Logo BeritaSatu

Respons Wagub DKI Soal Desakan Dirut Transjakarta Dipecat

Selasa, 7 Desember 2021 | 13:51 WIB
Oleh : Yustinus Paat / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan respons atas desakan atau dorongan sejumlah pihak agar Direktur Utama Transjakarta M Yana Aditya dipecat dari jabatannya lantaran kecelakaan beruntun yang terjadi belakangan ini.

Riza mengatakan pihaknya sedang melakukan evaluasi menyeluruh terhadap Transjakarta dengan melibatkan pihak independen seperti Komite Nasional Keselamatan Transportasi.

“Ya, nanti semua apa pun kekurangannya terkait masalah Transjakarta yang belakangan terjadi kecelakaan ini sedang kita evaluasi secara menyeluruh dan juga melibatkan pihak-pihak lainnya,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Evaluasi menyeluruh ini, kata Riza, mencakup banyak aspek untuk mengetahui penyebab berbagai kecelakaan yang melibatkan Transjakarta dan juga langkah-langkah perbaikan serta solusi sehingga tidak terjadi lagi kecelakaan Transjakarta.

Menurut Riza, perbaikan ini harus dilakukan agar memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna atua pelanggan Transjakarta.

“Kita carikan solusi yang terbaik ya apa sesungguhya yang menjadi penyebabnya tentu kesehatan menjadi perhatian kita bersama umur juga mungkin menjadi pertimbangan fisiknya pengetahuan dan lain sebagainya,” tandas dia.

Riza tidak secara detail membicarakan soal evaluasi jajaran direksi termasuk kemungkinan memecat dirut Transjakarta.
Namun, dia memastikan evaluasinya akan menyasar banyak faktor dan komprehensif. “Jadi banyak faktor yang mempengaruhi dilakukan evaluasi,” tegas dia.

Lebih lanjut, Riza mengakui bahwa tidak mudah menjadi pengemudi atau pramudi Transjakarta. Menurut dia, menjadi pramudi Transjakarta membutuh konsentrasi tinggi karena jalannya lurus, kiri dan kanan jalan sudah dibatasi sehingga rasa bosan dan ngantuk menjadi salah satu tantangan utama.

“Memang ini bukan pekerjaan yang mudah seperti yang sering kita sampaikan mengendarai bus Transjakarta itu trek-nya lurus, umumnya kiri kanan ada pembatas itu membutuhkan konsentrasi yang tinggi, ketelitian dan kewaspadaan yang tinggi,” pungkas Riza.

Dalam rapat kerja Transjakarta bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta, sejumlah anggota dewan sudah meminta kepada Transjakarta, Dinas Perhubungan dan BP BUMD DKI untuk segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap Transjakarta agar tidak terjadi lagi kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta.

Bahkan, sejumlah anggota dewan mendesak agar Dirut dan sejumlah jajaran direksi dicopot dari jabatannya
Anggota Komisi B dari Fraksi Gerindra Adi Kurnia Setiadi justru mempertanyakan kompetensi Dirut Transjakarta M Yana Aditya yang dinilainya tidak memiliki pengalaman di bidang transportasi.

Menurut Adi, persoalan yang terjadi saat ini, salah satu penyebabnya karena rekrutmen dirutnya yang sudah tidak benar dari awal. Apalagi, kata dia, DPRD DKI tidak pernah dilibatkan dalam proses rekrutmen tersebut.

“Saya mau semuanya dibedah, karena ini harusnya pimpinan yang bicara, Nabi Muhammad mengatakan segala sesuatu berikan kepada ahlinya kalau tidak, tinggal tunggu kehancurannya gak mau saya, tukang ikan bicara transportasi loh, apa yang mau dibahas ?,” kata Adi dalam rapat di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (7/12/2021).

Adi pun mengingatkan para jajaran direksi Transjakarta agar bekerja profesional dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan para pelanggan. Apalagi, kata, Transjakarta bukan moda transportasi yang mengejar seteron, tetapi disubsidi oleh APBD DKI yang merupakan uang rakyat.

“Jadi faktor keselamatan dan kenyamanan harus diutamakan, ini pakai uang rakyat, harus benar-benar maksimal. Intinya, saya mendorong pansus terkait kecelakaan (Transjakarta) dalam kurun waktu kurang dari 40 hari, kita juga mendorong bagaimana komisi B DPRD, raker lagi mengundang pihak operator dan juga pengemudi,” imbuh dia.

Sementara anggota Komisi B DPRD DKI dari fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak meminta agar harus ada jajaran direksi yang bertanggung jawab atas kecelakaan yang beruntun belakangan ini.

Menurut Gilbert, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera mengevaluasi jajaran direksi termasuk memecat direksi yang paling bertanggung jawab atas keselamatan pelanggan Transjarkat.

“Yang paling berhubungan (dengan kecelakaan) adalah direktur pelayanan, direktur teknik dan direktur operasional (Transjakarta). Kita anjurkan dicopot,” tandas Gilbert.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

Tiongkok kemungkinan akan memiliki persediaan 1.500 hulu ledak nuklir pada tahun 2035 jika terus mempercepat pembangunan nuklirnya.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membentuk tim untuk membereskan persoalan pembebasan lahan pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi Akan Hadiri Midodareni, Tetangga Erina Diminta Tak Inapkan Tamu

Jokowi akan menghadiri midodareni di kediaman calon menantunya, Erina Gudono di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman.

NEWS | 30 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Jokowi Dinilai Contoh Pemimpin yang Berani Tegakkan Kebenaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai contoh pemimpin yang berani menegakkan kebenaran.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Koruptor di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022

Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Pasangan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar mengunjungi para korban gempa di daerah kelahirannya Cianjur dengan helikopter.

NEWS | 30 November 2022

Setelah Tembak Brigadir J, Bharada E Mimpi Buruk Selama 3 Pekan

Bharada E mengalami mimpi buruk selama tiga pekan setelah menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE