Logo BeritaSatu

Antibodi dari Sinovac Tak Cukup Tangkis Omicron, Perlu Suntikan Ketiga

Rabu, 15 Desember 2021 | 14:47 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Hong Kong, Beritasatu.com - Para peneliti di Hong Kong telah mendesak orang untuk mendapatkan suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 sesegera mungkin, setelah sebuah penelitian menunjukkan antibodi yang dihasilkan oleh produk Sinovac dan BioNTech tidak mencukupi untuk menangkis Omicron.

Rilis hasil penelitian pada hari Selasa (14/12/2021) oleh para ilmuwan di departemen mikrobiologi Universitas Hong Kong adalah data awal pertama yang diterbitkan tentang dampak vaksin Sinovac terhadap varian Omicron dari coronavirus.

Tak satu pun dari 25 penerima vaksin Coronavac mengandung antibodi yang cukup untuk menetralisir varian baru, menurut penelitian yang diterima untuk diterbitkan dalam jurnal Clinical Infectious Diseases, kata para peneliti.

Hanya lima dari 25 penerima vaksin BioNTech yang memiliki kemampuan menetralisir Omicron, dan efisiensi vaksin berkurang secara signifikan menjadi 20 persen hingga 24 persen, menurut studi tersebut.

“Masyarakat disarankan untuk mendapatkan dosis ketiga vaksin sesegera mungkin sambil menunggu generasi berikutnya dari vaksin yang lebih cocok,” kata para peneliti dalam rilis berita.

Penelitian yang didanai oleh pemerintah Hong Kong ini dilakukan oleh ahli mikrobiologi Yuen Kwok-yung, Kelvin To dan Chen Honglin.

Sinovac tidak segera menanggapi pertanyaan tentang penelitian tersebut, tetapi seorang juru bicara mengatakan pengujian laboratoriumnya sendiri menunjukkan bahwa dosis ketiga vaksinnya efektif dalam memproduksi antibodi Omicron.

BioNTech tidak segera menanggapi pertanyaan tentang penelitian.

WHO dalam sebuah pernyataan singkat akhir pekan kemarin menyatakan, varian Delta yang menyebar cepat tetap dominan di seluruh dunia, dan tidak jelas apakah Omicron secara inheren lebih menular.

Para ilmuwan mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui apakah Omicron menyebabkan Covid-19 yang lebih parah atau lebih ringan daripada varian sebelumnya.

Sebuah studi dari data yang diterbitkan pada hari Selasa menunjukkan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech kurang efektif di Afrika Selatan dalam mencegah mereka yang terinfeksi jauh rumah sakit sejak varian Omicron muncul bulan lalu.

Pekan lalu, kedua perusahaan tersebut mengatakan bahwa tiga dosis vaksin mereka telah menetralkan Omicron dalam tes laboratorium, sebuah tanda awal bahwa suntikan booster bisa menjadi kunci untuk perlindungan terhadapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA/Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bruno Fernandes Dua Gol, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

Bruno Fernandes Dua Gol, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE