Logo BeritaSatu

Bogor Akan Bangun Sumur Resapan di Kawasan Puncak

Kamis, 2 Desember 2021 | 22:05 WIB
Oleh : Vento Saudale / BW

Bogor, Beritasatu.com - Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, membereskan permasalahan Ciliwung sebagai asal banjir Jakarta tidak bisa dilakukan sendiri. Anggaran disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pun terbatas dalam upaya pencegahan banjir. Salah satu cara mencegah banjir, adalah membangun sumur resapan di Puncak.

"Penanganan sungai tidak bisa sendiri. Harus kolaborasi antarwilayah. Komandonya dari pusat, sehingga penanganannya lebih terarah dan terukur," kata Ade, Kamis (2/12/2021).

Advertisement

Ade menerangkan, DKI Jakarta adalah salah satu pihak yang sangat berkepentingan dengan kawasan Puncak. Pemprov DKI juga harus turun, karena dampaknya dari Puncak pasti ke Jakarta. Pemkab Bogor minta juga DKI Jakarta agar berperan terhadap pelestarian lingkungan.

Upaya penyelamatan kawasan hulu Puncak, lanjut Ade, saat ini lebih masif. Hingga akhir 2021, sebanyak 50.000 pohon dapat ditanam dan sebanyak 500 sumur resapan dapat disiapkan.

Ade menambahkan, wilayah Puncak terdiri dari Kecamatan Ciawi, Megamendung, dan Cisarua. Kebutuhan kawasan hijaunya seharusnya 55%, tetapi seiring berkembangnya kawasan Puncak, sulit sekali untuk sampai 50%.

"Yang hak guna bangunan habis, tidak terawat, tidak dipelihara, telantar, harus cepat-cepat diambil alih negara, yang jelas fungsinya dikembalikan kepada fungsi awalnya. Jika hutan, fungsi harus hutan, tidak lagi dieksploitasi untuk hal-hal yang memang lebih kepada sifatnya komersial," tambah Ade.

Kepala Bidang Tata Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor Rachmat Mulyana mengatakan, Pemkab Bogor menyediakan anggaran Rp 2 miliar untuk merehabilitasi 634 hektare dari total luas 9.660 hektare lahan kritis.

"Kita baru mampu merehabilitasi 6,57 persen (634 hektare) lahan kritis. Hal itu karena keterbatasan anggaran," katanya.

Sejumlah kegiatan akan dilakukan Pemda Bogor untuk merehabilitasi lahan kritis dengan cara menanam dan membuat sumur resapan di Cisarua dan Megamendung.

Sumur resapan tersebut diharapkan berfungsi untuk dapat menyimpan cadangan air pada musim kemarau dan mencegah terjadinya pergeseran tanah yang mengakibatkan longsor.

“Dalam waktu dekat dinas memfokuskan dahulu penanaman pohon dan sumur resapan di kawasan Puncak, di lahan-lahan kritis,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG: Mayoritas Kota-kota Besar di Indonesia Berpeluang Hujan Hari Ini

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan prakiraan cuaca hari ini, dengan mayoritas kota besar di Indonesia bakal diguyur hujan.

NEWS | 4 Februari 2023

Jasad 3 Penyanyi Rap yang Hilang Ditemukan di Ruang Bawah Tanah Detroit

Jasad dari tiga penyanyi rap yang hilang pada akhir Januari lalu telah ditemukan di ruang bawah tanah sebuah gedung apartemen.

NEWS | 4 Februari 2023

Ganjar Akan Keliling Jateng Tampung Usulan Masyarakat

Ganjar Pranowo akan keliling enam eks kerasidenan di Jateng untuk menampung usulan masyarakat secara detail.

NEWS | 4 Februari 2023

Kuasa Hukum Tetap Yakin Sugeng Bukan Penabrak Mahasiswi di Cianjur

Yunyun Taraga, kuasa hukum Sugeng Guruh Gautama, tersangka kasus tabrak lari mahasiswi di Cianjur Selvi Amelia Nuraini, tetap yakin kliennya tidak bersalah.

NEWS | 4 Februari 2023

Suami Kapak Istri Gara Gara Sering Main Handphone

Seorang suami berinisial SRN (42), tega menganiaya dan kapak istrinya berinisial NH (33). Itu gara gara korban sering kepergok main handphone.

NEWS | 3 Februari 2023

Kementerian Perhubungan Bakal Bangun Dry Port di Bener Meriah

Kementerian Perhubungan menyatakan bakal membangun dry port di Kabupaten Bener Meriah, Aceh guna mendekatkan proses ekspor kepada pelaku usaha.

NEWS | 4 Februari 2023

99% Penduduk Punya Antibodi, Vaksinasi Covid-19 Tetap Penting

Vaksinasi Covid-19 booster kedua tetap penting dipenuhi, meski 99 persen penduduk telah memiliki kadar kekebalan tubuh terhadap risiko infeksi SARS-CoV-2.

NEWS | 4 Februari 2023

Geram, Warga Bogor Bubarkan Tawuran Pelajar yang Terjadi Tiap Jumat

Warga geram karena tawuran pelajar bandel seringkali terulang, khususnya tiap Jumat seusai bubaran sekolah.

NEWS | 3 Februari 2023

Bawa Sabu 1,9 Kilogram, Dua Kurir Narkoba Dibekuk Polisi

Dua orang kurir narkoba dibekuk lantaran kedapatan membawa narkoba jenis sabu-sabu seberat 1,9 kilogram, yang disembunyikan di dalam kamar hotel.

NEWS | 3 Februari 2023

Mobil Pengiring Pengantin Terguling di Jombang, Belasan Penumpang Luka-luka

Sebuah mobil pengiring pengantin terguling di Jombang. Dalam kecelakaan tunggal itu, belasan penumpang mengalami luka-luka.

NEWS | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BMKG: Mayoritas Kota-kota Besar di Indonesia Berpeluang Hujan Hari Ini

BMKG: Mayoritas Kota-kota Besar di Indonesia Berpeluang Hujan Hari Ini

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE