Logo BeritaSatu

Didakwa Suap Eks Penyidik KPK, Azis Tak Ajukan Keberatan

Senin, 6 Desember 2021 | 13:04 WIB
Oleh : Fana F Suparman / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin tak mengajukan nota keberatan atau eksepsi setelah didakwa menyuap eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam sidang perdana yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta, jaksa KPK mendakwa Azis telah menyuap mantan penyidik KPK, Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain. Suap sebesar Rp 3,09 miliar dan US$ 36.000 itu diberikan Azis agar Stepanus mengurus perkara DAK Lampung Tengah yang menyeret namanya dan politikus Golkar Aliza Gunado.

Advertisement

"Saya sudah membaca dan memahami, dan nanti kami akan berkonsultasi dengan penasihat hukum untuk menjawab dalam bentuk pembelaan," kata Azis.

Sementara, Syamsuddin, kuasa hukum Azis menyatakan pihaknya tidak akan menggunakan hak eksepsi. Syamsuddin mempersilakan majelis hakim untuk melanjutkan agenda persidangan.

"Setelah kami berdiskusi dengan saudara terdakwa terkait dakwaan ini, kami menyatakan tidak menggunakan hak eksepsi dalam perkara ini dan bisa dilanjutkan dalam pemeriksaan pembuktian," kata Syamsuddin.

Jaksa mengaku baru mengetahui Azis dan kuasa hukum tidak mengajukan eksepsi. Untuk itu, jaksa baru dapat menghadirkan saksi dalam proses persidangan berikutnya.

"Kami baru mengetahui secara pasti bahwa terdakwa maupun penasihat hukum terdakwa tidak melakukan eksepsi, tentunya kami tidak menyiapkan saksi untuk hari ini," kata jaksa.

Untuk itu, majelis hakim memutuskan persidangan dilanjutkan pada Senin (13/12/2021) mendatang. Hakim mempersilakan tim jaksa penuntut KPK menghadirkan saksi dalam perkara ini.

Diketahui, jaksa penuntut KPK mendakwa Azis Syamsuddin telah menyuap mantan penyidik lembaga antikorupsi, Stepanus Robin Pattuju dan seorang pengacara, Maskur Husain sebesar Rp 3,09 miliar dan US$ 36.000 atau sekitar Rp 3,6 miliar.

Suap itu diberikan agar Stepanus membantu pengurusan perkara dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait pengurusan dana alokasi khusus (DAK) Lampung Tengah tahun anggaran 2017. Azis dan Aliza Gunado tak ingin nama mereka ditetapkan KPK sebagai tersangka.

Kasus dugaan suap pengurusan DAK Lampung Tengah mulai diselidiki KPK pasa Oktober 2019. Dalam penyelidikan ini, KPK menduga ada keterlibatan Azis dan Aliza. Mengetahui namanya terseret kasus ini, Azis dan Aliza mencari cara agar namanya tidak ditetapkan sebagai tersangka.

Azis kemudian meminta bantuan anggota Polri Agus Setiadi untuk dicarikan kenalan di KPK. Agus pun merekomendasikan nama Stepanus yang saat itu masih menjadi penyidik di KPK.

Dalam pertemuan di rumahnya, Jalan Denpasar Raya, Jakarta Selatan pada Agustus 2020, Azis meminta Stepanus yang ditemani Maskur Husain untuk mengurus perkara tersebut.

Dalam pertemuan itu, Stepanus dan Maskur meminta Azis menyiapkan uang Rp 4 miliar untuk menutup namanya dan Aliza dalam kasus di Lampung Tengah. Azis saat itu langsung menyanggupi permintaan Robin dan Maskur. Dengan demikian, Azis dan Aliza masing-masing menyiapkan uang Rp 2 miliar dengan uang muka sejumlah Rp 300 juta.

Sisa pembayarannya dilakukan secara bertahap sejak 5 Agustus 2020 sampai Maret 2021. KPK mencatat Azis telah memberikan uang Rp 3,09 miliar dan US$ 36.000 kepada Stepanus.

Atas perbuatannya, Azis didakwa melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a dan Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pleidoi Ditolak Jaksa, Ferdy Sambo Cs Akan Tanggapi Hari Ini

Selain Ferdy Sambo, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf juga akan menjalani sidang dengan agenda yang sama dalam perkara pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J tersebut.

NEWS | 31 Januari 2023

Bencana Hidrometeorologi Basah Tak Lepas dari Faktor Populasi

Menurut BNPB, dengan populasi tinggi, pasti di situ bencana hidrometeorologi basah cukup dominan

NEWS | 31 Januari 2023

5 Top News: Kabar Reshuffle, Tuntutan Bharada E hingga Tewasnya Mahasiswi Ditabrak

Selain berita mengenai perombakan kabinet atau reshuffle, berita soal tuntutan Bharada E dan juga tewasnya mahasiswi ditabrak di Cianjur mendapat perhatian besar,

NEWS | 31 Januari 2023

PKB Tunggu Parpol Pilihan Kaesang

Wakil Sekjen PKB itu berharap rencana Kaesang terjun ke politik menjadi momentum bagi para generasi Z dan milenial mengambil pilihan masuk di politik praktis.

NEWS | 31 Januari 2023

Polresta Malang Pulangkan Puluhan Aremania

Dari 107 orang yang sebelumnya diamankan, setelah diperiksa ternyata mereka mengaku tidak ikut dalam aksi demonstrasi di kantor Arema FC.

NEWS | 31 Januari 2023

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Song Joong Ki Menikah, Respon Orangtua Justru Tak Terduga

Song Joong Ki Menikah, Respon Orangtua Justru Tak Terduga

LIFESTYLE | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE