Logo BeritaSatu

Pada Era Digital, Ekonomi PKL Harus Semakin Makmur

Minggu, 12 Desember 2021 | 08:03 WIB
Oleh : Awal Ahmad / EHD

Mataram, Beritasatu.com – Ketua Umum Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI), Ali Mahsun Atmo mengatakan, di era yang serba digital seperti sekarang ini, ekonomi para PKL harus bisa semakin makmur. Dengan begitu, para PKL tetap mampu menjaga denyut ekonomi keluarganya dan juga bisa menyekolahkan anak-anak mereka sebagai penerus generasi bangsa.

Hal itu ia katakan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) APKLI di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat, NTB, Sabtu (11/12/2021).

Rapimnas yang berlangsung sepanjang 10-12 Desember ini dihadiri Ketua Umum DPP APKLI Ali Mahsun Atmo dan dibuka secara resmi oleh Gubernur NTB H Zulkieflimansyah.

Ali yang merupakan dokter spesialis alumnus Fakultas Kedoteran Universitas Barawijaya Malang ini mengemukakan, menjadi cita-cita seluruh PKL di seluruh Indonesia, agar mereka bisa hidup sejahtera secara berkeadilan.

Seperti para pelaku ekonomi lainnya, kata dia, tantangan berat saat ini juga sedang dihadapi PKL. Dia mengutip data Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank, di mana pada tahun 2020 lalu, sebanyak 48,6 persen pelaku usaha mikro mengalami kebangkrutan akibat pandemi Covid-19.

Jumlah tersebut setara dengan 30 juta pelaku usaha. “APKLI saat ini terpanggil oleh Ibu Pertiwi. Kita tidak ingin para pedagang kaki lima terpuruk. Kita ingin PKL bangkit,” katanya.

Karena itu, Rapimnas ini pun menjadi ajang untuk menyatukan langkah bagi APKLI untuk menghimpun kekuatan internal dan eksternal, untuk melakukan program-program yang disebut Ali Mahsun sebagai Operasi Gerilya untuk membantu PKL di masa pandemi Covid-19.

Pada saat yang sama, Ketum DPP APKLI juga mengumumkan penetapan Gubernur NTB H Zulkieflimansyah sebagai Bapak Pedagang Kaki Lima.

“Mohon penetapan ini dapat diterima Pak Gubernur dengan ikhlas,” kata Ali Mahsun yang disambut tepuk tangan seluruh tamu undangan yang hadir.

Ali Mahsun pun menitipkan pesan ke pemerintah, agar jangan lagi ada penggusuran PKL di seluruh Indonesia dengan dalih apa pun. Sebab, PKL juga memiliki hak yang dijamin konstitusi untuk menjalankan aktivitas ekonomi dan mendapatkan penghidupan yang layak. Dia menekankan, tanpa nurani dari para pemimpin, cita-cita Indonesia adil dan makmur muskil untuk dicapai.

Sementara itu, Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal didaulat untuk memberikan sambutan. Jenderal dengan dua bintang di pundak ini menyampaikan apresiasi kepada seluruh PKL.

Kepada mereka yang hadir, Kapolda menyampaikan bahwa saat ini, sebanyak lima daerah di NTB berada pada asesmen PPKM Level 1. Sementara lima daerah lainnya berada dalam asesmen PPKM Level II. Hal tersebut menandakan penanganan Covid-19 di NTB sangat baik.

“Untuk hari ini, capaian vaksinasi dosis pertama di NTB sudah 73 persen. Sementara untuk capaian vaksinasi dosis kedua, insya Allah dalam satu atau dua hari sudah di atas 50 persen,” kata Kapolda.

Alumnus Akpol tahun 1991 ini menegaskan, seluruh jajaran personel kepolisian dan juga TNI, akan menjadi sahabat bagi para pedagang kaki lima.

Sudah menjadi tugas Polri kata Irjen Iqbal, untuk melayani dan mengayomi masyarakat. Namun, dia pun mengingatkan agar para pedagang kaki lima juga mau bersahabat dengan Polri.

Polri akan mengedepankan komunikasi dengan duduk di atas meja untuk menyelesaikan setiap persoalan. Akan mengedepankan bagi informasi, manakala ada hal-hal yang patut menjadi perhatian bersama.

“Mohon dimengerti, karena selain sebagai pelayan dan pengayom masyarakat, Polri juga memiliki fungsi penegakan hukum,” imbuh mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini.

Sementara Gubernur NTB H Zulkieflimansyah yang membuka Rapimnas secara resmi menekankan dirinya siap menerima penetapan sebagai “Bapak Pedagang Kaki Lima.” Kepada hadirin, Gubernur juga menyempatkan menyampaikan agenda-agenda besar di NTB dalam beberapa tahun mendatang.

Paling dekat adalah agenda MotoGP yang akan digelar pada Maret tahun depan. Diawali pula dengan sesi latihan resmi yang akan digelar pada pertengahan Februari 2022. Sementara setelah itu, akan ada pula event MXGP, yakni ajang balap motorcross internasional.

“Untuk MXGP sedang kita upayakan jalannya bagaimana bisa digelar di Pulau Sumbawa,” katanya.

Namun begitu, Gubernur tak menampik, tantangannya akan sangat besar. Mengingat fasilitas akomodasi di Pulau Sumbawa tidak sekomplet di Pulau Lombok.

Sementara MXGP adalah ajang balap internasional yang juga memiliki standar-standar tinggi dalam penyelenggaraannya.
Selain itu, Gubernur juga mengemukakan peluang Mandalika menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang balap jet darat Formula Satu.

Saat ini, tim dari NTB tengah berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab untuk menggelar pertemuan dengan penyelenggara F1 dan menjadi pembuka jalan bagi NTB untuk menjadi host Formula Satu. Paling lambat kata Gubernur hal itu akan mewujud pada 2024.

Event-event besar yang akan ada di NTB dipastikan Gubernur akan dinikmati pula dampaknya oleh para pelaku pedagang kaki lima di Bumi Gora.

Khusus terkait program beasiswa untuk anak-anak PKL yang cerdas, Gubernur membuka hal tersebut secara luas. Orang nomor satu di NTB ini juga menyebut dirinya akan sangat berbahagia manakala banyak anak-anak pedagang kaki lima yang cerdas, yang memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, bisa menempuh pendidikan di luar negeri dengan beasiswa yang disiapkan Pemprov NTB.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ganjar Bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membentuk tim untuk membereskan persoalan pembebasan lahan pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi Akan Hadiri Midodareni, Tetangga Erina Diminta Tak Inapkan Tamu

Jokowi akan menghadiri midodareni di kediaman calon menantunya, Erina Gudono di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman.

NEWS | 30 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Jokowi Dinilai Contoh Pemimpin yang Berani Tegakkan Kebenaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai contoh pemimpin yang berani menegakkan kebenaran.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Koruptor di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022

Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Pasangan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar mengunjungi para korban gempa di daerah kelahirannya Cianjur dengan helikopter.

NEWS | 30 November 2022

Setelah Tembak Brigadir J, Bharada E Mimpi Buruk Selama 3 Pekan

Bharada E mengalami mimpi buruk selama tiga pekan setelah menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 30 November 2022

Bharada E: Brigadir J Selalu Dampingi Putri Candrawathi

Bharada E menyebut, Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, selalu mendampingi Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE