Logo BeritaSatu

Mendagri: Target Vaksinasi 70% Ikhtiar Pemerintah Tangani Covid-19

Kamis, 23 Desember 2021 | 21:11 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan angka 70% yang menjadi target Presiden Joko Widodo untuk capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama merupakan ikhtiar pemerintah untuk menangani pandemi Covid-19 agar terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Ini bukan hanya sekadar angka tapi juga tanggung jawab kita kepada rakyat, diberikan amanah jabatan ini untuk melindungi rakyat termasuk misalnya vaksinasi ini," kata Tito Karnavian dalam keterangan pers seusai Rapat Koordinasi Strategi Percepatan Vaksinasi Covid-19 bersama Pemerintah Provinsi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku Utara serta seluruh Kepala Daerah se-Maluku Utara, di Hotel Sahid Bela, Ternate, Kamis (23/12/2021).

Terkait target 70%, Tito mengungkapkan sebetulnya secara nasional sudah terlampui. Saat ini, vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 74%.

"Tapi kita kan ingin agar bukan hanya angka itu tapi kita ingin maksimal. Semua daerah kemudian di atas rata-rata itu, kemudian kita kejar juga prestasi daerah baik provinsi, kabupaten/kota, jangan jomplang terlalu jauh angka capaiannya," ujar Tito Karnavian.

Maluku Utara, kata Mendagri, masuk posisi 5 dari 10 provinsi yang terendah vaksinasinya. Namun, setelah dihitung kembali dengan memasukkan jumlah vaksin gotong-royong yang sempat luput dari pendataan akhirnya membuat persentase capaian angka vaksinasi di daerah ini meningkat cukup lumayan.

"Kita lihat sekarang ini vaksin dosis pertama di Maluku Utara itu adalah 54,87%, tapi dengan Rakor tadi kita lihat ada Kabupaten/Kota yang sudah mencapai di atas 70% lumayan banyak, bahkan ada yang di atas 100% capaian vaksinnya," ungkap Tito Karnavian.

Mendagri meyakini dengan optimisme dari seluruh kepala daerah dan komitmen yang ada untuk mengejar target 70% vaksin dosis pertama, menjadi modal penting bagi Maluku Utara untuk bisa mencapai target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo.

"Tadi hanya 2 Kabupaten yang mungkin belum bisa mencapai 70%, tapi akan dikeroyok (dibantu) oleh TNI, Polri, Pak Kabinda, Kejaksaaan. Kesedian vaksin cukup, bahkan kalau nanti kurang dari Kemenkes (seperti disampaikan) Pak dr Maxi, Dirjen (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes), siap untuk menambah, kalau memang kurang. Tapi harus ada exercise yakin bahwa itu bisa digunakan, jangan sampai ditambahkan kemudian tidak digunakan, (hingga akhirnya) kadaluarsa,” tutur Tito Karnavian.

Dalam kesempatan itu, Mendagri didampingi Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Risyapudin Nursin, Kabinda Maluku Utara Brigjen TNI (Mar) Imam Sopingi, serta seluruh Bupati/Wali Kota se-Provinsi Maluku Utara.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bruno Fernandes Dua Gol, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

Bruno Fernandes Dua Gol, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | 24 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE