Logo BeritaSatu

Polisi Selidiki Kericuhan di Maluku Tengah

Rabu, 8 Desember 2021 | 17:02 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati - / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Propam Polda Maluku turun tangan menyelidiki apakah ada kesalahan prosedur dalam proses penangkapan terduga pelaku perusakan tanaman dan kantor Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai, Maluku Tengah, Maluku.

Proses penangkapan itu dikabarkan mendapat pengadangan dari masyarakat sehingga terjadi kericuhan yang mengakibatkan belasan warga mengalami luka tembak peluru karet. Sementara ada tujuh anggota Polri juga mengalami luka-luka dan beberapa kendaraan rusak.

"Itu sudah ditangani Polda Maluku. Ada korban di sana baik petugas maupun masyarakat. Propam Polda Maluku sudah turun untuk menyelidiki apakah ada kesalahan prosedur dalam tindakan-tindakan kepolisian yang dilakukan di Maluku Tengah tersebut," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, Rabu (8/12/2021).

Belajar dari peristiwa ini, kata Rusdi, masyaralat diimbau agar memberikan ruang kepada Polri untuk melaksanakan tugasnya.

"Polri mengimbau ketika kita sepakat bahwa hukum sebagai panglima dan pada saat itu Polri sedang melaksanakan tugas penegakan hukum, maka masyarakat diimbau agar bisa memberikan ruang kepada Polri untuk bisa melaksanakan tugasnya. Ini adalah tindakan hukum," ungkapnya.

Rusdi menyampaikan, apabila tindakan penegakan hukum yang dilakukan Polri dinilai tidak sah, maka masyarakat bisa menggugat melalui jalur hukum, yakni praperadilan.

"Apabila nanti dinilai siapa pun tindakan hukum tersebut tidak sah atau diragukan keabsahannya, maka siapapun masyarakat bisa melakukan tindakan hukum lain, yaitu melalui sidang praperadilan. Sehingga penegakan hukum dapat berjalan, dan ketertiban di masyarakat bisa kita jaga bersama-sama," katanya.

Diketahui, terjadi kericuhan antara masyarakat dengan anggota Polri di Negeri Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (7/12/2021).

Kericuhan itu terjadi ketika polisi yang melakukan proses penangkapan terhadap terduga pelaku perusakan tanaman dan kantor Desa Tamilouw, dan diadang warga.

Polisi kemudian membubarkan warga dengan tembakan gas air mata, namun warga tetap melakukan pengadangan bahkan disebut berupaya merebut senjata anggota. Anggota selanjutnya terpaksa melepaskan tembakan peluru peluru karet.

Belasan warga dikabarkan terluka akibat terkena tembakan peluru karet. Sementara tujuh orang polisi juga disebut mengalami luka-luka terkena pukulan dan batu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Telkom Telah Salurkan Bantuan Senilai Rp 1 Miliar Pasca Gempa Cianjur

Bantuan itu terdiri dari dukungan sarana komunikasi pada posko juga sarana publik serta kompensasi pelanggan atas layanan yang terganggu pasca gempa.

NEWS | 30 November 2022

Telkom Sabet Gelar Global Best Practice - Sustainability di Taipei

Ajang bergengsi Global Corporate Sustainability Awards (GCSA) 2022 menganugerahkan Best Practice Award (World Class) Great Practice of 2022 untuk PT Telkom.

NEWS | 30 November 2022

Korban Tewas Gempa Cianjur Jadi 328 Orang, 12 Masih Hilang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan, korban tewas gempa Cianjur menjadi 328 orang setelah ada penambahan 1 korban meninggal.

NEWS | 1 Desember 2022

Budaya Patriarki Jadi Alasan Catcalling Dinormalisasi

Banyak masyarakat Indonesia tidak menganggap catcalling sebagai salah satu bentuk kekerasan seksual.

NEWS | 1 Desember 2022

Bharada E Sebut Ferdy Sambo Tertawa Saat Bercerita Salah Pakai Senjata

Bharada E alias Brigadir Richard Eliezer Pudihang Lumiu menyebut Ferdy Sambo tertawa saat bercerita salah pakai senjata.

NEWS | 30 November 2022

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya membongkar peredaran narkoba jenis baru, yakni sabu dengan bahan likuid yang berasal dari Eropa.

NEWS | 30 November 2022

Partai Prima Papua Protes Gagal Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Prima dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam tahapan verifikasi administrasi perbaikan pascakeputusan Bawaslu.

NEWS | 1 Desember 2022

Target 20 Persen Suara Golkar Akan Tercapai jika Disokong Efek Ekor Jas

Target 20 persen suara Partai Golkar baru akan tercapai apabila disokong efek ekor jas. Hal ini disampaikan Lili Romli.

NEWS | 1 Desember 2022

Ciri-ciri Partai yang Bakal Bergabung dengan KIB, Airlangga Singgung Bola

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan ciri-ciri partai yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 1 Desember 2022

Reuni 212 Rencananya Bakal digelar di Masjid Agung At-Tin Taman Mini

Reuni 212 rencananya bakal digelar pada 2 Desember 2022 di Masjid Agung At-Tin, TMII, Jakarta Timur.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Target 20 Persen Suara Golkar Akan Tercapai jika Disokong Efek Ekor Jas

Target 20 Persen Suara Golkar Akan Tercapai jika Disokong Efek Ekor Jas

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE