Logo BeritaSatu

Buah Kolaborasi, RW 09 Karet Tengsin Kini Bebas Banjir

Jumat, 10 Desember 2021 | 19:00 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Kawasan RW 09 Kelurahan Karet Tengsin berada di area cekungan. Bahkan jika dibandingkan dengan permukaan sungai Kanal Banjir Barat, posisinya juga lebih rendah. Ketika permukaan air tinggi, pintu air di seberang Hotel Shangrilla pun ditutup dan warga di RW 09 mau tidak mau kebanjiran. Kini berkat kolaborasi, kawasan RW 09 Karet Tengsin sudah bebas dari ancaman banjir.

Tapi itu cerita lama. Belakangan, berkat rekayasa teknik yang dilakukan di sana, kawasan ini bebas banjir. “Sekarang sudah tidak banjir lagi, terutama berkat penambahan pompa air dan sumur resapan. Pas hujan deras belum lama ini juga air tidak sampai masuk ke kawasan permukiman,” kata Robert Firdaus, Ketua RW 09 saat dijumpai Jumat (10/12).

Hal tersebut diamini warga di wilayah tersebut. “Sekarang kalaupun ada genangan, cepat surut dalam hitungan jam,” ungkap Ahmad Yardi.

Lurah Karet Tengsin, Hari Ananda menjelaskan bahwa RW 09 memang merupakan salah satu lokasi prioritas dalam antisipasi genangan menjelang musim penghujan. “Pemerintah Kota Jakarta Pusat betul-betul concern dalam upaya penanganan banjir di RW 9. Mulai dari penambahan pompa air, sumur resapan dan perbaikan saluran-saluran,” ujarnya.

Lebih jauh, Hari menambahkan bahwa saat ini ada pompa air dengan kapasitas penyedotan 1.000 liter per detik yang disediakan Dinas Sumber Daya Air. “Selain itu, kami juga melakukan pengecekan sumur resapan yang menjadi kewajiban bangunan-bangunan gedung di sekitar sini,” sebut Hari. Untuk diketahui, permukiman warga RW 09 memang dikelilingi bangunan-bangunan tinggi, baik itu apartemen maupun perkantoran.

Kolaborasi antar pemangku kepentingan memiliki andil penting dalam upaya membebaskan wilayah RW 09 dari ancaman banjir. “Sebelumnya di sini sudah ada dua pompa kapasitas 450 liter per detik yang sempat rusak tapi sudah diperbaiki berkat CSR dari perusahaan di sekitar sini, antara lain Sudirman Park, Anandamaya Residence, apartment Pavilion, Prince Centre. Sedangkan aliran listrik disediakan oleh Shangrila Residence,” ujar Hari.

Dukungan dari instansi teknis juga sangat membantu. “Dari Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air menambah pompa air mobile yang selalu standby. Sudin Pennanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan juga membantu pompa kapasitas 250 liter per detik apabila situasi darurat,” lanjutnya.

Tidak hanya peran pemerintah daerah, warga juga memiliki andil. “Masyarakat pun senantiasa ikut bekerja sama dengan menjaga kebersihan lingkungan, kerja bakti dan lain-lain,” pungkas Hari.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022

Cianjur Bangkit, Warga Sarampad Wetan Bangun Kembali Masjid

Sepekan lebih bencana gempa Cianjur, Jawa Barat, warga mulai semangat untuk kembali bangkit dari bencana.

NEWS | 30 November 2022

Kamis, Bareskrim Polri Akan Periksa Keluarga Ismail Bolong

Bareskrim Polri akan memeriksa keluarga Ismail Bolong pada Kamis (1/11/2022) terkait kepemilikan saham perusahaan dalam kasus tambang ilegal.

NEWS | 30 November 2022

Sidang Kasus Brigadir J Hari Ini, 3 Terdakwa Saling Bersaksi

Sidang perkara dugaan pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel hari ini akan menghadirkan Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR yang saling bersaksi. 

NEWS | 30 November 2022

Polri Kerahkan 261 Personel Layani Kesehatan Korban Gempa Cianjur

Polri mengerahkan 21 dokter spesialis untuk melayani korban gempa Cianjur. Total ada 261 personel dari jajaran medis yang tangani korban gempa Cianjur.

NEWS | 30 November 2022

Korban Gempa Cianjur, Paboi: Layanan Ortopedi Butuh 4 Bulan

Paboi menyatakan tindakan medis bedah untuk korban gempa Cianjur membutuhkan waktu hingga 4 bulan.

NEWS | 30 November 2022

KPU Sebut Pelamar Calon PPK Sebanyak 304.602 Orang

KPU menyebut pelamar calon panitia pemilihan kecamatan atau PPK untuk Pemilihan Umum Serentak 2024 berjumlah 304.602 orang.

NEWS | 30 November 2022

Tiga Jenazah Awak Helikopter Polri NBO-105 P-1103 Ditemukan

Jenazah ketiga dari awak helikopter Polri NBO-105 P-1103 yang mengalami kecelakaan di perairan Belitung Timur berhasil ditemukan, Rabu (30/11/2022) dini hari.

NEWS | 30 November 2022

KPK Sebut Banyak Sekolah Rusak Akibat Tindak Pidana Korupsi

KPK menyatakan bahwa salah satu masalah yang timbul karena tindak pidana korupsi yakni banyaknya fasilitas sekolah yang rusak.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE