Logo BeritaSatu

Demi Kesehatan, Dokter Sarankan Metode Sunat yang Aman

Kamis, 30 Desember 2021 | 21:48 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Sirkumsisi atau sunat merupakan tindakan medis untuk menghilangkan kulit yang menutupi kepala penis (kulup). Penggunaan teknik sunat yang tidak tepat bisa sangat berisiko bagi kesehatan.

Dokter spesialis urologi Arry Rodjani mengatakan, anak yang tidak disunat berisiko terkena infeksi saluran kemih (ISK) 3-10 kali dibanding anak yang disunat pada tahun pertama kehidupan. Selain itu, banyak manfaat lainnya dari tindakan sunat yang sangat baik bagi kesehatan.

Advertisement

"Tentunya sunat yang aman bukan menggunakan teknik dengan alat yang dipanaskan terlebih dahulu atau yang kita kenal selama ini dengan sunat laser. Sunat dengan metode laser bisa berisiko menyebabkan luka bakar, cedera kelenjar penis, hingga yang terparah yaitu kepala penis terpotong," ujar dr Arry dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Kamis (30/12/2021).

Untuk meminimalisir berbagai risiko yang mungkin terjadi pada tindakan sunat, metode klem yang telah direkomendasikan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) diklaim sebagai metode sunat terbaik.

Mahdian Nur Nasution, dokter bedah syaraf di Rumah Sunat dr Mahdian mengungkapkan sunat dengan metode Mahdian Klem bisa meminimalisir risiko pendarahan. Teknik biusnya juga tidak menggunakan jarum suntik sehingga dapat mengurangi rasa takut pada anak dan membuat anak merasa lebih nyaman.

"Metode sunat ini tidak memerlukan jahitan dan perban. Selain itu, proses sunat dengan metode ini relatif lebih cepat yaitu kurang dari 7 menit," jelas dr Mahdian.

Mahdian Klem menggunakan peralatan pendukung sunat, circumcision kit sekali pakai dan sterilisasi terjamin untuk mencegah terjadinya risiko penularan penyakit. Semua komponen metode tersebut terbuat dari bahan material kristal bening transparan dengan sistem sekrup pengunci yang lebih kuat. Selain itu, alat ini memiliki pelindung klem yang kuat dan memiliki bentuk serta ukuran yang sesuai dengan anatomis penis anak Indonesia.

Setelah tindakan sunat, anak bisa langsung beraktivitas. Namun, hal lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah kontrol pascatindakan sunat. "Kontrol pasca sunat diperlukan agar proses pemulihan luka sunat bisa dipantau dengan baik oleh dokter," pungkas dr Mahdian.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tahun Ini Pemprov Bali Tambah 469 Titik Wi-Fi Gratis

Pemprov Bali menambah 469 titik Wi-Fi gratis tahun 2023 untuk mendukung perkembangan teknologi informasi, terutama dalam menghadirkan layanan publik.

NEWS | 5 Februari 2023

KKP Hentikan Dua Proyek Reklamasi di Kepri

KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) menghentikan dua proyek reklamasi di Kepri (Kepulauan Riau) milik PT BSSTEC dan PT MPP, Jumat (3/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Gusti Ngurah Rai menahan seorang pramuantar sebuah maskapai penerbangan karena mencuri uang dalam bagasi penumpang wisatawan.

NEWS | 5 Februari 2023

Perawat Gunting Jari Bayi di RS Palembang, Polisi Lakukan Penyelidikan

Kasus seorang perawat yang diduga menggunting jari kelingking bayi yang sedang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang diselidiki kepolisian.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Minta Kasus Penembakan Balon DPD RI Diungkap Tuntas

Bupati Kaur Lismidianto meminta aparat kepolisian mengungkap tuntas kasus penembakan terhadap adiknya Rahiman Dani.

NEWS | 4 Februari 2023

Jaga Lingkungan, Ganjar Adaptasi Go Green di Perencanaan Pembangunan 2023

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengadaptasi konsep go green dalam perencanaan pembangunan Jateng tahun 2023.

NEWS | 5 Februari 2023

Ganjar Pranowo Akan Kembali Naikkan Nominal Bantuan KJS

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berencana menaikkan nominal bantuan KJS di provinsinya.

NEWS | 4 Februari 2023

Rusia-Ukraina Lakukan Pertukaran Puluhan Prajurit Tahanan

Puluhan tawanan perang Rusia dan Ukraina telah kembali ke Tanah Air mereka setelah pertukaran tahanan, kata pejabat di kedua belah pihak, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023

Kasus Diabetes Anak Naik 70 Kali Lipat, IDAI: Faskes Masih Kurang

Menurut dr Faizi, ketidakseimbangan fasilitas kesehatan (faskes) untuk menangani masalah diabetes anak, perlu menjadi perhatian utama pemerintah.

NEWS | 4 Februari 2023

Doa dan Harapan Orang Tua Brigadir J Jelang Vonis Ferdy Sambo

Orang tua Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat pun melantunkan doa dan harapan menjelang vonis Ferdy Sambo.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kejutkan Penggemar, Jeff Satur Nyanyikan 1000 Tahun Lamanya

Kejutkan Penggemar, Jeff Satur Nyanyikan 1000 Tahun Lamanya

LIFESTYLE | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE