Logo BeritaSatu

Gelar Apel Kasatwil, Ini yang Dibahas Para Petinggi Polri

Jumat, 3 Desember 2021 | 17:47 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati - / FFS

Bali, Beritasatu.com - Mabes Polri menggelar Apel Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) yang dihadiri oleh para kapolda dan kapolres se-Indonesia, di Bali. Dalam agenda tahunan itu, dibahas terkait pemantapan penanganan dan pengendalian Covid-19, menjaga stabilitas keamanan dalam rangka menghadapi berbagai macam event internasional hingga mewujudkan negara hukum yang berkeadilan.

"Pada hari ini, Polri menggelar kegiatan Apel Kasatwil. Ini semua dalam rangka untuk menyatukan persepsi, kemudian juga menyiapkan agenda-agenda penting yang harus dilakukan Polri baik di akhir tahun 2021 maupun di awal 2022," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Jumat (3/12/2021).

Advertisement

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan dalam kegiatan ini. Dalam arahannya, Presiden Jokowi meminta kepada seluruh kasatwil untuk terus berada di garda terdepan dalam rangka penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19. Presiden menekankan persiapan penanganan dan pengendalian yang dilakukan untuk mencegah atau antisipasi masuknya varian baru Covid-19, Omicron.

"Bapak Presiden mengingatkan yang pertama tentang penanganan Covid-19. Sekali lagi kita harus berhati-hati menghadapi varian terbaru, yaitu Omicron. Kita tidak boleh lengah, kita tidak boleh abai, meskipun saat ini Indonesia di posisi yang boleh dikatakan cukup baik dalam hal penanganan Covid-19," ungkapnya.

Dedi menyampaikan, Presiden mengingatkan agar tidak boleh abai terkait protokol kesehatan. Sebab, Omicron memiliki kekuatan lima kali lebih cepat penularannya dibanding varian lainnya.

"Bapak Presiden juga mengingatkan untuk percepatan vaksinasi," katanya.

Dedi menambahkan, Presiden menyampaikan, pandemi Covid-19 berdampak sangat luas baik sisi krisis kesehatan, juga pada dimensi ekonomi. Sehingga jangan sampai Indonesia mengalami gelombang ketiga atau gelombang keempat Covid-19.

"Kemudian bapak Presiden juga mengatakan, penguatan untuk ekonomi Indonesia adalah investasi. Oleh karena itu, Polri diperintahkan untuk menjaga dan mengawal investasi yang ada di Indonesia. Investasi memiliki daya dukung untuk pertumbuhan ekonomi skala nasional," katanya.

Menurut Dedi, Presiden juga meminta Polri agar betul-betul menyikapi setiap perkembangan dinamis keamanan yang ada di Indonesia.

"Ini harus betul-betul dijaga stabilitas keamanan dalam rangka menghadapi berbagai macam event internasional ke depan. Di tahun 2022, kita akan menyelenggarakan G-20. G-20 ini merupakan kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia, dan Indonesia satu-satunya negara berkembang yang pertama kali diberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan G-20. Polri berkolaborasi dan bekerja sama dengan stakeholder lainnya, harus mampu mengawal G-20 tahun 2022 dengan sangat baik," jelasnya.

Presiden, kata Dedi, juga mengingatkan Polri agar menyikapi perkembangan dinamika masyarakat terkait dengan masalah penegakan hukum dan kemerdekaan menyampaikan pendapat.

"Polri harus betul-betul menjadi garda terdepan di dalam mewujudkan negara hukum. Harus sensitif, dan penegakan hukum tidak boleh pandang bulu. Siapa pun yang terbukti melakukan pelanggaran hukum harus ditindak dengan tegas. Perkara kecil juga harus diperhatikan. Tidak boleh penegakan hukum itu juga terlalu menekan kepada masyarakat kecil yang bisa mengganggu rasa keadilan," ucapnya.

Dedi mengatakan, dalam hal penegakan hukum sangat menyangkut dengan kepercayaan publik terhadap institusi.

"Ini tolong Polri harus lebih berhati-hati menjaga kewibawaan dan muruah Polri di dalam setiap pelaksanaan tugas," katanya.

Selain Presiden Jokowi, sejumlah menteri, Panglima TNI, Komnas HAM, Kompolnas, dan pengamat media juga menyampaikan paparan sekaligus masukan kepada Polri dalam Apel Kasatwil.

Kegiatan Apel Kasatwil tersebut digelar secara offline dan online. Peserta yang hadir secara langsung sebanyak 27 pejabat utama Mabes Polri dan 102 personel jajaran kapolda, karo ops dan direktur intelkam polda. Sedangkan yang secara daring berjumlah 1.513 jajaran. Apel dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PDUI Minta Masyarakat Bijak Pilih Kemasan Pangan

PDUI meminta masyarakat agar lebih bijak memilih kemasan pangan yang aman untuk menghindari bahaya keracunan EG dan DEG.

NEWS | 29 Januari 2023

Tandan Pisang Setinggi 2 Meter Hebohkan Warga Kudus

Warga di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dibuat heboh dengan adanya tandan pisang yang menjulur dari atas sampai ke bawah setinggi 2 meter.

NEWS | 29 Januari 2023

Jembatan Putus, 4 Anggota TNI dan Polri Hilang di Sungai Digoel Papua

Tiga anggota Polri dan satu anggota TNI dikabarkan hilang di Sungai Digoel, Distrik Iwur Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jalur Semarang-Grobogan Ambles Sepanjang 25 Meter

Jalur utama yang menghubungkan antara Kabupaten Grobogan dengan Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Gubug, Grobogan, ambles.

NEWS | 29 Januari 2023

7 Pelaku Perusakan Bus Persis Solo Ditangkap Polisi

Polres Tangerang Selatan menangkap tujuh suporter yang diduga pelaku perusakan bus Persis Solo usai pertandingan melawan Persita Tangerang, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Masuki Peralihan Musim, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca pada saat peralihan musim.

NEWS | 29 Januari 2023

Pura-pura Hendak Salat Duha, Pasangan Suami Istri Curi Kotak Amal Terekam CCTV

Pasangan suami istri yang berpura pura hendak menjalankan salat Duha terekam kamera pengawas CCTV mencuri uang dalam kotak amal masjid.

NEWS | 29 Januari 2023

Serahkan Diri, Sopir Audi Tersangka Penabrak Mahasiswi Cianjur Diperiksa Polisi

Sopir Audi A6 berinisial SG, tersangka kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswi Cianjur, Selvi Amalia Nuraini sedang diperiksa Polres Cianjur. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Tiga Hari ke Depan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah DKI Jakarta berpotensi diguyur hujan lebat selama tiga hari ke depan.

NEWS | 29 Januari 2023

Banjir di Jalan Bangun Nusa Raya Cengkareng karena Drainase Buruk

Banjir yang kerap melanda Jalan Bangun Nusa Raya, Cengkareng, Jakarta Barat disebabkan sistem drainase yang buruk.  

NEWS | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

EKONOMI | 22 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE