Logo BeritaSatu

Khawatir Omicron, Selandia Baru Tunda Pembukaan Kembali Perbatasan

Rabu, 22 Desember 2021 | 11:05 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Wellington, Beritasatu.com- Selandia Baru menunda pembukaan kembali perbatasan karena kekhawatiran Omicron. Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (21/12/2021), Selandia Baru baru saja mulai melonggarkan beberapa aturan pandemi Covid-19 terketat di dunia.

“Selandia Baru menyatakan semua turis asing diizinkan masuk ke negara itu mulai April. Perjalanan non-karantina, yang akan dibuka untuk warga Selandia Baru di Australia mulai 16 Januari, akan ditunda hingga akhir Februari,” kata Menteri Tanggap Covid-19 Chris Hipkins pada konferensi pers di Wellington.

Hipkins mengatakan semua bukti sejauh ini menunjukkan Omicron sebagai varian Covid-19 yang paling menular.

“Tidak diragukan lagi ini mengecewakan dan akan mengganggu banyak rencana liburan, tetapi penting untuk menetapkan perubahan ini dengan jelas hari ini sehingga mereka dapat memiliki waktu untuk mempertimbangkan rencana tersebut,” tambahnya.

Hipkins menambahkan tindakan tersebut merupakan pencegahan karena masih belum jelas seberapa parah Omicron membuat orang sakit dan dampaknya terhadap sistem kesehatan belum sepenuhnya dipahami.

Selandia Baru juga menyatakan lama tinggal di fasilitas karantina negara akan ditingkatkan dari seminggu menjadi 10 hari. Persyaratan tes pra-keberangkatan untuk memasuki Selandia Baru dikurangi dari 72 jam menjadi 48 jam sebelum perjalanan.

Maskapai penerbangan nasional Air New Zealand menyatakan akan membatalkan sekitar 120 layanan hingga akhir Februari karena rencana pembukaan kembali ditunda, memengaruhi sekitar 27.000 pelanggan.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan keputusan itu diambil untuk memberi pemerintah lebih banyak waktu untuk bersiap menghadapi Omicron.

"Sayangnya bukan kasus jika (menyebar di Selandia Baru) tetapi ketika ... itu sangat mudah menyebar. Jadi kami melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan kami siap," kata Ardern di Facebook Live.

Varian Omicron pertama kali terdeteksi bulan lalu di Afrika selatan dan Hong Kong dan telah menyebar dengan kecepatan kilat ke setidaknya 89 negara sejauh ini. Selandia Baru telah melaporkan 22 kasus dengan varian Omicron tetapi semuanya di fasilitas karantina perbatasan dan belum ada kasus komunitas.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Komisi I DPR memutuskan untuk menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Mentan: Rakyat Bisa Tanam Buah dan Sayur, Kenapa Impor?

Mentan mengkritik banyaknya sayur dan buah impor yang membanjiri pasar Indonesia, padahal sebetulnya buah dan sayur lokal punya kualitas yang sama baiknya.

NEWS | 2 Desember 2022

Mentan Dorong Buah dan Sayur Lokal Tembus Pasar Ekspor

Mentan Syahrul Yasin Limpo mendorong lebih banyak lagi produk pertanian Indonesia untuk bisa menembus pasar ekspor, terutama sayuran dan buah-buahan.

NEWS | 2 Desember 2022

Pembangunan SDM TNI Jadi Prioritas Pertama Yudo Margono

Pembangunan SDM di internal TNI menjadi prioritas pertama Laksamana Yudo Margono jika terpilih menjadi Panglima TNI.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini Pendapat Yudo Margono Soal Alutsista Modern TNI

Yudo Margono meyakini alat utama sistem senjata (alutsista) yang modern bisa membuat TNI siap menghadapi semua kemungkinan ancaman terhadap Indonesia.

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Tegaskan Prajurit TNI Harus Tampil Sederhana

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menegaskan prajurit TNI harus menampilkan diri dan memberi contoh ke rakyat banyak mengenai sikap sederhana.

NEWS | 2 Desember 2022

Pembunuhan Keluarga di Magelang, Pelaku Belajar dari Kasus Sianida

Penyidikan pembunuhan keluarga di Magelang mengungkap fakta baru. DDS yang tega meracuni keluarganya hingga tewas menyebut belajar dari kasus sianida. 

NEWS | 2 Desember 2022

Buktikan Sinergisitas TNI-Polri, Yudo Margono Pamer Foto dengan Istri

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memamerkan foto dirinya dengan sang istri, AKBP Veronica Yulis Prihayati untuk membuktikan sinegisitas TNI-Polri.

NEWS | 2 Desember 2022

Visi Yudo Margono: TNI sebagai Patriot NKRI

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memaparkan visinya yaitu mewujudkan institusi TNI sebagai patriot Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

NEWS | 2 Desember 2022

Istri dan Anak Ismail Bolong Diperiksa, Polisi: Semakin Menguatkan

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri telah memeriksa istri dan anak Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal 

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hingga Hari Ini, Gempa Susulan di Cianjur Terjadi 373 Kali

Hingga Hari Ini, Gempa Susulan di Cianjur Terjadi 373 Kali

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE