Logo BeritaSatu

Ini Arahan Jokowi Hadapi Varian Omicron

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:28 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan kepada jajaran menterinya untuk menghadapi varian baru Covid-19, yakni Omicron.

“Ya tadi pagi, bapak presiden memanggil beberapa menteri yang terkait. Ada Menteri Koordinator Marves, Menko Perekonomian, Menlu diwakili Wamen dan ada beberapa menteri lain, yang secara spesifik membahas Omicron,” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Pratikno mengungkapkan Presiden Jokowi meminta seluruh jajaran kementerian belajar dari pengalaman sejumlah negara yang menghadapi varian Omicron. Arahan yang diberikan Jokowi adalah pemerintah bersama masyarakat harus waspada dan siap siaga terhadap penyebaran virus ini.

“(Arahannya) selalu waspada, selalu waspada. Kita juga belajar dari beberapa negara lain yang mengenai adanya kasus ini. Tapi intinya bahwa kita harus selalu waspada, selalu standby. Jadi semua yang kapasitas yang ada selalu siaga dan dalam waktu dekat nanti akan ada penjelasan lebih lanjut dari menko terkait,” ujar Pratikno.

Selain harus waspada, arahan lain presiden, lanjut Pratikno, adalah selalu mengikuti dinamika perkembangan Covid-19 di lapangan serta reaksi cepat terhadap kemungkinan penularan virus, termasuk virus varian baru dan kecepatan vaksinasi.

“Beliau juga pada akhir minggu lalu, secara khusus mengadakan rapat mengenai percepatan vaksinasi. Karena kita juga akan mendapatkan tambahan stok vaksin. Selain kecepatan vaksinasi, juta protokol kesehatan tetap dijaga kewaspadaannya, kecepatan bereaksi seandainya ada masalah terus dilakukan,” terang Pratikno.

Selanjutnya, Presiden Jokowi meminta seluruh rumah sakit siaga untuk menghadapi kasus varian Omicron di Indonesia.

“Tadi beliau juga bertanya, seandainya ada kasus, bagaimana rumah sakit darurat itu diaktifkan. Semua menyatakan tetap siaga. Jadi kita tetap siaga,” ungkap Pratikno.

Terkait pernyataan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa yang mengatakan sangat kecewa dengan penutupan sementara, yang dia sebut tidak bisa dibenarkan dan meminta supaya larangan segera dicabut, Pratikno mengatakan permasalahan itu sudah ditangani Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

“Sudah ditangani Menlu soal itu. Sudah ditangani Menlu,” tegas Pratikno.

Diketahui, Indonesia, Inggris, AS, dan Uni Eropa termasuk negara-negara yang telah melarang perjalanan dari negara-negara Afrika bagian selatan karena varian baru ini. Omicron telah dikategorikan sebagai variant of concern atau varian yang perlu diperhatikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenazah Pelaku Bom Astana Anyar Diautopsi di RS Bhayangkara Sartika Asih

Jenazah Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar atau bom Astana Anyar diautopsi di RS Bhayangka Sartika Asih, Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Kutuk Bom Bunuh Diri Bandung, Eks Napiter: Tidak Sesuai Ajaran Islam

Mantan narapidana terorisme (napiter), Muchtar Daeng Lau mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE