Logo BeritaSatu

Novel Baswedan Dkk Bersedia Jadi ASN Polri

Senin, 6 Desember 2021 | 16:34 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati - / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Novel Baswedan dan kawan-kawan (dkk) yang merupakan mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menyatakan menerima atau bersedia menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri.

"Tadi saya dan kawan-kawan telah menerima penjelasan dan kemudian telah juga menandatanangi surat kesediaan. Tentunya nanti akan dipastikan siapa saja yang kemudian akan setuju dan ikut, dan kemudian ada barangkali punya pilihan yang berbeda. Tetapi pada dasarnya, yang saya ketahui tadi sebagian besar ada di antara kami kemudian memilih menerima," ujar Novel Baswedan, di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Dikatakan Novel, kenapa pada akhirnya mereka memilih bersedia menjadi ASN Polri, karena masalah korupsi belakangan makin masif dan nilainya kian besar. Sementara, peran KPK memberantas korupsi dinilainya makin menurun.

"Ketika saya melihat atau kami, ya paling tidak melihat penjelasan dari pak Kapolri yang tampak bahwa ada seperti kesungguhan untuk memberantas korupsi terutama bidang pencegahan dan meminta kami untuk kesediaannya ikut melakukan tugas-tugas dalam rangka berbakti untuk kepentingan bangsa dan negara, tentu pilihan itu menjadi sulit buat kami untuk menolak," ungkapnya.

"Jadi saya kira kemudian kami memilih, sebagian besar dari kami saya katakan bukan semuanya ya, sebagian besar dari kami memilih untuk menerima, karena begitu masalah upaya memberantas korupsi kami pandang sebagai hal yang serius dan kami melihat ingin berkontribusi lebih banyak dalam rangka untuk memberantas korupsi," tambahnya.

Novel mengatakan, proses rekrutmen belum selesai. "Semoga semua prosesnya dapat berjalan dengan lancar dan niatan untuk bisa bertugas memberantas korupsi dengan sungguh-sungguh bisa benar-benar terealisasi," katanya.

Posisi
Menyoal apa posisi yang akan ditempati mantan pegawai KPK, Novel mengatakan, terkait dengan masalah pencegahan.

"Jadi saya kira karena fokusnya adalah terkait dengan upaya-upaya yang berhubungan dengan pencegahan. Saya kira hal-hal yang disampaikan pak Kapolri memang masalah strategis dalam hal upaya pemberantasan korupsi dari terutama sektor pencegahan, hal terkait pencegahan," jelasnya.

Menurut Novel, apa yang ditawarkan Kapolri dalam rangka memberantas korupsi dari sisi pencegahan adalah kesempatan buat mantan pegawai KPK untuk terus berkontribusi dan berbakti kepada bangsa.

"Ketika Kapolri menunjukkan kesungguhannya dalam rangka untuk bisa memberantas korupsi dengan lebih optimal dan ingin menggunakan kami, menggunakan apa kemampuan kami dan memberikan kesempatan kepada kami untuk ikut dalam berkontribusi memberantas korupsi fokusnya adalah masalah pencegahan, tentu itu suatu hal yang luar biasa dan kami mengapreasi untuk terlibat dalam hal itu," katanya.

Berkontribusi dalam sisi pencegahan, kata Novel, tidak kalah pentingnya dengan penyidikan dalam pemberantasan korupsi.

"Satu hal yang penting ya, karena saya juga sadar ya bahwa posisi kami itu adalah ASN bukan anggota Polri, sehingga bukan lagi sebagai penyidik tentunya karena di Polri penyidik adalah anggota Polri, tetapi kontribusi di sektor pencegahan juga tidak kalah penting. Dan saya berkeinginan kami bisa melakukan banyak hal. Tentunya nantinya kita akan bahas lebih jauh ya," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenazah Pelaku Bom Astana Anyar Diautopsi di RS Bhayangkara Sartika Asih

Jenazah Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar atau bom Astana Anyar diautopsi di RS Bhayangka Sartika Asih, Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Kutuk Bom Bunuh Diri Bandung, Eks Napiter: Tidak Sesuai Ajaran Islam

Mantan narapidana terorisme (napiter), Muchtar Daeng Lau mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022 Minim Gol Tembakan Jarak Jauh

Piala Dunia 2022 Minim Gol Tembakan Jarak Jauh

SEMESTA BOLA 2022 | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE