Logo BeritaSatu

Peluang Bisnis Digital Kian Menjanjikan di Masa Depan

Kamis, 9 Desember 2021 | 13:23 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Bisnis digital adalah salah satu bisnis yang menjanjikan di masa depan. Hal ini dibarengi dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Hal tersebut juga yang diyakini oleh CEO Haluan Media Group Brian Putra Bastara. Ia melakukan pengembangan baru untuk Haluan Media Group. Karena kejeliannya melihat peluang, dia mulai mengembangkan media non-elektronik menjadi elektronik.

Ia mengungkapkan pihaknya telah menjadi tempat bernaung sejumlah startup media digital. Haluan Media Group yang semula adalah surat kabar Haluan di Sumbar yang sudah terbit sejak 1948 dikembangkan menjadi media digital oleh Brian.

"Kami juga memiliki beberapa usaha di bidang digital lain, seperti media online, media alternatif, agensi kreatif, EO company, production house, perusahaan teknologi dan software, E-sportmedia dan manajemen, dan perusahaan riset dan survei," ujar Brian Putra melalui keterangan, Kamis (9/12/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan pihaknya telah berupaya mengembangkan koran Haluan menjadi salah satu media online yang mulai berkembang sejak 2019.

"Seperti yang kita ketahui, dunia sudah mengalami sudah banyak perubahan, termasuk Indonesia. Pada zaman ini, dengan kemudahan teknologi dan komunikasi, semua informasi menjadi lebih terbuka dan serba cepat. Kita dapat mendapatkan informasi dan pemberitaan tidak hanya dari televisi atau berlangganan berita," lanjut Brian Putra.

Ia menyebutkan dalam bisnis media online ada tiga jenis, yaitu display ad atau media iklan; premium content atau konten berbayar untuk mengaksesnya; dan yang terakhir adalah content creator. Content creator adalah salah satu yang berkembang pesat saat ini.

Content creator adalah model bisnis media online ini bisa dilakukan oleh siapapun bahkan dengan modal seadanya. Model bisnis ini sering disebut dengan media online independen karena jenis model ini tidak bergantung kepada traffic tetapi kepada audience engagement.

"Cara mendapatkan penghasilan dari bisnis ini adalah community engagement. Community engagement berkaitan dengan seberapa besar audienceyang terhubung dengan konten kita," terang dia.

Dari engagement ini, terbentuklah sebuah komunitas yang akan terus mendukung media online yang dibangun. Cara mendapatkan engagement, yaitu fokus. Lakukan sesuai rencana awal terkait hal yang disuka, hobi, dan kemampuan.

"Beberapa hobi yang bisa kamu salurkan adalah bermain game. Buatlah media informasi yang memuat review, gameplay, atau berita-berita terkait game," tambah Brian Putra.

Ia mengungkapkan media online independen juga membutuhkan traffic. Caranya untuk meningkatkan traffic dengan up to date dan peka terhadap tren. Hal ini cocok untuk SEO writer yang diusung Misalnya, konten terkait edukasi, politik, olahraga, dan sosial-budaya.

"Untuk hal ini, kita dapat membuat copywriting yang bisa dikonsumsi sesuai dengan target usia. Jika tulisan Anda diperuntukan untuk usia muda, buatlah tulisan yang memang mudah dipahami oleh usia tersebut. Begitu pun dengan audiens usia tua," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Tambang Ilegal Mencuat, Rumah Mewah Ismail Bolong Sepi

Rumah mewah Ismail Bolong di Kota Samarinda kini tampak sepi setelah mencuatnya kasus tambang ilegal di Kaltim yang menyeret namanya. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bocoran Pertanyaan di Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Yudo Margono

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan akan menggali sejumlah persoalan kepada Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon panglima TNI. 

NEWS | 2 Desember 2022

Transformasi Pembelajaran melalui Sekolah Responsif Gender

Program kolaboratif, kemitraan antara Pemerintah Indonesia dan Australia di bidang pendidikan bersama dengan UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). 

NEWS | 2 Desember 2022

Disiplin Prajurit Jadi Materi Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan akan mendalami soal disiplin prajurit TNI saat fit and proper test calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menko Airlangga Minta Eksportir Dapat Suku Bunga Spesial

Menko Airlangga Minta Eksportir Dapat Suku Bunga Spesial

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE