Logo BeritaSatu

Buka Muktamar ICMI, Ini Kata Wapres Maruf Amin

Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:30 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyatakan, diperlukan kerja sama seluruh komponen masyarakat termasuk Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dengan menerapkan perpaduan ilmu dan iman di setiap langkah yang dijalani. Hal ini guna memulihkan kondisi bangsa pasca pandemi Covid-19

Menurut Wapres Maruf Amin, tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara yang dihadapi Indonesia tidak semakin mudah. Khususnya, dengan pandemi Covid-19 yang terjadi, daya tahan bangsa telah diuji dengan kondisi penuh ketidakpastian. Oleh karena itu,

“Berbekal ilmu dan iman, cita-cita bangsa akan terwujud bila seluruh komponen masyarakat bahu membahu. Sebagai mitra strategis pemerintah, saya berharap ICMI dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi dan dampak yang diakibatkan,” tutur Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin saat membuka Muktamar ke-VII dan Milad ke-31 ICMI Tahun 2021, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021).

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan bahwa ilmu dan iman merupakan dua hal yang saling berkaitan. Sebab, kedua hal tersebut akan saling melengkapi dan menyeimbangi sehingga seluruhnya dapat berjalan dengan selaras.

“Layaknya dua sisi mata uang, ilmu dan takwa tidak terpisahkan, Ilmu pengetahuan justru semakin menuntun kita pada keimanan. Keduanya menjadi pegangan setiap insan dalam menjalani kehidupan,” kata Wapres.

Wapres pun menegaskan, bahwa selain menjadi pencetus gagasan konstruktif dan inovatif, ICMI juga dituntut untuk berperan aktif dalam peningkatan literasi dan edukasi umat serta pengembangan dan penguasaan teknologi. Sebab, hal tersebut akan memberikan dampak baik untuk kesejahteraan umat, khususnya dengan adanya jejaring ICMI yang kuat dan tersebar di seluruh Indonesia.

“Potensi dan jejaring ICMI di seluruh Indonesia, jika dimobilisasi secara tepat akan menjadi modal dasar untuk mendukung pemulihan berbagai sektor,” tegas Wapres.

Wapres berharap, agar muktamar ICMI yang diselenggarakan hari ini dapat menghasilkan rekomendasi solutif bagi umat dan bangsa untuk menjadikan Indonesia maju dan sejahtera.

“Harapan saya, pimpinan terpilih dalam Muktamar ke-VII ini akan meneruskan perjuangan ICMI dalam menghadirkan solusi terbaik bagi kemaslahatan umat, bangsa dan negara,” ungkap Wapres.

“ICMI perlu terus menjadi organisasi yang konsisten berpegang pada dimensi ke-Islam-an, keindonesiaan, dan kecendekiawanan,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE