Logo BeritaSatu

Terapkan Sistem Merit, LAN Pertahankan Predikat Sangat Baik

Rabu, 8 Desember 2021 | 23:02 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM

Surabaya, Beritasatu.com - Lembaga Administrasi Negara (LAN) kembali membuktikan keberhasilannya dalam penerapan sistem merit di dalam organisasinya dengan memperoleh predikat Sangat Baik. Hal ini merupakan komitmen LAN dalam upaya menjaga kualitas SDM aparatur yang unggul.

Demikian disampaikan Kepala LAN, Adi Suryanto, di sela-sela acara Anugerah Meritokrasi Penyerahan Hasil Penerapan Sistem Merit Dalam manajemen ASN kepada Instansi Pemerintah yang diselenggarakan oleh Komisi Aparatur Negara (KASN) di Hotel Westin, Surabaya, Selasa (7/12/2021).

“Sistem merit sendiri telah diterapkan di LAN sejak tahun 2015 lalu dan telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah pada tahun 2019 dengan meraih predikat sangat baik dalam penilaian Indeks Sistem Merit (Merit System Index) yang dilakukan oleh KASN, dan tahun 2021 ini kembali LAN mempertahankan predikat tersebut” jelas Adi Suryanto, dalam keterangannya yang diterima, Rabu (8/12/2021).

Kepala LAN menyampaikan pula bahwa dalam penerapan merit di LAN, tantangan selalu ada dikarenakan dinamika peraturan pemerintah yang mempengaruhi tata kelola kepegawaian oleh karena itu dibutuhkan komitmen berbagai pihak termasuk pucuk pimpinan tertinggi dalam penerapan meritokrasi ini.

Adi Suryanto mengatakan, LAN akan terus berupaya memperbaiki berbagai instrumen dan sistem dalam penerapan meritokrasi di LAN sehingga mampu menciptakan ASN yang Unggul dan berkelas dunia.

Sementara itu, Wapres KH Ma’ruf Amin dalam kesempatan itu mengatakan, Anugerah Meritokrasi merupakan sebuah pengakuan kepada instansi pemerintah yang telah berhasil menerapkan sistem merit serta sebagai bukti konsistensi penegakan dan pengawasan atas pelaksanaan meritokrasi di instansi pemerintah berdasarkan UU Nomor 5 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Penerapan sistem merit harus secara konsisten dilakukan instansi pemerintah di mulai dari perekrutan, penggajian atau reward , pengukuran kinerja, promosi jabatan dan pengawasan maka untuk mengakselerasinya dibutuhkan beberapa langkah strategis” ungkapnya.

Wakil Presiden menjelaskan, beberapa langkah strategis dimaksud antara lain, mengembangkan dan memperkuat implementasi manajemen talenta SDM aparatur. Hal ini penting untuk mempersiapkan kader penerus dengan talenta terbaik dan pada gilirannya mendorong kualitas pelayanan publik. Selanjutnya, Wapres meneruskan, langkah kedua, tingkatkan agility/ kelincahan serta kemampuan SDM dan organisasi untuk menghadapi tantangan dan dinamika perubahan. Dan terakhir, mengintensifkan peran aktif kepala daerah dalam mendukung meritokrasi daerah dan kolaborasi intensif antara pemerintah daerah dengan Kementerian PAN RB, KASN, BKN dan LAN harus ditingkatkan.

“Saya juga mengingatkan untuk selalu mengamalkan core value ASN yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo yaitu BerAkhlak (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif), dengan menjunjung core value tersebut maka akan tercipta profil ASN yang berkualitas dan pasti akan mendorong perbaikan kualitas birokrasi,” tutup Wapres.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Neymar Sebut Casemiro Gelandang Terbaik Dunia

Neymar Sebut Casemiro Gelandang Terbaik Dunia

SEMESTA BOLA 2022 | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE