Logo BeritaSatu

Perombakan Direksi Transjakarta Harus Segera Dilakukan

Selasa, 7 Desember 2021 | 13:26 WIB
Oleh : Mikael Niman / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Forum Warga Jakarta (Fakta) dan Analis Kebijakan Transportasi, Azas Tigor Nainggolan, mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI harus mengambil sikap tegas terhadap jajaran direksi PT Transjakarta. Kalau perlu, segera mengganti atau mencopot posisi direksi Transjakarta.

‎"‎Pemprov harus mengambil sikap tegas terhadap para direksi Transjakarta dan mengganti mereka segera," kata Azaz Tigor, Selasa (7/12/2021).

Ungkapan ini muncul karena dilatarbelakangi rentetan kecelakaan yang dialami bus Transjakarta dalam beberapa waktu terakhir ini.

Saat pertemuan Direktur Utama PT Transjakarta M Yana Aditya dengan DPRD Jakarta, kata Azaz, terungkap ada 502 kecelakaan yang dialami oleh bus Transjakarta sepanjang Januari-Oktober 2021.

Kecelakaan paling banyak disebabkan bus Transjakarta menabrak obyek tertentu atau kecelakaan tunggal, yakni 88% dari total kecelakaan. Sementara 12% lainnya, bus transjakarta ditabrak atau diserempet oleh kendaraan lain.

Data kecelakaan ini belum termasuk kecelakaan pada November 2021, bahwa kecelakaan paling banyak melibatkan bus milik operator PPD yakni 34%, disusul operator Mayasari 32%, Steady Safe 16%, Kopaja 13%, Transwadaya 3%, Pahala Kencana 1% dan Bianglala 1%.

Terbaru, Senin 6 Desember 2021, sekitar pukul 21.00 WIB bus Transjakarta menabrak seorang pejalan kaki hingga tewas di dekat SMKN 57 arah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

"Seperti tidak penanganan dan perbaikan atas pelayanan dan operasional Transjakarta yang terus alami kecelakaan. Bahkan, terkesan para direksi Transjakarta mendiamkan dan diam tidak bekerja memperbaiki semua kecelakaan bus Transjakarta. Bayangkan saja kemarin dalam sehari Transjakarta alami kecelakaan di jalan raya," bebernya.

"Coba, apakah ini hanya sebuah kecelakaan biasa? Apakah ini produk dari sebuah manajemen Transjakarta yang sudah bobrok? Jelas semua kejadian kecelakaan Transjakarta adalah produk dari sebuah bobroknya atau salah urus dari direksi Transjakarta itu sendiri," sambungnya.

Menurutnya, semua kejadian dan kecelakaan bus Transjakarta tersebut tidak akan terjadi jika para perusahaan operator dan pengemudinya beroperasi dengan baik.

"Para operator dan pengemudi akan beroperasi baik jika memang seleksi operator dilakukan secara benar oleh direktur pelayanan Transjakarta. Para operator dan pengemudi akan beroperasi baik jika direktur operasional mengawasi operasional dengan baik. Para operator dan pengemudi juga pengguna Transjakarta akan mendapatkan fasilitas aman, nyaman dan selamat jika direktur teknis bekerja dengan baik. Berarti, semua kejadian kecelakaan ini bisa terjadi karena para direksi Transjakarta tidak bekerja dan tidak melayani serta melindungi dan memberikan layanan yang aman, nyaman juga keselamatan kepada pengguna Transjakarta," imbuhnya.

Tak dapat dipungkiri, kata Azaz, memang ada kesalahan para operator dan pengemudi tetapi itu disebabkan oleh tidak bekerjanya para direksi Transjakarta dalam mengawasi rekrutmen, pelayanan dan operasional para operator juga pengemudi oleh para direksi Transjakarta.

Untuk itu, kata dia, harus dilakukan perombakan jajaran direksi Transjakarta untuk menyelamatkan Transjakarta dari Kehancuran.

"Gubernur Jakarta jangan diam dan segera melakukan penggantian atau perombakan para direksi Transjakarta yang tidak bekerja. Perombakan setidaknya dengan direksi yang bertanggung jawab terkait pelayanan, operasional dan teknis di Transjakarta. Jika tidak dilakukan tindakan, kita patut curiga bahwa Gubernur Jakarta membiarkan dan bisa jadi mendiamkan Transjakarta hancur," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Yudo Tegaskan Penentuan Calon Kasal Hak Prerogatif Presiden Jokowi

Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan penentuan calon Kasal untuk menggantikannya merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

NEWS | 5 Desember 2022

Sidang Dilanjutkan, Nikita Mirzani Ingin Bertemu Langsung Dito Mahendra

Nikita Mirzani menyikapi dengan santai setelah keberatannya (eksepsi) ditolak hakim dalam putusan sela, dan menyatakan ingin bertemu langsung dengan Dito Mahendra.

NEWS | 5 Desember 2022

Marullah Matali Jadi Deputi Gubernur DKI, Berikut Tugasnya

Marullah Matali diangkat sebagai Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Tolak Keberatan Nikita Mirzani, Sidang Bakal Dilanjutkan

Sidang kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Dito Mahendra dengan terdakwa Nikita Mirzani bakal dilanjutkan.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Rizal Sempat Kepo Saat Brigadir J dan Putri Bertemu di Kamar

Ricky Rizal sempat membeberkan rasa ingin tahu yang dia alami saat Putri Candrawathi bertemu dengan Brigadir J di rumah Magelang.

NEWS | 5 Desember 2022

Cari Anggota Geng, El Salvador Turunkan 10.000 personel Keamanan Tutup Kota

El Salvador menurunkan 10.000 personel tentara dan polisi untuk menutup sebuah kota, untuk mencari anggota geng jalanan.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Sebut Alasan Ricky Rizal Amankan Senjata Brigadir J Tak Masuk Akal

Hakim PN Jaksel menilai alasan Ricky Rizal atau Bripka RR mengamankan senjata Brigadir J merupakan alasan yang tidak masuk akal. 

NEWS | 5 Desember 2022

Copot Sekda DKI, Heru: Jangan Salah Paham

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta semua pihak tidak salah paham terkait pencopotan Sekda DKI Jakarta, Marullah Matali.

NEWS | 5 Desember 2022

Cak Imin: Indonesia Perlu Buat Aliansi Berbasis Komoditas

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan Indonesia perlu bangun koalisi berbasis komoditas merespons kekalahan di WTO terkait pelarangan ekspor nikel.

NEWS | 5 Desember 2022

Anggota TNI Tewas dalam Kecelakaan Beruntun di Jalan Dewi Sartika Jaktim

Seorang anggota TNI tewas dalam kecelakaan beruntun di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim), Senin (5/12/2022) siang.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Yudo Tegaskan Penentuan Calon Kasal Hak Prerogatif Presiden Jokowi

Yudo Tegaskan Penentuan Calon Kasal Hak Prerogatif Presiden Jokowi

NEWS | 24 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE