimbangkan Aspirasi Dukung Ganjar untuk 2024

Zulhas menampung aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PAN di Pemilu Presiden 2024.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 29.989 Unit

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) mencapai 29.989 unit.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemilu 2024, Yudo Margono Pastikan TNI Bakal Netral

Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa TNI akan tetap netral pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Stephanie Frappart, Wanita Pertama Pimpin Laga Piala Dunia

Stephanie Frappart, Wanita Pertama Pimpin Laga Piala Dunia

SEMESTA BOLA 2022 | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE