Logo BeritaSatu

Wagub Riza Mau Pastikan Informasi Kasus Omicron di DKI

Rabu, 8 Desember 2021 | 16:21 WIB
Oleh : Yustinus Paat / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan respons terhadap informasi 4 warga DKI Jakarta diduga terpapar varian baru Covid-19 Omicron. Riza mengatakan, pihaknya akan memastikan kebenaran informasi tersebut dan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta sudah menindaklanjuti dengan meneliti dan mengklarifikasi informasi tersebut.

“Jadi informasi itu akan kami teliti dan kita cek, Dinkes sudah menindaklanjuti, nanti kami akan sampaikan hasilnya,” ujar Riza di Jakarta Timur, Rabu (8/12/2021).

Riza mengatakan, pihaknya akan merespons berbagai informasi terkait perkembangan Covid-19. Yang terpenting, kata dia, informasinya akurat dan valid untuk ditindaklanjuti.

“Semua informasi seperti itu penting untuk disampaikan kepada kami untuk disampaikan ke jajaran terkait untuk dapat merespons semuanya. Ada beberapa informasi itu tapi kita akan cek bersama-sama,” ungkap dia.

Terlepas ada atau tidak adanya yang terpapar Omicron, Riza meminta warga untuk tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Termasuk bagi mereka yang sudah divaksinasi Covid-19 untuk taat pada ketentuan PPKM level 2 yang saat ini diterapkan di Jakarta.

“Kita minta kepada masyarakat sekalipun di Jakarta ini masih di level 2 PPKM dan ada kebijakan pembatasan menjelang akhir tahun, kami minta masyarakat sekalipun diperbolehkan datang ke tempat keramaian seperti mal, pasar, dan tempat wisata, mohon hati-hati dan waspada sekalipun sudah divaksin tetap patuhi protokol kesehatan,” pungkas Riza.

Informasi warga DKI terpapar Omicron datang dari Kepala Dinkes Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti, yang menyebutkan 4 warga DKI tersebut terpapar Omicron diketahui setelah melakukan perjalanan dari luar negeri. Mereka dinyatakan positif Covid-19 jenis Omicron setelah melakukan pemeriksaan sampel di laboratorium Farmalab. Namun, belakangan Sri Enny meralat dan menyatakan informasi tersebut tidak benar. “Tidak benar beritanya,” jawab Sri Enny singkat saat diminta konfirmasi lagi oleh wartawan, Rabu (8/12/2021).

Secara terpisah, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengonfirmasi laporan temuan kasus Omicron (B.11529) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, adalah tidak benar.

"Tidak benar ini (temuan Omicron di Kabupaten Bekasi). Belum ada kasus Omicron (di Indonesia) sampai saat ini," kata Siti Nadia Tarmizi yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Nadia mengatakan pihaknya telah mendalami informasi tersebut kepada petugas laboratorium di wilayah setempat atas adanya laporan empat warga yang terpapar Omicron.

"Kemenkes terus meningkatkan cakupan tes genome sequencing dari para pasien yang terpapar Covid-19 untuk mengantisipasi secara dini Omicron maupun varian terbaru SARS-CoV-2 di Tanah Air," kata Nadia.

Saat ini sudah ada 11 unit mesin genom sekuensing yang diharapkan dapat membantu mempercepat deteksi varian baru Covid-19, termasuk varian Omicron. Selain itu upaya mengantisipasi importasi varian baru Covid-19 juga dilakukan melalui pengetatan pengawasan bagi setiap pelaku perjalanan internasional.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gubernur Edy Tetapkan UMP Sumatera Utara 2023 Naik 7,45%

Gubernur Edy Tetapkan UMP Sumatera Utara 2023 Naik 7,45%

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE