Logo BeritaSatu

Kota Termahal di Dunia 2021, Posisi Paris Tergeser

Rabu, 1 Desember 2021 | 10:25 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

New York, Beritasatu.com - Economist Intelligence Unit (EIU) pada Rabu (1/12/2021) baru saja merilis daftar kota termahal di dunia, dengan biaya hidup tinggi di tahun 2021. Di mana satu kota telah mengalami perubahan yang lebih cepat daripada kebanyakan kota lainnya, melompat dari peringkat kelima ke peringkat pertama dalam indeks Biaya Hidup Sedunia tahun ini.

Kota Tel Aviv di Israel menduduki peringkat pertama untuk pertama kalinya, menyalip pemimpin tahun lalu Paris, yang sekarang berada di posisi kedua dengan Singapura.

Advertisement

EIU mengaitkan kenaikan tajam Tel Aviv pada indeks dengan kenaikan harga bahan makanan dan transportasi dan kekuatan shekel Israel terhadap dolar AS.

Indeks Biaya Hidup Sedunia 2021 melacak biaya hidup di 173 kota global, 40 lebih banyak dari tahun lalu, dan membandingkan harga dari lebih 200 produk dan layanan sehari-hari.

Data survei yang telah dilakukan selama lebih dari tiga dekade ini dikumpulkan oleh tim peneliti global EIU setiap bulan Maret dan September.

Indeks ini membandingkan dengan harga di Kota New York, sehingga kota-kota dengan mata uang yang lebih kuat terhadap dolar AS kemungkinan akan muncul lebih tinggi dalam peringkat.

Zurich dan Hong Kong masing-masing berada di posisi empat dan lima, setelah memegang posisi teratas tahun lalu bersama Paris. New York, Jenewa, Kopenhagen, Los Angeles, dan Osaka melengkapi 10 besar lainnya.

Peringkat-peringkat atas terus didominasi oleh kota-kota maju di Eropa dan Asia. Sedangkan kota-kota dengan peringkat terendah, utamanya di Timur Tengah, Afrika dan bagian Asia yang kurang kaya.

EIU melaporkan bahwa, rata-rata, harga barang dan jasa yang tercakup dalam indeks telah meningkat sebesar 3,5% YoY dalam mata uang lokal, dibandingkan dengan peningkatan hanya 1,9% kali ini tahun lalu.

Masalah rantai pasokan global yang banyak dilaporkan telah berkontribusi pada kenaikan harga dan pandemi Covid-19 serta pembatasan sosial masih memengaruhi produksi dan perdagangan di seluruh dunia. Dengan varian Covid-19 baru yang saat ini menyebabkan kekhawatiran yang meluas, masalah ini tidak akan hilang dengan cepat.

Naiknya harga minyak mendorong kenaikan 21% dalam harga bensin tanpa timbal, lapor EIU, tetapi ada juga kenaikan harga yang besar dalam kategori rekreasi, tembakau dan perawatan pribadi.

Kota dengan peningkatan tertinggi pada tahun 2021 adalah Kota Teheran di Iran, yang melonjak 50 peringkat dari posisi sebelumnya79 ke-29 karena sanksi AS mengakibatkan kekurangan dan harga barang menjadi lebih tinggi.

Kota Damaskus Suriah sekali lagi menempati peringkat sebagai kota termurah di dunia, karena ekonominya yang dilanda perang. Damaskus dan Teheran menderita inflasi yang sangat tinggi pada tahun 2021, seperti halnya Caracas di Venezuela dan Buenos Aires di Argentina.

Upasana Dutt, kepala Worldwide Cost of Living di EIU, mengatakan dalam sebuah pernyataan."Meskipun sebagian besar ekonomi di seluruh dunia sekarang pulih ketika vaksin Covid-19 diluncurkan, banyak kota besar masih melihat lonjakan kasus, yang mengarah ke pembatasan sosial. Ini telah mengganggu pasokan barang, yang menyebabkan kelangkaan dan harga yang lebih tinggi”.

10 Besar Kota Termbahal Dunia 2021
1. Tel Aviv, Israel
2. Paris, Prancis
2. Singapura
4. Zurich, Swiss
5. Hong Kong
6. Kota New York, AS
7. Jenewa, Swiss
8. Kopenhagen, Denmark
9. Los Angeles, AS
10. Osaka, Jepang



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

AKBP (Purn) Eko Setia Siap Hadapi Laporan Keluarga Hasya

AKBP (Purn) Eko Setia Budi Wahono siap menghadapi laporan yang dibuat keluarga almarhum mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Hasya Attalah Syahputra.

NEWS | 7 Februari 2023

Kitchen Lab Ekstasi di Johar Baru Pasarkan Produk di Jakarta dan Sekitarnya

Polri berhasil mengungkap kitchen lab ekstasi di permukiman padat penduduk Johar Baru, Jakarta Pusat.

NEWS | 7 Februari 2023

Menginjak 100 Tahun, NU Siap Menuju Kebangkitan Baru

Nahdlatul Ulama (NU) hari ini menggelar resepsi puncak hari lahir ke-100 tahun yang diselenggarakan di Sidoarjo, Jawa Timur.

NEWS | 7 Februari 2023

Kitchen Lab Ekstasi di Johar Baru Beli Bahan Baku secara Online

Bareskrim Polri membongkar adanya kitchen lab yang memproduksi butir ekstasi di Johar Baru. Kitchen lab ini diketahui membeli bahan baku secara online.

NEWS | 7 Februari 2023

Banser Bawa Lagu ‘We Will Rock You’, Jokowi: Sekarang Sudah Senang Queen

Presiden Jokowi kagum dengan penampilan drumband Banser yang membawakan lagu 'We Will Rock You' dari grup band Queen.

NEWS | 7 Februari 2023

1 Abad NU, Jokowi: Nahdliyin Layak Berkontribusi untuk Dunia

Jokowi mengatakan, sebagai organisasi Islam terbesar di dunia yang telah berumur 1 abad, NU (Nahdlatul Ulama) layak berkontribusi kepada dunia.

NEWS | 7 Februari 2023

Kapolda Benarkan Pesawat Susi Air Dibakar oleh KKB Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri membenarkan pesawat Susi Air dibakar Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

NEWS | 7 Februari 2023

Operasi Keselamatan Jaya 2023, Polda Metro Kerahkan 2.939 Personel

Polda Metro Jaya mengerahkan 2.939 personel dalam Operasi Keselamatan Jaya 2023 pada 7-20 Februari 2023.

NEWS | 7 Februari 2023

Kasus Lukas Enembe, KPK Benarkan Geledah Kantor Dinas PU Papua

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar penggeledahan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Papua hari ini, Selasa (7/2/2023) terkait Lukas Enembe

NEWS | 7 Februari 2023

Naik Signifikan, 2.559 Industri Tertarik Kolaborasi dengan SMK

Minat industri berkolaborasi dengan SMK melalui program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan (SMK PK SPD) Tahun 2023 meningkat 

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ungkap Hasil Biopsi, Nunung Positif Kanker Payudara Stadium Awal

Ungkap Hasil Biopsi, Nunung Positif Kanker Payudara Stadium Awal

LIFESTYLE | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE