Logo BeritaSatu

KNKT: Kecelakaan Transjakarta, Tak Ada Unsur Sabotase

Kamis, 9 Desember 2021 | 07:41 WIB
Oleh : Yustinus Paat / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menilai, sejauh ini tidak ada unsur sabotase oleh pihak tertentu dalam kasus kecelakaan beruntun yang melibatkan bus Transjakarta.

Menurut Soerjanto, salah perhatian utama dari maraknya kecelakaan Transjakarta belakangan ini adalah faktor manusia, khususnya pengemudinya.

“Sejauh ini kami tidak melihat adanya unsur sabotase, tetapi masalah human factors ini menjadi hal yang dominan,” ujar Soerjanto usai ditemui jajaran direksi Transjakarta di Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Soerjanto mengatakan, menjadi pengemudi Transjakarta memang membutuhkan konsentrasi tinggi. Pasalnya, mereka membawa bus tersebut di jalur khusus dengan memperhatikan posisi bus sehingga tidak menyerempet pembatas kiri dan kanan jalur.

“Masalah bus Transjakarta ini berjalan di satu koridor khusus. Kalau bus ini minggir dikit nyerempet, minggir kanan nyerempet, maka perlu fokus yang terus-menerus. Ini menyebabkan juga fatigue (kelelahan), capai untuk pengemudi. Kalau di luar negeri bus yang berjalan di koridor artinya ada guidenya, jadi pengemudinya cuma ngerem, ngegas,” ungkap dia.

Persoalan pengemudi, kata dia, akan menjadi salah satu perhatian KNKT dalam melakukan investigasi terhadap Transjakarta. Pihaknya akan mencari akar permasalahan kecelakaan Transjakarta belakangan dan memberikan rekomendasi dan solusi termasuk bagaimana pola operasi sehingga tidak mengakibatkan kelelahan bagi pengemudi.

“Perlu diketahui bahwa Transjakarta ini kan kan potret Indonesia sebagai percontohan transportasi yang baik itu seperti apa. Kami KNKT akan support sepenuhnya untuk bagaimana improvement kesemalatan Transjakarta. Mudah-mudahan dengan kerja sama antara kami KNKT dan Transjakarta kita bisa mewujudkan masalah keselamatan yang baik di sistem transportasi kita,” jelas dia.

KNKT, lanjut Soerjanto, akan melakukan investigasi dan surveilsans terhadap Transjakarta dalam waktu 2 minggu ke depan. Menurut dia, banyak hal yang akan diteliti termasuk manajemen dan organisasi Transjakarta di mana juga menyangkut kesejahteraan pengemudi, jam kerja, perilakunya, dan sebagainya.

Di tempat yang sama, Plt Ketua Sub Komite Lalulintas dan Angkutan Jalan KNKT Ahmad Wildan menyebutkan, empat hal atau area yang akan diinvestigasi dalam waktu 2 minggu ke depan, yakni organisasi dan manajemen, kesiapan awak Transjakarta, kelaikan kendaraan dan rute atau jalur hazard maping.

Wildan minta publik untuk bersabar terkait hasilnya dan berjanji akan menyampaikan hasil setelah dilakukan pendalaman secara komprehensif selama 2 pekan ke depan.

“Kita janji dalam dua minggu kita akan sampaikan, kira-kira 4 area tadi seperti apa, nanti improvement seperti apa, jadi jangan melebar dulu. Ada 4 area dan jangan tanya detail dulu. Yang jelas kita ada area pemastian kelaikan kendaraan. Nanti setelah dua minggu kita sampaikan,” pungkas Wildan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

Tiongkok kemungkinan akan memiliki persediaan 1.500 hulu ledak nuklir pada tahun 2035 jika terus mempercepat pembangunan nuklirnya.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membentuk tim untuk membereskan persoalan pembebasan lahan pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi Akan Hadiri Midodareni, Tetangga Erina Diminta Tak Inapkan Tamu

Jokowi akan menghadiri midodareni di kediaman calon menantunya, Erina Gudono di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman.

NEWS | 30 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Jokowi Dinilai Contoh Pemimpin yang Berani Tegakkan Kebenaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai contoh pemimpin yang berani menegakkan kebenaran.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Koruptor di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022

Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Pasangan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar mengunjungi para korban gempa di daerah kelahirannya Cianjur dengan helikopter.

NEWS | 30 November 2022

Setelah Tembak Brigadir J, Bharada E Mimpi Buruk Selama 3 Pekan

Bharada E mengalami mimpi buruk selama tiga pekan setelah menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

NEWS | 22 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE