Logo BeritaSatu
Beach Clean Up

Susi Pudjiastuti: Jaga Kebersihan Pantai Pangandaran dari Sampah Plastik

Jumat, 17 Desember 2021 | 20:37 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM



Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Pandu Laut Nusantara Susi Pudjiastuti mengatakan, tren jumlah wisatawan yang berkunjung ke pantai Pangandaran makin meningkat. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini kebersihan pantai harus dijaga, khususnya dari sampah plastik, apabila tidak dilakukan maka imbasnya bisa ke tangkapan nelayan menjadi berkurang.

Beach clean up. Pangandaran ini, wisatawannya banyak, makin hari makin banyak. Kalau kita tidak ajak masyarakat, tidak memberi contoh dan ini loh plastik itu kan makin hari makin banyak. Banyak nelayan pun terkena dampaknya. Terkena dampaknya, pendapatan mereka dari 10 kilogram itu yang 9 kilogramnya plastik dan 1 kilogramnya ikan, lama-lama nanti mereka tidak bisa dapat hasil lagi. Jadi tentunya ya saya mengimbau ayolah kita semua sadar bahwa plastik itu dispose-nya bisa ratusan tahun. Padahal kita setiap hari memproduksi sampah plastik. Kalau kita tidak mulai mengurangi, tentunya sampah plastik akan menggunung,” kata Susi, yang dikutip dari Beritasatu TV, Jumat (17/12/2021)

Sementara itu, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, upaya beach clean up adalah menjaga keelokan Pangandaran agar terus menawan. Jeje berharap, beach clean up bisa memberi motivasi kepada masyarakat, khususnya kepada wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran. Sebab, kendati petugas terus melakukan pembersihan sampah namun tanggung jawab sampah menjadi milik semua.

“Saya kira itu bagian dari kampanye kebersihan agar lingkungan kita bersih dan tentu yang terakhir adalah bagaimana Pangandaran yang sudah cantik menjadi cantik kembali,” katanya.

Jeje melanjutkan, gerakan beach clean up tidak setiap hari. Sasaran yang paling utama adalah membangkitkan semangat, motivasi dari masyarakat, bagaimana kebersihan itu menjadi hal yang penting.

Beach clean up di pantai Pangandaran juga melibatkan berbagai pihak, antara lain, masyarakat dan pelajar. Bertujuan memupuk kesadaran anak dan remaja.

Kepala Marketing Mesin Tempel Suzuki, Aceng Ulumidin menerangkan, sumber daya laut merupakan potensi besar negara. Maka dari itu, menurut Aceng, Suzuki konsisten mengadakan giat bersih-bersih pantai sekaligus menggandeng komunitas anak muda.

“Kita ingin memupuk kesadaran mereka sejak dini agar mereka peduli terhadap kelestarian lingkungan, terutama laut. Laut ini kan adalah sumber daya yang ke depannya menjadi sumber daya utama kita.

Sementara para murid 01 Pangandaran mengaku bangga dapat berkontribusi dalam pelestarian pantai. Menurut mereka, hal ini dapat membantu masyarakat sekitar untuk menjaga kelestarian pantai Pangandaran.

“Dengan bersih-bersih ini dapat membantu warga Pangandaran agar tidak buang sampah sembarangan dan membantu membersihkannya. Dan juga bisa membantu hewan yang di tengah laut agar tidak memakan sampah-sampah yang dibuang warga,” kata salah satu siswa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perguruan Tinggi Dunia Apresiasi Kemendikbudristek Selenggarakan Program IISMA

IISMA adalah salah satu program paling kompetitif dari Kemendikbudristek yang diminati. Tahun ini jumlah pendaftar mencapai 7.500 mahasiswa dari 31 provinsi.

NEWS | 9 Desember 2022

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Berita meninggalnya Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan Muhammad Fadli dan kebakaran gedung Kemenkumham paling banyak dibaca.

NEWS | 9 Desember 2022

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

EKONOMI | 38 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE