Logo BeritaSatu

Varian Omicron, Afsel Peringatkan Gelombang Ke-4 Corona

Senin, 29 November 2021 | 08:01 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Johannesburg, Beritasatu.com- Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa memperingatkan bahaya gelombang keempat saat Omicron menyebar ke semua provinsi.

"Identifikasi Omicron bertepatan dengan peningkatan infeksi Covid-19 yang tiba-tiba. Jika kasus terus meningkat, kita dapat mengharapkan untuk melihat gelombang infeksi keempat dalam beberapa minggu ke depan, jika tidak lebih cepat," kata Ramaphosa dalam pidatonya yang disiarkan televisi di Minggu (28/11/2021), seperti dilaporkan Xinhua.

Advertisement

Pidato Ramaphosa kepada bangsa Afrika Selatan (Afsel) menyusul pertemuan Dewan Komando Coronavirus setelah para ilmuwan baru-baru ini menemukan varian baru.

“Kami melihat rata-rata 1.600 kasus baru dalam 7 hari terakhir, dibandingkan dengan hanya 500 kasus harian baru pada minggu sebelumnya, dan 275 kasus harian baru pada minggu sebelumnya. Proporsi tes Covid-19 yang positif meningkat. dari sekitar 2 persen menjadi 9 persen dalam waktu kurang dari seminggu. Ini adalah peningkatan infeksi yang sangat tajam dalam waktu singkat," kata presiden.

"Kami tahu bahwa varian tersebut bertanggung jawab atas sebagian besar infeksi yang ditemukan di Gauteng dalam dua minggu terakhir dan sekarang muncul di semua provinsi lain," tambahnya.

Mengingat sejauh ini hanya 35% dari populasi orang dewasa yang telah divaksinasi Covid-19 lengkap dan masih banyak keraguan untuk memvaksinasi, Ramaphosa mengumumkan kelompok kerja telah dibentuk untuk membahas kemungkinan membuat vaksin wajib untuk mengakses tempat-tempat umum seperti angkutan umum, tempat kerja, acara umum dan fasilitas umum.

"Pemerintah telah membentuk kelompok kerja yang akan berkonsultasi secara luas tentang pengenalan vaksinasi wajib di kegiatan dan tempat tertentu," katanya.

Gugus tugas akan melapor kepada Komite Antar-Kementerian untuk Imunisasi, yang diketuai oleh Wakil Presiden David Mabuza, yang akan membuat rekomendasi kepada Kabinet.

Mabuza mengatakan alat pertama dan paling kuat yang dimiliki umat manusia adalah vaksinasi Covid-19.

“Vaksinasi sejauh ini merupakan cara paling penting untuk melindungi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda dari varian Omicron, untuk mengurangi dampak gelombang keempat dan membantu memulihkan kebebasan sosial yang kita semua dambakan. Vaksinasi juga penting untuk mengembalikan ekonomi kita ke operasi penuh, untuk dimulainya kembali perjalanan dan untuk pemulihan sektor-sektor yang rentan seperti pariwisata dan perhotelan,” katanya.

Ramaphosa mengatakan virus Covid-19, seperti semua virus, memang bermutasi dan membentuk varian baru. Kemungkinan munculnya varian bentuk yang lebih parah meningkat secara signifikan di mana orang tidak divaksinasi.

“Itulah sebabnya kami bergabung dengan banyak negara, organisasi, dan orang-orang di seluruh dunia yang telah berjuang untuk akses yang sama ke vaksin untuk semua orang,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PDUI Minta Masyarakat Bijak Pilih Kemasan Pangan

PDUI meminta masyarakat agar lebih bijak memilih kemasan pangan yang aman untuk menghindari bahaya keracunan EG dan DEG.

NEWS | 29 Januari 2023

Tandan Pisang Setinggi 2 Meter Hebohkan Warga Kudus

Warga di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dibuat heboh dengan adanya tandan pisang yang menjulur dari atas sampai ke bawah setinggi 2 meter.

NEWS | 29 Januari 2023

Jembatan Putus, 4 Anggota TNI dan Polri Hilang di Sungai Digoel Papua

Tiga anggota Polri dan satu anggota TNI dikabarkan hilang di Sungai Digoel, Distrik Iwur Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jalur Semarang-Grobogan Ambles Sepanjang 25 Meter

Jalur utama yang menghubungkan antara Kabupaten Grobogan dengan Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Gubug, Grobogan, ambles.

NEWS | 29 Januari 2023

7 Pelaku Perusakan Bus Persis Solo Ditangkap Polisi

Polres Tangerang Selatan menangkap tujuh suporter yang diduga pelaku perusakan bus Persis Solo usai pertandingan melawan Persita Tangerang, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Masuki Peralihan Musim, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca pada saat peralihan musim.

NEWS | 29 Januari 2023

Pura-pura Hendak Salat Duha, Pasangan Suami Istri Curi Kotak Amal Terekam CCTV

Pasangan suami istri yang berpura pura hendak menjalankan salat Duha terekam kamera pengawas CCTV mencuri uang dalam kotak amal masjid.

NEWS | 29 Januari 2023

Serahkan Diri, Sopir Audi Tersangka Penabrak Mahasiswi Cianjur Diperiksa Polisi

Sopir Audi A6 berinisial SG, tersangka kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswi Cianjur, Selvi Amalia Nuraini sedang diperiksa Polres Cianjur. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Tiga Hari ke Depan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah DKI Jakarta berpotensi diguyur hujan lebat selama tiga hari ke depan.

NEWS | 29 Januari 2023

Banjir di Jalan Bangun Nusa Raya Cengkareng karena Drainase Buruk

Banjir yang kerap melanda Jalan Bangun Nusa Raya, Cengkareng, Jakarta Barat disebabkan sistem drainase yang buruk.  

NEWS | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

EKONOMI | 31 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE