Logo BeritaSatu

AirNav Dukung Pengembangan KEK Likupang

Minggu, 28 November 2021 | 18:17 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Manado, Beritasatu.com - AirNav Indonesia berkomitmen mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara (Sulut). Dukungan tersebut antara lain dalam bentuk pelayanan navigasi penerbangan.

“Peran AirNav dalam mendukung KEK Likupang sebagai destinasi pariwisata super prioritas, khususnya dalam pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Sam Ratulangi, Manado,” kata Manajer Humas AirNav Indonesia, Yohanes Hary Douglas Sirait, Minggu (28/11/2021).

Diketahui, pemerintah sudah menetapkan lima destinasi super prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. KEK Likupang merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) super prioritas yang dikembangkan di lahan seluas 197,4 hektare di Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur.

Pada Kamis (15/11/2021), Yohanes meninjau menara AirNav di Bandara Sam Ratulangi. Yohanes mengatakan Bandara Sam Ratulangi menjadi akses masuk yang potensial bagi wisatawan maupun investor ke KEK Likupang. Sebab, jaraknya hanya sekitar 33 km ke KEK Likupang dengan waktu tempuh 1 jam.

Yohanes mengatakan AirNav menyediakan slot penerbangan. Saat ini traffic penerbangan harian di Manado masih di kisaran 35-45 penerbangan, sedangkan sebelum pandemi mencapai 80 penerbangan. “Dengan masih banyaknya slot penerbangan yang tersedia, maka AirNav Indonesia siap memberikan pelayanan navigasi penerbangan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Manado,” kata Yohanes.

Lebih lanjut disampaikan, AirNav memberikan dukungan terhadap sport tourism, khususnya paralayang. Yohanes menyampaikan ada banyak spot paralayang di Manado. “AirNav berkoordinasi dengan seluruh stakeholder penerbangan termasuk FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) dan pembuatan LOCA (Letter of Operational Coordination Agreement),” ujarnya.

Adapun tujuan pembuatan LOCA ini agar sport tourism dapat berjalan sekaligus keselamatan penerbangan juga terjaga. Hingga saat ini, sudah ada tiga LOCA yang diterbitkan. Yohanes menambahkan, Airnav Indonesia juga menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berupa 7 unit gazebo yang akan ditempatkan di pinggir Pantai Kinunang-Likupang.

Program tersebut bekerja sama dan berkolaborasi dengan kepala Dinas Pariwisata Sulut, bupati dan wakil bupati Minut, PT Perkebunan Nusantara XIV, dan masyarakat sekitar pantai

Meningkat
Yohanes menyebut traffic penerbangan di Bandara Sam Ratulangi cenderung meningkat pada 2021. Pada Oktober 2021, angkanya mencapai 1.019 penerbangan, meningkat dari level terendah pada Agustus 2021 sejumlah 542 penerbangan. Diperkirakan, tren penerbangan di Bandara Sam Ratulangi akan terus meningkat ke level sebelum pandemi Covid-19.

Yohanes menambahkan pada Januari 2020, sebelum Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi oleh pemerintah pada Maret 2020, jumlah traffic di Bandara Sam Ratulangi mencapai 2.059 penerbangan. Yohanes menyatakan AirNav optimistis hal itu berpotensi kembali ke atas 2.000 penerbangan sebulan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE