Logo BeritaSatu

Novel Baswedan Dkk Bersedia Jadi ASN Polri

Senin, 6 Desember 2021 | 16:34 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati - / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Novel Baswedan dan kawan-kawan (dkk) yang merupakan mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menyatakan menerima atau bersedia menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri.

"Tadi saya dan kawan-kawan telah menerima penjelasan dan kemudian telah juga menandatanangi surat kesediaan. Tentunya nanti akan dipastikan siapa saja yang kemudian akan setuju dan ikut, dan kemudian ada barangkali punya pilihan yang berbeda. Tetapi pada dasarnya, yang saya ketahui tadi sebagian besar ada di antara kami kemudian memilih menerima," ujar Novel Baswedan, di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Advertisement

Dikatakan Novel, kenapa pada akhirnya mereka memilih bersedia menjadi ASN Polri, karena masalah korupsi belakangan makin masif dan nilainya kian besar. Sementara, peran KPK memberantas korupsi dinilainya makin menurun.

"Ketika saya melihat atau kami, ya paling tidak melihat penjelasan dari pak Kapolri yang tampak bahwa ada seperti kesungguhan untuk memberantas korupsi terutama bidang pencegahan dan meminta kami untuk kesediaannya ikut melakukan tugas-tugas dalam rangka berbakti untuk kepentingan bangsa dan negara, tentu pilihan itu menjadi sulit buat kami untuk menolak," ungkapnya.

"Jadi saya kira kemudian kami memilih, sebagian besar dari kami saya katakan bukan semuanya ya, sebagian besar dari kami memilih untuk menerima, karena begitu masalah upaya memberantas korupsi kami pandang sebagai hal yang serius dan kami melihat ingin berkontribusi lebih banyak dalam rangka untuk memberantas korupsi," tambahnya.

Novel mengatakan, proses rekrutmen belum selesai. "Semoga semua prosesnya dapat berjalan dengan lancar dan niatan untuk bisa bertugas memberantas korupsi dengan sungguh-sungguh bisa benar-benar terealisasi," katanya.

Posisi
Menyoal apa posisi yang akan ditempati mantan pegawai KPK, Novel mengatakan, terkait dengan masalah pencegahan.

"Jadi saya kira karena fokusnya adalah terkait dengan upaya-upaya yang berhubungan dengan pencegahan. Saya kira hal-hal yang disampaikan pak Kapolri memang masalah strategis dalam hal upaya pemberantasan korupsi dari terutama sektor pencegahan, hal terkait pencegahan," jelasnya.

Menurut Novel, apa yang ditawarkan Kapolri dalam rangka memberantas korupsi dari sisi pencegahan adalah kesempatan buat mantan pegawai KPK untuk terus berkontribusi dan berbakti kepada bangsa.

"Ketika Kapolri menunjukkan kesungguhannya dalam rangka untuk bisa memberantas korupsi dengan lebih optimal dan ingin menggunakan kami, menggunakan apa kemampuan kami dan memberikan kesempatan kepada kami untuk ikut dalam berkontribusi memberantas korupsi fokusnya adalah masalah pencegahan, tentu itu suatu hal yang luar biasa dan kami mengapreasi untuk terlibat dalam hal itu," katanya.

Berkontribusi dalam sisi pencegahan, kata Novel, tidak kalah pentingnya dengan penyidikan dalam pemberantasan korupsi.

"Satu hal yang penting ya, karena saya juga sadar ya bahwa posisi kami itu adalah ASN bukan anggota Polri, sehingga bukan lagi sebagai penyidik tentunya karena di Polri penyidik adalah anggota Polri, tetapi kontribusi di sektor pencegahan juga tidak kalah penting. Dan saya berkeinginan kami bisa melakukan banyak hal. Tentunya nantinya kita akan bahas lebih jauh ya," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PDUI Minta Masyarakat Bijak Pilih Kemasan Pangan

PDUI meminta masyarakat agar lebih bijak memilih kemasan pangan yang aman untuk menghindari bahaya keracunan EG dan DEG.

NEWS | 29 Januari 2023

Tandan Pisang Setinggi 2 Meter Hebohkan Warga Kudus

Warga di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dibuat heboh dengan adanya tandan pisang yang menjulur dari atas sampai ke bawah setinggi 2 meter.

NEWS | 29 Januari 2023

Jembatan Putus, 4 Anggota TNI dan Polri Hilang di Sungai Digoel Papua

Tiga anggota Polri dan satu anggota TNI dikabarkan hilang di Sungai Digoel, Distrik Iwur Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jalur Semarang-Grobogan Ambles Sepanjang 25 Meter

Jalur utama yang menghubungkan antara Kabupaten Grobogan dengan Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Gubug, Grobogan, ambles.

NEWS | 29 Januari 2023

7 Pelaku Perusakan Bus Persis Solo Ditangkap Polisi

Polres Tangerang Selatan menangkap tujuh suporter yang diduga pelaku perusakan bus Persis Solo usai pertandingan melawan Persita Tangerang, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Masuki Peralihan Musim, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca pada saat peralihan musim.

NEWS | 29 Januari 2023

Pura-pura Hendak Salat Duha, Pasangan Suami Istri Curi Kotak Amal Terekam CCTV

Pasangan suami istri yang berpura pura hendak menjalankan salat Duha terekam kamera pengawas CCTV mencuri uang dalam kotak amal masjid.

NEWS | 29 Januari 2023

Serahkan Diri, Sopir Audi Tersangka Penabrak Mahasiswi Cianjur Diperiksa Polisi

Sopir Audi A6 berinisial SG, tersangka kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswi Cianjur, Selvi Amalia Nuraini sedang diperiksa Polres Cianjur. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Tiga Hari ke Depan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah DKI Jakarta berpotensi diguyur hujan lebat selama tiga hari ke depan.

NEWS | 29 Januari 2023

Banjir di Jalan Bangun Nusa Raya Cengkareng karena Drainase Buruk

Banjir yang kerap melanda Jalan Bangun Nusa Raya, Cengkareng, Jakarta Barat disebabkan sistem drainase yang buruk.  

NEWS | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

EKONOMI | 23 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE